4 Bahan Alami Agar Daging Sapi Cepat Empuk

Salah satu sumber protein yang baik adalah berasal dari daging sapi. Meskipun harganya cenderung meningkat setiap waktunya, tapi daging sapi tidak pernah kehilangan peminatnya. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak pernah sepi peminat meskipun harganya melambung tinggi. Daging sapi banyak disukai keluarga dan semua usia. Baik itu, anak-anak, sampai orang dewasa pasti deh, sangat menyukai sumber nutrisi yang satu ini.


Rasa gurih khas daging sapi juga bikin ketagihan. Apalagi, kalau Mama mengolahnya menjadi berbagai masakan yang lezat dan bervariasi. Biasanya, daging sapi dapat diolah menjadi sup, bakso, steak, rendang, semur daging sapi dan sebagainya. Di beberapa daerah, daging sapi juga diolah menjadi berbagai menu khas dengan resep warisan keluarga yang sudah turun temurun.


Namun, sayangnya banyak yang menganggap bahwa memasak daging sapi itu sulit. Selain prosesnya lama, terkadang kalau kurang tepat memasaknya, daging jadi keras, alot, dan bumbu kurang meresap. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Mama bisa menyimak pembahasan kali ini ya, Ma.


4 Bahan Agar Daging Sapi Cepat Empuk

Tidak perlu alat-alat yang mahal dan sulit didapat untuk bisa membuat daging sapi cepat empuk. Karena, hanya dengan bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan dan pastinya terjangkau, Mama sudah bisa membuat daging sapi empuk. Berikut bahan-bahan tersebut:


1.Nanas.

Buah dengan rasa yang asam manis dan mengandung air yang banyak ini dapat Mama manfaatkan untuk membuat daging sapi lebih cepat empuk. Caranya juga sangat mudah lho, Ma.


Mama hanya perlu menyiapkan satu buah nanas atau disesuaikan dengan banyaknya daging sapi yang ingin dimasak untuk berbagai resep. Jika nanas sudah tersedia, haluskan nanas dan lumuri daging dengan nanas yang sudah dihaluskan tadi. 


Nanas mengandung asam yang dapat membuat daging sapi menjadi lebih empuk. Namun perlu Mama ingat ya, meskipun nanas bermanfaat membuat daging empuk hindari terlalu lama marinasi daging dengan nanas karena nanas dapat mempengaruhi cita rasa dari daging sapi.


2.Daun Pepaya.

Tidak hanya nikmat dijadikan tumisan atau berbagai resep lainnya, daun pepaya juga bisa Mama manfaatkan untuk membuat daging sapi lebih cepat empuk pada saat direbus. Cara penggunaannya juga sangat mudah, Mama hanya perlu menyiapkan daun pepaya secukupnya sesuai dengan jumlah daging.


Setelah daun pepaya disiapkan, Mama bisa meremas-remas daun pepaya sampai getah daun tersebut keluar. Setelah itu Mama bisa membungkus daging sapi dengan daun pepaya hingga beberapa saat.


Jika sudah selesai, bukalah daging dari daun pepaya, setelah itu rebus daging sapi hingga empuk. Dengan cara ini, Mama akan mendapatkan daging sapi yang lebih cepat empuk dibanding biasanya.


Karena bisa membuat daging lebih cepat empuk, hindari membungkus daging dengan daun pepaya terlalu lama ya Ma, karena bisa menyebabkan daging lebih mudah hancur dan rasa dari daging sapi sedikit berubah.


3.Cuka dan Baking Soda.

Cara yang selanjutnya adalah dengan cuka dan baking soda. Mama bisa memanfaatkan kedua bahan ini agar daging sapi lebih cepat empuk. 

Jika Mama mengoleskan soda kue ke daging, maka kadar pH pada daging sapi menjadi lebih tinggi sehingga daging akan menjadi lebih empuk.


4.Jeruk Nipis.

Selain dengan nanas, bahan asam lainnya juga bisa Mama manfaatkan untuk membuat daging sapi lebih cepat empuk. Bahan asam lainnya yang dimaksud adalah jeruk nipis. 


Namun, sama seperti nanas, jika Mama menggunakan jeruk nipis untuk mengempukkan daging jangan terlalu lama marinasinya, ya. Sebab, bisa mempengaruhi rasa dari daging sapi tersebut. 

Daging yang terlalu lama dilumuri jeruk nipis malah bisa membuat rasa daging menjadi asam sehingga ciri khas rasa daging sapi malah berkurang.


Itulah beberapa cara yang bisa Mama coba agar daging sapi cepat empuk dan teksturnya bisa lebih lembut. Sudah siap berkreasi menu daging sapi dengan resep Dapur Umami? Dari keempat bahan di atas, mana nih yang bakal Mama coba duluan?