Artikel & Tips 3 Resep Sup Ayam Dan Sapi Untuk Teman Di Musim Hujan
3 Resep Sup Ayam Dan Sapi Untuk Teman Di Musim Hujan

3 Resep Sup Ayam Dan Sapi Untuk Teman Di Musim Hujan

14 Dec 2022, 13:12

Di musim hujan yang mulai mendekati puncaknya, keluarga selalu menanyakan makanan hangat pada sore dan malam hari. Biasanya sih memang mie instan. Tapi ya, apakah harus selalu mie instan? Tentu tidak. Mama bisa coba eksplor 3 resep sup ayam dan sapi ini cocok dikonsumsi sebagai alternatif. 


Sup ayam memang dikenal sebagai sumber gizi yang bagus dan selalu bisa membangkitkan selera makan. Bahkan, penelitian pun dunia akademis pun mengakui bahwa sup ayam selalu disarankan ketika seseorang merasa tidak enak badan. 

Nah, di artikel kali ini, Mama bisa mendapatkan gambaran singkat beberapa jenis olahan ayam yang bisa dicoba. Dengan tiga variasi ini, tentunya keluarga tidak akan mudah bosan. 


1. Sup Ayam Buncis Masako® 

Dari namanya saja sudah ketahuan apa yang menjadi highlight dari sup ayam yang satu ini. Buncis adalah bahan makanan yang kaya akan kandungan gizi, mulai serat, protein, hingga vitamin C, K, dan asam folat. Pendeknya, kalau kita bicara soal sistem imun, buncis bisa jadi andalan. 


Nah, bagaimana menjadikan sayuran kaya gizi ini menjadi bagian dari hidangan ini? Mari kita lihat mulai dari bahan-bahan yang dibutuhkan dulu:

Untuk bahan utama, Mama siapkan dada daging ayam, buncis, kentang, wortel, daun bawang, dan tomat. Untuk bahan bumbu sop ayam, Mama siapkan bawang putih, bawang merah, gula, garam, lada bubuk, dan Masako® Rasa Gurih Pas. Sebagai pelengkap, tentu Mama juga perlu air dan minyak sayur.


Cara membuat sop ayam dua tahap: 

Tahap pertama adalah menyiapkan ayam potong dan air kaldunya. Tahap kedua adalah ketika Mama bisa masukkan sayuran yang sudah dipotong-potong. Masukkan gula, garam, dan Masako® Rasa Gurih Pas begitu makanan sudah siap diangkat. 

Untuk detail ukuran setiap bahan, kunjungi resep Sup Ayam Buncis ini .


Langkah pertama memasak Sup Ayam Buncis


2. Sup Ayam Spesial ala Masako® 

Kalau yang kedua ini kita membutuhkan sedikit lebih banyak bahan ya, Ma. Tapi jangan kuatir, sebanyak apa pun bahannya, ini tetap saja sup ayam, yang termasuk mudah cara memasaknya. Pastinya, dengan lebih banyak bahan sayur ini, lebih banyak kandungan gizi yang bisa dipetik.


Pada intinya, ada dua kelompok bahan yang perlu Mama siapkan dalam membuat hidangan satu ini: 

Kelompok pertama adalah bahan utama, yang terdiri dari ayam, seledri, bawang bombay, wortel, kentang, buncis, brokoli, tomat. Kelompok kedua adalah bumbu halusnya, yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan merica bubuk. 


Seperti biasa, kita selalu membutuhkan pelengkap seperti minyak, air, dan Masako® Rasa Ayam yang tidak boleh kita lewatkan. 

Nah, cara membuatnya terdiri dari tiga tahap: Di tahap pertama, Mama perlu merebus ayam untuk mengeluarkan kaldunya. Di tahap kedua, Mama bisa mengolah bumbu untuk perasanya. Dan, di tahap terakhir, Mama masukkan semua sayuran. 


Agar mendapat manfaat terbaiknya, mulailah dengan wortel dan kentang yang butuh waktu masak lebih lama. Kemudian lanjutkan dengan buncis dan brokoli. Tambahkan garam, gula, dan Masako® sebelum masakan diangkat. 

Ayo kunjungi laman resep Sup Ayam Spesial ini untuk melihat tampilannya yang cantik dan ukuran masing-masing bahan. 


3. Resep Sup Sapi Jamur Ala Masako® 

Kalau yang terakhir ini dari penampilannya saja bukan terlihat seperti yang biasa kita konsumsi di Indonesia: 


Sup sapi jamur, kuliner barat yang bisa dibuat di rumah


Betul, Ma. Sup yang satu ini lazim dikonsumsi Eropa dan Amerika dan banyak tersedia sebagai makanan kalengan favorit. Namun, bukan berarti Mama tidak bisa membuatnya di rumah. 

Agar mudah membuatnya, mari kita ikuti resep yang ada di Dapur Umami ini ya, Ma. Bahan-bahan utamanya adalah: daging sapi has dalam, jamur kancing, tomat, dan bawang bombay. Sebagai bumbunya, Mama membutuhkan bawang putih, SAORI® saus tiram, Masako® Rasa Sapi, dan merica. 


Terakhir, yang menjadikannya seperti sup barat, Mama perlu menggunakan mentega, tepung terigu, dan susu.

Meski bahan-bahannya cukup banyak, cara membuatnya cukup mudah. Prinsipnya adalah diawali menumis daging dengan bawang bombay dan mentega. Kemudian, tambahkan bawang putih beserta susu dan terigu.


Terakhir, tambahkan bumbu untuk penguat rasa sesuai selera. 

Kalau sudah tertarik begini, waktunya Mama melihat detailnya di resep Sup Sapi Jamur ini .


Dengan tiga resep sup ayam ini, musim hujan yang deras dan dingin pun bisa kita lalui sambil beraktivitas untuk keluarga, entah itu menemani anak-anak mengerjakan PR maupun nonton series.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.