Artikel & Tips 3 Resep Sup Ayam yang Mudah Dibuat
3 Resep Sup Ayam yang Mudah Dibuat

3 Resep Sup Ayam yang Mudah Dibuat

26 Jul 2022, 16:07

Sup daging ayam merupakan pilihan masakan yang sangat mudah dibuat dan dikreasikan isiannya. Waktu memasaknya pun tidak perlu waktu yang lama, sehingga sangat menghemat waktu. Walaupun begitu, sop ayam sangatlah bergizi dan sehat.


Yuk, Ma, simak 3 resep sup ayam di artikel ini.


Sup Manten, sup ayam khas Solo

Namanya unik ya? Disebut sup manten karena sup ini banyak ditemui bila kita menghadiri pernikahan atau manten di daerah Solo. Sup manten ini sebenarnya sup ayam bening kuahnya yang tidak pernah absen di berbagai hajatan. Saat disiramkan kuahnya, sup ini berasa sangat gurih dan lezat karena air kaldunya dari ayam yang direbus lama.


Untuk membuat sup manten ini, bahan yang diperlukan memang banyak. Tapi rasanya akan sebanding kok, Ma.


Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat sop ini antara lain satu ekor ayam (boleh ayam kampung ataupun ayam negeri), kacang kapri rebus, wortel dipotong bulat bulat dan direbus hingga lunak, kuntum bunga kol, jamur kuping dan jamur salju yang sudah direndam air panas hingga lunak. 


Untuk bumbu halusnya, Mama memerlukan bawang merah, bawang putih, pala (boleh bubuk), jahe merica, garam, gula, daun bawang, daun seledri, dan tentu saja AJI-NO-MOTO®.


Langkah pertama cara membuat sop ayam bening ini, Mama perlu masukkan ayam ke dalam panci, rebus ayam hingga empuk. Agar kuahnya tetap bening, rebus dengan api sangat kecil saja. Angkat ayam, suwir-suwir lalu sisihkan. Di tempat lain, tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi hingga harum, lalu masukkan ke dalam panci yang berisi kaldu ayam.


Masukkan merica, garam, gula dan tentu saja AJI-NO-MOTO®. Terakhir, tes rasa.


Pada mangkuk saji, tata semua sayur yang sudah matang, suwiran ayam jamur, dan beri keripik kentang. Siram dengan kuah, beri taburan bawang goreng. Berikan lada bubuk jika suka. Siap dihidangkan.


Pastinya hidangan khas Solo ini melengkapi Opor Ayam Khas Solo yang sudah ada di Dapur Umami ya, Ma? 


Sup Ayam Jagung Telur

Sup ayam yang satu ini tergolong sangat sederhana, karena hanya menggunakan tiga bahan utama. Tapi jangan salah, rasanya pun tidak kalah menyenangkan, terutama bila Mama atau anggota keluarga di rumah ada yang sakit. Sup ayam jagung telur ini bisa dijadikan solusi untuk meningkatkan nafsu makan dan tentu saja bergizi.


Bahan yang diperlukan hanya dada ayam yg sudah direbus dan dipotong dadu, jagung manis pipil, dan telur. Bila ingin semakin lengkap, Mama juga bisa menambahkan wortel dan buncis yang dipotong dadu. Bumbu yang digunakan yakni bawang putih, bawang bombay, maizena, merica, garam, dan Masako® rasa ayam.


Untuk membuatnya, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan masukkan sayuran yang sudah disiapkan. Setelah sedikit layu, masukkan potongan dada ayam rebus, tambahkan kuah kaldu ayam. Masukkan telur kocok perlahan-lahan agar telur tidak menggumpal. Terakhir masukkan maizena, tunggu hingga sedikit mengental dan matang.


Sup ayam kembang tahu dengan jahe

Dengan teksturnya yang kenyal dan lembut, kembang tahu ini cocok dipadukan dengan sup ayam jahe. Sup yang satu ini cocok bila dimakan saat cuaca hujan lho, Ma, karena terdapat kandungan jahe di dalamnya.


Bahan yang diperlukan tentu saja ayam, bawang putih, jahe, kembang tahu yang sudah direndam sebelumnya, garam, merica dan AJI-NO-MOTO®.


Untuk membuatnya, geprek dan cincang halus bawang putih dan jahe. Selanjutnya tumis hingga harum. Masukkan tumisan itu kedalam panci yang berisi rebusan ayam. Masukkan garam, merica, dan AJI-NO-MOTO®. Pastikan rasanya sudah sesuai selera. Terakhir, masukkan kembang tahu. Tunggu hingga sup ayam kembang tahu ini matang dan siap dinikmati.


Dengan tambahan tiga resep sup ayam ini, pastinya Mama sekarang tidak akan kehabisan pilihan hidangan sederhana yang kaya rasa ini. Kalau ingin yang super sederhana, jangan lupa versi Dapur Umami yang ini ya?

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.