Artikel & Tips 5 Cara yang Bisa dilakukan untuk Mengelola Sisa Makanan di Rumah
5 Cara yang Bisa dilakukan untuk Mengelola Sisa Makanan di Rumah

5 Cara yang Bisa dilakukan untuk Mengelola Sisa Makanan di Rumah

31 Mar 2023, 20:03

Sisa makanan (food waste) dalam rumah tangga biasanya langsung dibuang begitu saja. Sisa makanan yang terbuang tentu menyebabkan kerugian secara ekonomi. Ketika kita memiliki kebiasaan membuang makanan, di tempat lain ada saudara kita yang sedang mengalami kelaparan karena tidak memiliki makanan yang layak untuk dikonsumsi. Mengelola sisa makanan yang tepat tentu dapat mengurangi food waste dalam skala rumah tangga. Rumah tangga merupakan skala terkecil yang bisa mulai menerapkan pengelolaan sisa makanan yang baik. Artikel Dapur Umami kali ini akan memberikan informasi pada Mama bagaimana tips mengelola sisa makanan di rumah. 


Sisa makanan yang ada di rumah dapat terdiri dari beberapa jenis yaitu makanan yang masih dalam kondisi baik dan segar namun memiliki standar yang tidak sesuai. Misalnya buah yang jatuh dan rusak, bagian sayuran yang terpotong dan beras yang tidak lolos sortir. Selain itu, sisa makanan di rumah juga dapat berupa makanan yang sudah melewati masa kadaluarsa sehingga tidak layak dikonsumsi dan makanan siap konsumsi yang tersedia dalam jumlah banyak namun tidak dapat dihabiskan semua sehingga dibuang sia-sia. Berikut adalah tips yang bisa Mama lakukan untuk mengelola sisa makanan dirumah.


1. Membuat eco-enzyme

Sisa bahan pangan dirumah dapat diolah menjadi eco-enzyme. Eco-enzyme adalah hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran, gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan air. Mama bisa membuat eco-enzyme di rumah menggunakan sisa bahan pangan organik seperti sisa sayuran segar yang tidak dimasak, kulit buah-buahan dan gula. Eco-enzyme juga dapat dijadikan pupuk tanaman. proses fermentasi pada eco-enzyme berlangsung selama 3 bulan, dan nantinya akan dihasilkan cairan berwarna coklat dengan aroma asam dan manis.


2. Membuat kaldu dari sisa tulang ayam dan sapi

Mama bisa membuat kaldu alami dari tulang ayam atau sapi setelah memanfaatkan dagingnya. Cara membuat kaldu dari tulang adalah dengan menambahkan tulang dengan rempah-rempah dan merebusnya dalam slow cooker selama 12-24 jam hingga air rebusan mulai berwarna keruh dan mengeluarkan minyak.


3. Memanfaatkan ampas sisa kopi

Setelah menyeduh dan mengkonsumsi kopi hingga habis, biasanya di dalam dasar gelas akan ada ampas kopi yang tidak dapat dikonsumsi lagi. Ampas kopi dapat membantu menyuburkan tanaman. Bila mama memiliki tanaman pekarangan di rumah, Mama bisa meletakkan ampas kopi pada tanaman Mama sehingga tanah menjadi lebih subur dan memiliki aerasi yang baik.


4. Membuat pupuk kompos

Sisa makanan di rumah seperti potongan sayur-sayuran dan kulit buah dapat dijadikan pupuk kompos. Ketika membuat pupuk kompos, Mama perlu melubangi bagian pinggir pot lalu isi dengan sisa sayur dan buah serta menambahkan tanah. Pengolahan kompos yang tepat tidak menghasilkan bau menyengat.


5. Membuat acar dari sisa sayur

Sisa potongan sayur yang tidak dimasak dapat diolah menjadi acar. Beberapa sisa potongan sayur yang cocok dijadikan acar antara lain lobak, wortel, mentimun, bawang dan kubis. Selain menghemat pengeluaran dengan membuat acar sisa sayuran, Mama juga lebih bisa mengolahnya secara tepat.


Itulah 5 tips yang bisa Mama lakukan untuk mengolah sisa makanan dirumah. Langkah kecil dan sederhana yang Mama lakukan bisa membantu mengurangi jumlah food waste yang semakin meningkat, loh! Selain mengolah sisa makanan yang ada di rumah, untuk mengurangi food waste di rumah setiap anggota keluarga harus mulai membiasakan menghabiskan makanannya, membuat meal plan yang tepat sesuai kebutuhan dan menyimpan bahan pangan dengan dengan suhu karakteristiknya. 


(HF)

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.