Artikel & Tips 3 Resep Makanan Bergizi untuk Mama yang Sedang Mengandung
3 Resep Makanan Bergizi untuk Mama yang Sedang Mengandung

3 Resep Makanan Bergizi untuk Mama yang Sedang Mengandung

26 Jul 2022, 16:07

Asupan makanan untuk Mama yang sedang mengandung haruslah sangat diperhatikan, karena makanan itu akan sangat berpengaruh pada kesehatan Mama dan janin dalam kandungan. Kebutuhan nutrisi dan gizi juga berbeda di tiap trimesternya, sehingga Mama harus memperhatikan hal ini sehari hari.


Dengan memperhatikan gizi dan nutrisi yang dikonsumsi oleh Mama, maka diharapkan nantinya janin akan bertumbuh dan berkembang dengan baik, sehat, dan tidak terjadi malnutrisi.


Resep makanan bergizi untuk Mama di trimester 1

Trimester pertama ini, merupakan masa paling krusial bagi Mama yang sedang mengandung. Masa ini merupakan masa yang paling penting dalam perkembangan janin dan organ plasenta.


Karena di masa awal mengandung ini, Mama banyak mengalami morning sickness, mual, dan bahkan muntah. Jenis makanan asupan yang masuk haruslah bergizi tinggi dan mencegah radikal bebas yang dibutuhkan oleh tubuh.


Oleh karena itu pada trimester pertama ini, Mama disarankan untuk mendapatkan lebih banyak sayuran hijau, buah buahan yang kaya akan serat dan banyak mengandung vitamin C, vitamin D, dan makanan yang banyak mengandung kolin alami dan mengandung protein. Contoh makanan semacam ini adalah ikan salmon, ikan tuna, dan daging.


Resep makanan bergizi untuk tubuh yang bisa sangat mudah untuk Mama praktekkan di rumah adalah sup ikan tuna. Olahan ikan berkuah ini penting untuk membantu Mama mengatasi morning sickness, karena rasanya yang segar dan sedikit masam.


Sangat simpel, bahan yang diperlukan adalah ikan tuna, duo bawang, sedikit jahe, kunyit bubuk, sereh, air asam jawa, daun salam, dan tomat yang dipotong kotak.


Cara membuatnya, haluskan duo bawang dengan jahe. Tumis dengan sedikit minyak dan masukkan semua bumbu yang lain hingga harum. Masukkan ikan dan tomat hingga matang. Bumbui dengan gula, garam, dan AJI-NO-MOTO® sesuai takaran yang pas. Sajikan hangat bersama nasi.

Simpel, tapi kaya akan rasa!


Makanan bergizi untuk trimester 2

Untuk trimester 2, Mama perlu mengonsumsi makanan lebih banyak asupan sumber protein Omega 3 dan zat besi yang lebih tinggi. Zat besi yang dibutuhkan pada masa ini sebanyak 45 mg per harinya lho, Ma. Zat-zat ini penting karena bermanfaat dalam pertumbuhan janin dalam kandungan.


Salah satu resep makanan yang bisa menunjang keperluan Omega 3 dan zat besi Mama di trimester 2 ini yaitu orak-arik telur pelangi. Untuk membuatnya sangatlah mudah.


Campurkan beberapa butir telur, daging giling tanpa lemak, wortel yang diparut memanjang, bawang putih cincang halus, tomat potong dadu kecil, paprika merah hijau yang juga dipotong dadu kecil, garam, merica bubuk, dan Masako® rasa ayam. Kocok semua bahan hingga rata.


Siapkan wajan, beri sedikit butter. Masukkan adonan telur orak arik pelangi tersebut. Gunakan api kecil saja, agar telur orak arik ini matang sempurna. Jika sudah matang, sajikan dengan acar mentimun.


Pasti sekarang Mama sudah tahu kenapa namanya orak-arik telur pelangi. Untuk olahan telur yang lain, silakan coba di sini ya, Ma.


Resep makanan bergizi untuk Mama di trimester 3

Pada trimester akhir ini, terjadi perubahan fisik yang sangat besar, dan Mama perlu mempersiapkan banyak hal jelang melahirkan buah hati.


Karena itu, di fase ini Mama membutuhkan banyak kalsium, protein, kalium, dan tentu saja asam folat. Asam folat berpengaruh sangat besar untuk tumbuh kembang janin dan mencegah terjadinya cacat lahir.


Untuk resep makanan bergizi Mama di trimester akhir ini, mari kita lirik buah alpukat. Buah dengan daging berwarna hijau ini merupakan salah satu sumber vitamin dan sumber sumber asam folat yang sangat tinggi. Mama cukup haluskan alpukat dengan sedikit madu, oleskan pada setangkup roti gandum.


Sarapan pagi yang berserat, praktis dan sehat ini sangat baik untuk dikonsumsi.

Selamat menikmati masa mengandung buah hati dengan senang sambil tetap memenuhi asupan gizi ya, Ma.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.