Artikel & Tips 3 Inspirasi Resep Vegetarian Mudah untuk Masak Hari Ini
3 Inspirasi Resep Vegetarian Mudah untuk Masak Hari Ini

3 Inspirasi Resep Vegetarian Mudah untuk Masak Hari Ini

26 Jul 2022, 16:07

Inspirasi resep masak apa hari ini kali ini akan membahas masakan untuk Mama atau anggota keluarga yang vegetarian. Banyak manfaat yang bisa diambil dari menjadi vegetarian.


Yang paling tampak adalah tubuh yang lebih bugar dan sehat. Yang tak kalah pentingnya adalah meminimalisir resiko terjangkit penyakit yang berbahaya. 


Namun, menjadi seorang vegetarian di Indonesia seringkali masih sulit, terutama bila harus makan di luar. Memang ada beberapa alternatif restoran vegetarian. Tapi harganya tidaklah murah.

Nah, inspirasi kali ini sangatlah mudah dibuat, murah tetapi tidak akan mengubah cita rasa dari masakan ini.


Pasta sayur

Siapa yang mampu melewatkan kelezatan pasta? Walaupun selama ini pasta selalu identik dengan saus yang dipadu dengan daging giling, kali ini kita akan mengenalkan pasta yang dipadukan dengan sayur warna-warni yang menyehatkan.


Bahan utama yang diperlukan untuk pembuatan pasta sayur ini adalah pasta spaghetti. Rebus pasta dengan sedikit minyak zaitun hingga al dente, atau lunak tapi tetap kenyal. Kurang lebih 3 menit, lah. Selanjutnya, angkat dan tiriskan lalu sisihkan. Air rebusannya jangan dibuang ya, Ma.


Untuk bahan lainnya, iris halus bawang bombay dan bawang putih. Untuk sayurnya, bersihkan dan siapkan paprika merah, paprika hijau, dan tomat yang sudah diiris dadu. Tambahkan pula brokoli dan cabai merah besar ataupun kecil iris bila suka rasa pedas. 


Cara membuatnya cukup mudah. tumis bawang putih dan bawang bombay dengan sedikit minyak zaitun hingga harum. Masukkan semua sayuran yang sudah disiapkan, beri sedikit air rebusan spaghetti tadi agar sayurannya lebih empuk.


Masukkan pasta, bumbui dengan penyedap rasa termantap yaitu Masako® rasa ayam, kecap asin, lada hitam, dan sedikit daun basil. Kali ini kaldu bubuk tidak diperlukan. Campur hingga matang dan sempurna.


Angkat dan sajikan pasta sayur di piring. Pasta sayur pun siap dinikmati! Mama sekarang sudah punya resep pasta bercita rasa Indonesia ini.


Steak tempe

Bila Mama vegetarian kangen dengan olahan steak, maka tidak ada salahnya mencoba inspirasi resep ini. Steak yang satu ini dibuat dengan menggunakan protein nabati. Selain murah dan mudah, steak tempe ini sangatlah menggugah selera.


Jadi, Mama, kita akan mendapatkan lagi tambahan cara mengolah tempe selain yang sudah bisa dilihat di Dapur Umami


Bahan yang diperlukan adalah tempe yang telah dikukus lalu dilumatkan. Bawang putih cincang halus, telur, merica, garam, dan tepung Sajiku® serbaguna sesuai takarannya.

Sementara itu, bahan saus steak tempe adalah jamur, bawang bombay, saus tomat, saus cabe, dan tentu saja Saori® saus tiram untuk memperkuat rasa.


Untuk membuatnya, mari kita mulai dari steaknya. Tempe yang sudah dilumatkan tadi dicampur dengan semua bumbu dan kemudian bentuk bulat pipih seperti patty. Kocok lepas sebutir telur, celupkan tempe, lalu gulingkan ke tepung serbaguna Sajiku®. Goreng hingga kecoklatan.


Untuk membuat sausnya, cuci bersih bahan, lalu tumis bumbu halus hingga harum yaitu bawang bombay dan jamur hingga layu, lalu masukkan semua saus dan tambahkan sedikit saja air, koreksi rasa, dan tunggu hingga saus mengental dan matang.


Untuk menyajikannya, tata steak tempe di atas piring. Beri saus dan pelengkap seperti kentang, wortel dan buncis yang sudah diblansir. Wah, kelihatan profesional, kan, Ma? 


Nugget jamur tiram

Bahan yang diperlukan untuk membuat nugget jamur tiram ternyata sangatlah mudah, siapkan jamur tiram, tepung terigu, tepung maizena, putih telur, duo bawang, merica, garam, dan tentu tidak ketinggalan AJI-NO-MOTO® yang selalu ada untuk melengkapi masakan.


Untuk membuat nugget jamur tiram ini, rebus jamur tiram selama kurang lebih 15 menit, tiriskan dan peras hingga tidak ada kandungan airnya.


Masukkan jamur tadi ke dalam chopper beserta semua bahan di atas, haluskan hingga tercampur sempurna. Selanjutnya, siapkan loyang yang telah dioles minyak zaitun. Masukkan adonan nugget jamur tiram tadi ke dalam loyang, kukus selama kurang lebih 30 menit.


Potong potong adonan nugget di loyang sesuai selera. Untuk menggorengnya, balurkan ke dalam tepung serbaguna Sajiku® yang lalu selanjutnya digulingkan dalam tepung roti. Goreng hingga matang kecoklatan.


Dengan tiga resep sederhana tapi berkelas ini, Mama vegetarian tidak perlu terlalu bingung dengan pertanyaan masak apa hari ini lagi!

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.