Artikel & Tips Peran Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Tinggi Protein untuk Cegah Stunting
Peran Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Tinggi Protein untuk Cegah Stunting

Peran Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Tinggi Protein untuk Cegah Stunting

15 May 2024, 06:05

Stunting merupakan salah satu masalah gizi kronis yang serius di banyak negara, termasuk Indonesia. Stunting terjadi ketika anak tidak mencapai pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif yang optimal karena kekurangan gizi, terutama pada masa 1000 hari pertama kehidupan, mulai dari kehamilan hingga usia 2 tahun. Salah satu upaya untuk mencegah stunting melalui Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang tinggi protein pada balita. Protein adalah zat gizi makro yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, termasuk otak dan tulang. Artikel Dapur Umami kali ini akan mengulas tentang peran penting pemberian PMT tinggi protein dalam mencegah stunting.

Mendukung Pertumbuhan Optimal

Protein merupakan zat gizi makro yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan jaringan otot. Anak yang tidak mendapatkan cukup protein dalam makanan sehari-hari cenderung mengalami pertumbuhan yang terhambat. Dengan memberikan PMT yang tinggi protein, kita dapat memastikan bahwa anak-anak mendapatkan asupan protein yang cukup untuk mendukung pertumbuhan optimal.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain berperan dalam pertumbuhan fisik, protein juga penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh anak-anak. Anak-anak yang kekurangan protein rentan terhadap infeksi dan penyakit, yang dapat memperburuk kondisi stunting. Dengan memberikan PMT tinggi protein, daya tahan tubuh anak-anak dapat meningkat dan mengurangi risiko penyakit yang dapat mempengaruhi pertumbuhan.

Mendukung Perkembangan Kognitif

Asupan protein yang cukup juga sangat penting untuk perkembangan kognitif anak-anak. Otak membutuhkan protein untuk membangun dan memperbaiki sel-sel saraf, serta untuk menghasilkan neurotransmitter yang penting untuk fungsi kognitif. Dengan memberikan PMT tinggi protein, kita dapat membantu memastikan bahwa anak-anak memiliki asupan protein yang cukup untuk mendukung perkembangan otak.

Mengurangi Risiko Stunting 

Pemberian PMT tinggi protein pada masa awal kehidupan anak-anak dapat memiliki dampak jangka panjang yang positif dalam mencegah stunting. Anak-anak yang mendapatkan asupan protein yang cukup sejak dini cenderung memiliki pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif yang optimal, yang dapat mengurangi risiko stunting pada masa dewasa mereka.

Stunting merupakan masalah gizi yang serius yang mempengaruhi anak-anak di seluruh dunia. Namun, dengan memberikan PMT tinggi protein pada masa awal kehidupan anak-anak, kita dapat membantu mencegah stunting dan memberikan mereka kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Nah, kamu juga bisa menemukan berbagai resep masakan sumber protein di Dapur Umami

(NTR-HF)

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.