Artikel & Tips 4 Resep Makanan Ringan Penunda Lapar
4 Resep Makanan Ringan Penunda Lapar

4 Resep Makanan Ringan Penunda Lapar

26 Jul 2022, 19:07

Tantangan tersulit dalam menjalani diet salah satunya adalah menghindari camilan atau makanan ringan. Walaupun rasanya enak dan lezat, seringkali camilan inilah yang lebih banyak mengandung gula, lemak, kalori, ataupun garam dengan porsi yang besar.


Berikut adalah beberapa contoh makanan yang cocok untuk diet dan makanan ringan untuk menunda lapar yang bisa Mama praktekkan di rumah.


Baked potatoes

Dengan kadar serat yang sangat tinggi serta karbohidrat, kentang dipercaya dapat mengontrol nafsu makan karena kita akan awet kenyang setelah mengkonsumsinya. Selain itu, kandungan baik dalam kentang juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena itulah dia memenuhi syarat menjadi makanan ringan sekaligus makanan diet.


Dengan kentang, yang dapat Mama buat di rumah adalah baked potatoes alias kentang panggang. 

Bahan yang diperlukan berupa kentang yang telah dicuci bersih, minyak zaitun, bawang putih cincang halus, merica, garam, dan sedikit MASAKO® dengan rasa sesuai selera.


Untuk membuatnya, lumuri kentang dengan minyak zaitun dan sedikit saja garam, dan kemudian letakkan diatas loyang. Panggang kentang kurang lebih 20 menit hingga semua sisi matang.


Setelah itu belah kentang dan lumuri dengan bawang putih cincang yang sudah dicampur dengan merica dan Masako®. Panggang kembali sekitar 5 menit. 

Baked potato ini siap dinikmati!


Bubur kacang hijau kuah kental

Kacang hijau merupakan salah satu jenis biji-bijian yang kaya akan kalium, zat besi, folat, dan berbagai vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Selain itu, kacang hijau juga bersifat rendah kalori, cocok untuk diet yang sehat. Di Indonesia, kacang hijau banyak diolah menjadi makanan ringan yang cenderung manis seperti bubur kacang hijau.


Untuk membuatnya, bahan yang diperlukan adalah kacang hijau, tepung beras, daun pandan, sedikit jahe, air, dan gula jagung.


Langkah pembuatan bubur kacang hijau adalah, rebus kacang hijau yang sudah direndam sebelumnya hingga melunak. Setelah itu masukkan semua bahan lain, aduk cepat agar tidak menggumpal dan gosong.


Tips yang bisa dipakai agar kacang hijau mudah pecah dan lunak adalah dengan pertama-tama memasaknya dengan sedikit air hingga air habis. Ketika air sudah nyaris menguap sepenuhnya, tambahkan air suhu normal. Di situ nanti kacang hijau langsung pecah. 


Pancake gandum pisang

Makanan ringan yang satu ini hanya mengandung 97 kkal kalori. Tapi rasanya sangat bikin ketagihan. Apalagi kalau Mama memanfaatkan pisang yang sudah sangat matang, maka rasa pancake ini akan semakin kuat.


Untuk membuatnya, bahan yang disiapkan adalah tepung gandum, telur, susu tanpa lemak, baking powder, dan tentu saja pisang yang sudah matang.


Cara pembuatannya sebenarnya sangat simpel. Pertama, campurkan semua bahan menjadi satu di dalam mangkuk. Aduk aduk hingga semua adonan menyatu. Pada wajan anti lengket, oleskan sedikit unsalted butter, tuangkan 3 sendok adonan pancake, dan biarkan melebar serta matang. Balik pada sisi satunya hingga merata. Angkat dan sisihkan pancake yang sudah selesai dibuat.


Nikmati dengan irisan pisang, yoghurt tawar, atau buah lain sesuai dengan selera. Makanan ringan untuk diet dengan rasa enak nih!

Oh ya, Dapur Umami juga punya pilihan pancake sehat lainnya lho. Pernah dengar Pancake mini brokoli ini


Pangsit kimchi

Makanan khas Korea selatan yang terbuat dari fermentasi sawi putih ini sedang naik daun. Siapa sangka kimchi ini jenis makanan ini dapat merangsang hormon yang bisa mengirimkan sinyal ke otak agar Mama tidak makan secara berlebihan. Dengan kata lain, kimchi adalah makanan pengontrol nafsu makan!


Kimchi tidak hanya bisa dinikmati sebagai hidangan penyerta makan besar. Kali ini Mama bisa mengkreasikannya sebagai makanan ringan penunda lapar yang cocok untuk diet.


Pangsit kimchi atau biasa disebut kimchi mandou ini sangatlah mudah dibuat. Mama siapkan saja kulit pangsit atau kulit dimsum. Untuk bahan isian diperlukan kimchi, ayam giling, lada, gula, dan AJI-NO-MOTO® yang legendaris itu.


Untuk membuatnya, Mama perlu campurkan semua isian pangsit dan aduk hingga merata. Tes rasa terlebih dahulu. Isikan semua pada kulit pangsit hingga semua adonan habis. Pangsit kimchi ini bisa dimasak dengan cara dikukus maupun digoreng. Pokoknya sesuai selera deh.


Bagaimana, Ma? Menarik bukan pilihan makanan diet yang sekaligus makanan ringan minus rasa bersalah ini?

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.