Artikel & Tips Cek Kebutuhan Serat dari Konsumsi Buah dan Sayur Disini
Cek Kebutuhan Serat dari Konsumsi Buah dan Sayur Disini

Cek Kebutuhan Serat dari Konsumsi Buah dan Sayur Disini

19 Jun 2024, 06:06

Salah satu kunci utama untuk menjaga kesehatan adalah dengan pola makan seimbang. Buah dan sayur merupakan bagian penting dari pola makan sehat, bukan hanya karena kandungan vitamin dan mineralnya, tetapi juga karena kandungan serat yang tinggi. Kebutuhan serat harian adalah hal penting yang seringkali terabaikan dalam pola makan modern. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2019, rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 25-30 gram serat setiap hari untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah berbagai penyakit kronis. Namun, sayangnya, banyak dari kita tidak mencapai asupan serat yang cukup dalam makanan sehari-hari. Nah, artikel Dapur Umami kali ini akan mengulas seputar memenuhi kebutuhan serat harian dengan konsumsi buah dan sayur setiap hari.

Mengapa Kebutuhan Serat Harian Harus Dipenuhi dengan Baik?

2

Serat adalah bagian dari makanan yang tidak dicerna oleh tubuh. Terdapat dua jenis serat, yaitu serat larut dalam air dan serat tidak larut dalam air. Serat yang larut dalam air, larut dalam cairan di dalam tubuh dan membentuk zat mirip gel yang membantu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol. Sedangkan serat tidak larut dalam air menambah volume pada feses, membantu mencegah sembelit, dan mengurangi risiko penyakit usus. Berikut adalah ragam manfaat memenuhi asupan serat harian. 

  • Meningkatkan Kesehatan Usus: Serat membantu menjaga kesehatan usus dengan memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit. Konsumsi serat yang cukup dapat mengurangi risiko penyakit divertikula, wasir, dan penyakit usus lainnya.
  • Menjaga Berat Badan Ideal: Serat membantu memberi rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengontrol nafsu makan dan membantu dalam manajemen berat badan. Buah dan sayur yang kaya serat umumnya rendah kalori, sehingga cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan sehat.
  • Mengontrol Kadar Gula Darah dan Kolesterol: Serat larut dalam air dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. Ini sangat penting untuk mencegah diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang, rata-rata orang dewasa seharusnya mengonsumsi setidaknya 5 porsi buah dan sayur setiap hari, yang setara dengan sekitar 400-500 gram. Hal ini berarti bahwa sebagian besar asupan serat harian dapat dipenuhi dengan konsumsi buah dan sayur yang cukup. Hal penting lain yang tidak boleh diabaikan adalah memperhatikan variasi dalam jenis buah dan sayur yang dikonsumsi, untuk memastikan bahwa kita mendapatkan berbagai jenis serat yang diperlukan untuk menjaga kesehatan pencernaan dan tubuh secara keseluruhan. Dengan memperhatikan konsumsi buah dan sayur sebanyak ini setiap hari, kita dapat memastikan tubuh mendapatkan asupan serat yang cukup untuk mendukung kesehatan secara optimal.

Cara Memperoleh Serat dari Buah dan Sayur

4
  • Konsumsi Beragam Buah dan Sayur: Pilihlah berbagai jenis buah dan sayur berwarna-warni untuk mendapatkan manfaat serat dan zat gizi lainnya. Contohnya, bayam, brokoli, wortel, apel, pir, stroberi, dan buah beri.
  • Makanlah Kulit Buah dan Sayur: Sebagian besar serat terkandung di kulit buah dan sayur. Jadi, pastikan untuk tidak mengupas buah atau sayur yang bisa dimakan kulitnya.
  • Pilihlah Sumber Serat yang Utuh: Pilihlah sumber serat yang utuh daripada makanan olahan. Misalnya, memilih roti gandum utuh daripada roti putih.
  • Jangan Lupakan Kacang-kacangan dan Biji-bijian: Kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan sumber serat yang baik. Tambahkan kacang-kacangan ke dalam salad atau sajian lainnya

Itu dia informasi seputar cara memenuhi asupan serat harian dari buah dan sayur. Konsumsi serat dari buah dan sayur adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan pencernaan, mengontrol berat badan, dan mencegah berbagai penyakit degeneratif di kemudian hari. Jadi, jangan lupakan untuk menyertakan porsi buah dan sayur dalam setiap hidangan untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan serat yang cukup setiap hari. Yuk, coba berbagai olahan buah dan sayur dengan resep-resep yang ada di Dapur Umami!

(NTR-NIK)

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.