Teman Nasi Uduk Biar Tambah Komplit

Olahan nasi yang selalu cocok untuk sarapan hingga makan malam adalah nasi uduk. Bila di luar Jakarta acapkali disebut nasi uduk Betawi, karena daerah asalnya adalah dari Jakarta oleh suku Betawi.


Membuat nasi uduk yang bercita rasa umami ini dimasak dengan bahan bahan santan, daun sereh, salam dan berbagai rempah yang lain. Mirip dengan nasi lemak, masaknya pun mudah karena dapat dimasak di magic com maupun rice cooker. Resep nasi uduk tidak lengkap rasanya bila kita tidak mengulas kombinasi atau teman dari nasi uduk ini.


Sederet pilihan teman makan nasi uduk ini bisa Mama buat di rumah, agar semakin lengkap dan menambah cita rasa. Apakah ada alternatif lain lauk pauk selain ayam goreng dan telur dadar? Mama tak perlu repot karena penyajian teman makan nasi uduk adalah 30 menit - 45 menit. Mama simak artikel ini hingga tuntas ya!


Pendamping Utama Nasi Uduk: Kering Kentang

Kering kentang atau biasa juga disebut dengan kentang mustofa ini paling disukai. Cara membuat kering kentang pun sangat simple, kentang sebanyak 500 gram dipotong korek api, dicuci bersih hingga air bening.


Lalu goreng kentang tadi hingga kering, ditumis dengan aneka rempah dan bumbu, aduk rata dengan gula merah dan juga kecap manis. 


Beberapa jenis kering kentang bisa juga ditambahkan cabe bila menginginkan rasa yang sedikit rasa pedas, dan ditambahkan kacang tanah yang digoreng kering untuk menambah rasa gurih. Paduan yang sangat pas bila disantap dengan nasi uduk hangat. 


Teman kedua: bihun goreng

Salah satu teman nasi uduk ini sangatlah mudah dibuat, dengan teksturnya yang kenyal akan mengimbangi rasa dengan baik. Untuk membuatnya Mama hanya perlu mempersiapkan 2 keping bihun yang kemudian direndam hingga bihun sedikit empuk, tiriskan bihun. 


Tumis duo bawang, masukkan wortel dan kol yang sudah dipotong korek api. Masukkan bihun, bumbui dengan gula, garam, lada dan tentu saja SAORI® saus tiram untuk mempertajam rasa. Mama juga bisa masukkan topping sesuai dengan favorit keluarga. 


Teman mewah: semur tahu-tempe

Untuk rasa nasi uduk yang autentik, semur tahu-tempe ini bisa dibilang teman yang wajib ada. Nasi uduk dengan rasanya yang cenderung asin dan gurih akan sangat cocok bila disandingkan dengan menu semur tahu tempe yang memiliki cita rasa manis.


Isian untuk semur ini juga bisa diganti dengan jengkol, ayam, kentang maupun telur, namun yang paling sering digunakan adalah yang berisi duo kedelai.

Untuk membuatnya Mama perlu mempersiapkan dua kedelai, potong kotak dan goreng hingga setengah matang.


Untuk bumbu halusnya, haluskan bawang putih, seruas jahe, ketumbar, kemiri dan sedikit pala. Bila Mama menyukai rasa sedikit pedas, bisa juga diberi cabe keriting yang dipotong serong.

 

Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng hingga harum, masukkan sedikit air. Tambahkan kecap manis, kecap asin, MASAKO® rasa ayam hingga akan mendidih, baru masukkan tahu tempe yang sudah digoreng setengah matang. Aduk sebentar hingga bumbu meresap.


teman terakhir: perkedel kentang kornet

Luarnya yang garing tapi dalamnya yang lembut merupakan paduan yang klop dengan sajian nasi uduk, sebenarnya bisa saja Mama bisa saja memasak perkedel kentang yang biasa. Namun untuk semakin memperkaya rasa dan juga tambahan protein maka perkedel kentang kornet bisa menjadi salah satu opsi pelengkap nasi uduk.


Untuk membuatnya Mama perlu mempersiapkan kentang sebanyak setengah kilo, yang di cuci bersih, dikupas dan dipotong berbentuk dadu. Goreng kentang bersama dengan bawang merah, angkat dan haluskan.


Pada wadah terpisah campurkan kentang, daun seledri, daun bawang, kornet daging 100 gram, dengan lada, garam, dan tentu saja MASAKO®. Setelah semua tercampur rata, bulatkan dan balur dengan telur. Goreng hingga kuning keemasan.


Nasi uduk dan temannya sudah siap Mama eksekusi di dapur weekend kali ini, jangan lupa tambahkan sambal khasnya yaitu sambal kacang dan bawang goreng untuk nasi uduk semakin sempurna. selamat mencoba!