Tips Memasak: Membuat Daging Soto Betawi Mudah Empuk

Siapa bisa menolak salah satu menu berkuah ini? Iya, soto betawi! Soto yang berasal dari ibukota ini biasanya menggunakan kuah santan atau susu cair, yang jelas kuahnya kental, gurih dan nendang abis. Untuk isiannya, soto betawi ini sangatlah beragam, namun biasanya berisi daging sapi bagian sengkel dan juga jeroan alias organ dalam dari sapi.


Tentu dengan bahan-bahan ini, Mama sudah terbayang betapa ribet dan lamanya dalam memasak bukan? Tetap positif, Ma. Mari kita klik di sini bagaimana cara membuat soto betawi agar memasak daging di soto betawi ini cepat dan tentu menghemat gas di dapur Mama. 


1. Pilih jenis daging yang tepat

Untuk pembuatan soto betawi ini, paling pas Mama menggunakan potongan daging sapi bagian sengkel (yang terkadang juga disebut bagian kisi).

Memang sih daging ini punya lebih banyak kandungan urat dan butuh waktu cukup lama memasaknya. Tapi, daging bagian ini memiliki tekstur yang kenyal, rasa yang lebih legit, dan ada kandungan kolagen yang cukup tinggi. 


2. Daging dalam suhu ruang

Apabila Mama membeli daging dalam bentuk frozen, atau mungkin Mama memiliki stok daging di freezer, ada yang perlu diingat: sebaiknya jangan langsung dimasak. Sebaiknya, daging beku tersebut sudah disimpan di rak bawah kulkas semalam sebelum diolah. Keluarkan satu jam sebelum diolah.

Sembari menunggu daging mencapai suhu ruang, Mama bisa mempersiapkan bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan soto Betawi.


Mendiamkan daging beku dalam suhu ruang ini membuat suhu daging menjadi lebih stabil. Dengan begitu, saat dimasak tekstur yang dihasilkan akan lebih empuk dan cepat dalam pengolahannya. Tentu beda bukan bila kita merebus daging dalam kondisi beku?


3. Teknik pemotongan daging

Mama perlu tahu bahwa memotong daging tidak boleh sembarangan. Agar daging yang dihasilkan mudah empuk dan tidak merusak seratnya.

Mama harus memotong daging berlawanan dengan serat dagingnya. Dengan ini, serat yang dihasilkan akan lebih pendek, sehingga lebih empuk, mudah dikunyah, dan bumbu soto betawi dan Masako® akan semakin meresap. 

Yuk cek lagi cara memotong daging yang Mama biasa lakukan: sudah benar atau belum ya? 


4. Pakai metode 5-30-7

Metode satu ini merupakan sebuah metode resep soto betawi yang life saving banget karena sangat menghemat waktu memasak Mama.


Rebus 5 menit: Tanpa cuci bersih daging, Mama rebus daging yang sudah ada pada suhu ruang tadi di air yang sudah mendidih selama 5 menit. Jangan lupa untuk menutup panci dan set timer 5 menit. Setelah 5 menit perebusan, matikan api tapi pastikan panci tetap dalam posisi tertutup.

Diamkan 30 menit: Setelah kompor dimatikan, biarkan daging dalam panci tersebut selama 30 menit. Untuk merebus, pastikan tutup panci tertutup rapat agar uap panas ini dapat membantu daging lebih lunak.

Rebus 7 menit: Setelah didiamkan selama 30 menit, Mama rebus kembali daging selama 7 menit. Setelah itu matikan kompor, tunggu beberapa saat sebelum membuka tutup panci. Dan voila! Daging sudah empuk dan siap dibumbui kan, Ma?

Inti dari metode ini adalah memanfaatkan tekanan dan uap panas dalam membantu mengempukkan daging yang kita rebus tadi. So, it’s not a rocket science, kan, Ma? 


Bagaimana? Sudah siap masak soto betawi yang gurih dan lezat menggunakan metode dan tips di atas agar daging cepat empuk? Untuk resepnya, Mama bisa lihat di dapur umami.