10 Resep Makanan Sehari-hari untuk Anak Kosan, Gampang Banget!

Ayo hidup sehat ala anak kosan dengan pilihan resep makanan sehari-hari yang lezat dan bergizi. Selain praktis, resep berikut ini murah juga!


Menjadi seorang anak kos adalah tantangan sendiri dalam kehidupan. Belajar hidup mandiri, mengatur keuangan, dan juga menjaga asupan makanan. Banyak anak kos yang ingin hidup hemat lalu akhirnya memangkas uang makan dengan membeli makanan yang tidak sehat. Tapi sekarang tidak perlu lagi melakukan itu, karena ada 10 resep makanan sehari-hari yang praktis dan tentunya juga sehat buat anak kos.


1.Nasi Goreng 

Nasi goreng sepertinya sudah menjadi resep makanan sehari-hari semua anak kosan se-Indonesia. Ya, hanya dengan seporsi nasi dan sedikit bumbu sudah bisa bikin perut kenyang. Agar tetap bergizi, tambahkan juga telur atau sosis dan sayur sesuai selera. 


2.Capcay 

Buat anak kosan yang doyan makan sayur, coba sesekali bikin capcay sebagai resep makanan sehari-hari! Terdapat banyak sayuran seperti sawi hijau, sawi putih, wortel, dan kembang kol dalam satu porsinya. Selain sehat, hemat di kantong pula.


3.Omelet Mi

Sebagai variasi makan mi, coba olah telur dan mi menjadi omelet yang punya kandungan lebih sehat untuk tubuh. Caranya? Rebus mi seperti biasa, tiriskan lalu aduk bersama telur. Goreng omelet sampai matang dan sajikan dengan saos sambal. 


4.Ayam Kecap

Tetap penuhi nutrisi protein hewani dengan konsumsi ayam kecap ini. Dengan beberapa potong ayam, kecap, dan bumbu dapur, sudah bisa dapat sajian yang enak dan praktis. Beli satu ayam utuh yang bisa dipotong untuk kreasi resep makanan sehari-hari lainnya untuk menghemat biaya.


5.Tumis Kangkung

Resep makanan sehari-hari lain yang bergizi adalah tumis kangkung. Siapkan 1 ikat kangkung, 1 buah tomat, saos tiram, dan bawang putih. Tumis bumbu terlebih dahulu, lalu masukkan kangkung dan tomat. Siram dengan saos tiram dan penyedap rasa. 


6.Steak Tempe

Terdengar mewah sekali steak tempe yang satu ini. Jangan salah! Tempe punya kandungan gizi yang setara dengan daging sapi tapi harganya jauh lebih murah. Sebagai resep makanan sehari-hari yang sedikit mewah, anak kos bisa makan sesuatu yang mewah tapi bergizi tinggi! 


7.Roti Bakar

Sekali-kali anak kos pasti ingin sarapan enak juga kan? Caranya simpel dan murah banget: oles roti tawar dengan margarin dan panggang sebentar di teflon. Pindahkan roti ke piring dan beri madu, selai, atau keju. Resep makanan sehari-hari ini bisa diutak-atik sesuai selera jadi bisa dimakan setiap hari dan tidak jadi bosan.


8.Telur Orak-Arik

Telur orak-arik atau scrambled egg ini sebenarnya punya cara olah yang sama, yaitu dengan mengaduk-aduk telur di atas teflon. Tambahkan potongan sosis sebagai pelengkap. Scrambled egg bisa dimakan dengan roti atau dengan nasi. Pasti kenyang!


9.Kentang Goreng

Kentang goreng bisa dijadikan camilan di waktu senggang. Cukup potong kentang dengan bentuk persegi panjang, beri sedikit garam, lalu goreng hingga berubah warna kecoklatan. Bisa dimakan begitu saja tapi lebih enak lagi pakai saus atau, kalau bisa, dengan taburan keju!


10.Mi Goreng

Bosan makan mi instan? Kreasikan jadi mi goreng tek-tek ala abang nasgor deh! Caranya, masak mi seperti biasa lalu tumis dengan bumbu-bumbu dan kecap. Tambahkan juga sayuran pokcoy atau sawi. Tinggal campur, aduk dan santap hasilnya.


Ingat, menjadi anak kos tidak harus selalu melarat. Pilihan resep makanan sehari-hari di atas tetap enak dan bergizi walaupun biaya produksinya murah. Tetap jalani hidup sehat ya! 


sumber:https://pixabay.com/id/photos/goreng-nasi-tidak-bisa-makanan-2509089/