Simpel! 5 Cara Membuat Daging Kambing Empuk dan Tidak Bau

Jangan sampai merasakan gigi ngilu dan mual karena makan daging kambing yang alot dan prengus? Simak tips rahasia membuat olahan daging kambing yang empuk berikut.


sumber: https://unsplash.com/photos/WxNCLEKq4-Y 


Daging kambing memang gurih dan lezat, tapi memasaknya gampang-gampang susah. Jika tidak paham cara membuat daging kambing empuk dan tidak bau, hasil masakan justru bisa menghilangkan selera makan.


Agar bahan makanan yang super lezat tersebut tidak terbuang sia-sia, Mama perlu tahu bagaimana tips membuat daging kambing empuk dan gurih.


Bersihkan Lemaknya

Lemak bisa memberikan cita rasa gurih khas daging kambing. Di sisi lain, bagian ini juga yang paling kuat menimbulkan aroma prengus.

Agar daging kambing tidak bau, singkirkan bagian lemak ini, terutama yang tidak menyatu dengan daging.


Jika tidak langsung masak, lebih baik untuk memasukkannya langsung ke dalam freezer. Setelah beku, akan mudah untuk mengiris dan menghilangkan lemak yang melekat.


Adapun untuk lemak yang bercampur dengan serat-serat daging, tak apa untuk membiarkannya. Ini sekaligus bisa membantu membuat tekstur daging tidak terlalu alot.


Laburi dengan Garam

Sebelum memasak, marinasi dengan terlebih dahulu dengan menggunakan garam.


Garam akan meresap ke dalam daging dan memecah proteinnya sehingga daging jadi lebih lembut dan empuk.


Untuk melunakkan tekstur daging cukup dengan menaburkan garam di permukaan daging lalu tunggu sampai habis masa 15-30 menit. 


Lebih baik lagi jika mencampurkan garam dengan merica lalu menambahkan sedikit air sebagai bahan marinasinya. Selanjutnya lumuri atau rendam daging dalam campuran tersebut.


Marinasi dengan Pepaya atau Nanas

Getah pepaya mengandung enzim papain yang dapat memecah protein pada daging. Karena itu, sangat bermanfaat untuk membuat daging kambing lebih empuk.


Caranya bisa dengan membungkus daging menggunakan daun pepaya sebelum mulai memasak. Tetapi, kalau mau masak sate, cara ini masih kurang efektif.


Agar lebih efektif, sekalian lumuri permukaan daging dengan irisan daun pepaya atau nanas. Selain pepaya, nanas mengandung enzim bromelain yang punya kemampuan sama.


Risiko pakai daun pepaya adalah menghasilkan rasa getir. Sedangkan jika pakai nanas, maka daging bisa lunak dan mudah hancur kalau kelamaan. Maka dari itu, usahakan daging tidak terlalu muda atau proses marinasinya tidak terlalu lama.


Rebus Tanpa Dicuci

Kesalahan dasar yang sering orang lakukan saat memasak daging adalah mencucinya terlebih dahulu sebelum memasak. Ini justru membuat aroma prengus daging semakin menguat.


Agar daging kambing empuk dan tidak bau, Mama bisa langsung memasaknya dalam air mendidih. Cara ini dapat membersihkan dan melunakkan daging sekaligus membunuh kuman-kuman yang menempel di permukaannya.


Bila perlu, gunakan teknik Blanching dengan cara memasaknya 3 kali. Buang air rebusan yang pertama dan kedua. Dengan demikian, daging benar-benar bersih dan baunya tak lagi terdeteksi.


Selain pakai teknik blanching, Mama juga bisa merebusnya bersama dengan soda kue. Jika menggunakan soda kue, maka 2x perebusan saja cukup.


Rebus Bersama Rempah

Sebagai pelengkap teknik Blanching di atas, Mama juga bisa menambahkan rempah saat merebus daging. Cara ini dapat menghilangkan bau prengus daging secara efektif sekaligus memunculkan aroma segar.


Adapun untuk jenis rempahnya, bisa dengan menggunakan cengkeh, jahe, atau bawang putih.


Jika menggunakan 3 tahap perebusan, maka rempahnya bisa masuk sejak rebusan pertama dan tak perlu dibuang ketika membuang airnya. Atau, bisa juga rempahnya baru masuk di perebusan terakhir.


Berapa lama merebus daging kambing?

Umumnya butuh waktu 1 jam. Tapi dengan teknik 5-30-7, waktu perebusan akan lebih singkat. 


Maksudnya, 5 menit rebus dalam air mendidih, resting 30 menit, dan 7 menit rebus lagi, resting 30 menit, lalu angkat.


Selanjutnya, daging siap untuk diolah. Entah sebagai krengseng daging khas Jawa Timur, semur, ataupun barbeque untuk merayakan tahun baru. 


Itulah 5 cara membuat daging kambing terasa empuk, tidak alot ataupun prengus. Tips tersebut bisa juga berlaku untuk daging sapi. Dengan cara di atas, dijamin masakan daging kambing yang Mama buat terasa lembut dan menggoyangkan lidah.