2 Jenis Makanan Diet yang Wajib Diketahui

Kenapa sih kita perlu tahu jenis-jenis makanan diet? Ini karena tidak semua orang bisa makan hidangan lezat karya Mama. Beberapa orang membutuhkan makanan diet tertentu sesuai kebutuhannya. Oleh karena itu, Mama wajib tahu jenis makanan diet yang bisa membuat semua anggota keluarga nyaman.  


Oh ya, Mama juga sudah tahu kan bahwa makanan diet itu bukan hanya untuk membuat kurus atau menurunkan berat badan. Istilah “diet” sendiri sebenarnya berarti “jenis makanan.” Jenis makanan ini tergantung pada kondisi dan kebutuhan seseorang. Di sini, ada setidaknya 2 diet yang Mama wajib akrab. 


Diet karbohidrat 

Inilah diet yang paling kita kenali. Diet karbohidrat ini juga dikenal dengan makanan diet bagi yang ingin kurus dengan cepat. Saat melakukan diet karbohidrat, kita mencoba mengurangi memasak bahan-bahan seperti nasi, gandum, atau berbagai macam tepung.  


Yang perlu disadari adalah: karbohidrat membuat kita merasa cepat kenyang. Mengurangi karbohidrat adalah mengurangi rasa kenyang. 


Sebagai penggantinya, ada beberapa jenis bahan yang bisa dijadikan alternatif. Yang pertama adalah meningkatkan porsi buah-buahan dan sayuran. Buah dan sayuran bisa membantu menghilangkan rasa lapar sekaligus meningkatkan asupan gizi yang lain.  


Jenis kedua yang juga bagus untuk menggantikan karbohidrat adalah segala macam makanan sumber protein. Yang termasuk di sini adalah telur, berbagai jenis daging, dan kacang-kacangan. Daging yang dianjurkan untuk ditingkatkan ketika melakukan diet karbohidrat sangat beragam, mulai dari daging ayam, daging sapi (asal bagian yang rendah lemak ya), dan daging ikan salmon.  


Sayur dan Telur sebagai makanan diet rendah karbohidrat


Makanan diet rendah kalori untuk siang hari

Siang hari bagi kebanyakan orang adalah waktu bekerja. Tidak ada kan yang bisa bekerja dalam keadaan mengantuk atau lapar? Maka diperlukan makanan yang membuat merasa kenyang, sumber protein, dan mengandung sedikit lemak


Karenanya, perlu trik tersendiri untuk melengkapi kebutuhan makanan diet untuk siang hari. Kuncinya adalah mencari makanan yang mengandung cukup kalori tapi tidak mengandung terlalu banyak minyak dan karbohidrat. 


Ada beberapa kunci yang bisa dipegang oleh mama. Yang pertama adalah mengganti nasi dengan bahan-bahan lain yang lebih rendah karbohidrat. Contoh pengganti nasi itu adalah nasi merah, jagung, mie, biji-bijian dan sebagainya. 


Kunci kedua adalah menggunakan bahan makanan yang awet kenyang. Yang paling mudah kita dapatkan untuk ini adalah bunga kol dan kubis. Selain dua ini, ada juga quinoa. Jenis makanan ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Protein dalam quinoa dua kali lebih tinggi daripada nasi. Makanan sehat semacam ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral.


Diet gula

Jenis makanan diet yang ketiga juga harus kita pahami lho, Mama. Diet gula semakin diperlukan pada saat ini, ketika di Indonesia ini ada 10% orang yang hidup dengan diabetes. Meskipun tidak hidup dengan diabetes, kita perlu paham apa itu diet gula. Tujuannya adalah agar kita tahu apa yang harus dihindari atau ditawarkan ketika ada saudara atau kerabat penderita diabetes yang berkunjung ke rumah. 


Yang paling sederhana tentu saja bahwa kita perlu menghindari segala macam produk yang mengandung gula. Berbagai macam produk makanan olahan mulai dari kacang shanghai sampai dressing untuk salad mengandung gula. 


Kelompok makanan diet gula yang kedua adalah makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. Nasi putih memiliki indeks glikemik tinggi, sehingga dia harus dihindari. Penggantinya adalah sumber-sumber karbohidrat lain. Yang seringkali digunakan adalah jagung, yang indeks glikemiknya masih di angka aman. Makanan diet pengganti nasi lainnya adalah kentang rebus dan pisang. Semua pisang memiliki indeks glikemik rendah. Namun, yang paling bagus untuk menggantikan nasi adalah plantain atau pisang agung. 


Nah, dengan mengetahui dua jenis makanan diet sehat ini, Mama pastinya lebih yakin dengan apa saja yang dimasak untuk keluarga, kan? Diet keluarga ada di tangan kita!


sumber:https://pixabay.com/id/photos/jagung-meletus-kuning-makanan-785074/

sumber:https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-piring-salad-sehat-3070970/