Artikel & Tips Roti Kering Kenari, Oleh-Oleh Khas Ambon yang Wajib Dibawa Pulang
Roti Kering Kenari, Oleh-Oleh Khas Ambon yang Wajib Dibawa Pulang

Roti Kering Kenari, Oleh-Oleh Khas Ambon yang Wajib Dibawa Pulang

09 Nov 2022, 07:11

Berlibur ke kota Ambon rasanya tidak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh khas Ambon dan sekitarnya. Seperti kota lainnya, di Kota Ambon juga terdapat makanan khas daerah, salah satunya roti kering kenari. Roti kering kenari khas Ambon bisa menjadi buah tangan sesuai selera yang pas saat Mama mengunjungi Kota peninggalan Portugis ini. Seperti apa sih bentuk dan rasa dari kuliner Nusantara yang satu ini? Simak ulasannya di bawah ini. 


Sekilas Tentang Roti Kering Kenari Khas Ambon


Kota yang mendapat julukan sebagai penghasil rempah terbaik di dunia ini memang mempunyai daya tarik tersendiri. Buah kenari adalah salah satu rempah komoditas ikonik kota Ambon. 


Sebagai salah satu hasil bumi, kenari mempunyai peranan penting dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Ambon. Hal ini terlihat dari banyaknya pohon kenari yang tumbuh dengan subur di wilayah sekitar Maluku. 

Apabila membandingkan kenari Maluku dengan kenari impor, ukurannya lebih kecil. Tapi soal rasa, kenari Maluku lebih gurih, bahkan sekilas mirip kacang mete atau almond yang harganya selangit.  


Sebagai kekayaan alam di Ambon, tidak heran jika beberapa makanan khas Kota Ambon memilih kenari sebagai bahan baku utamanya. Salah satunya adalah roti kering kenari. Biji kenari inilah yang membuat makanan dari kota Ambon terasa unik dan khas. 


Kue kering kenari merupakan jajanan khas Ambon yang rasanya manis dan gurih. Bentuknya sekilas mirip dengan roti, namun ditaburi dengan kenari di atasnya. Tekstur kenari yang garing dan renyah sekilas mirip kacang almond. Tak heran jika mencicipi satu saja terasa kurang. 


Bukan hanya wisatawan yang doyan dengan camilan satu ini, warga lokal pun menjadikan roti kering kenari sebagai makanan favorit. Biasanya, warga setempat mengonsumsi roti ini sambil menikmati kopi atau bercengkerama bersama sanak keluarga. 


Menariknya, rasa gurih dan renyah kue ini dapat tahan hingga 1 bulan lamanya. Itulah mengapa banyak orang yang menyukai roti kering kenari ini. 


Resep dan Cara Membuat Roti Kering Kenari


Cara membuat kue kering Ambon dapat dikatakan cukup mudah. Pertama-tama siapakan beberapa roti tawar, susu kental manis, kacang kenari yang sudah dicincang kasar, margarin, gula pasir, dan kuning telur.  

Selanjutnya, potong roti tawar menjadi dua bagian dan oles dengan margarin. Di wadah terpisah, campurkan susu kental manis dengan kuning telur. 


Takaran susu kental manis bisa Mama perkirakan sendiri. Jika Mama dan keluarga tim penyuka manis, maka takaran susu kentalnya bisa lebih banyak. Sebaliknya, jika tidak terlalu suka manis maka dibuat takaran secukupnya saja. Lalu aduk susu dengan kuning menjadi satu hingga merata. 


Setelah itu, oleskan campuran susu dan kuning telur pada roti tawar yang sebelumnya sudah Mama siapkan. Taburi kenari cincang pada bagian atas roti. Mama juga bisa menambahkan taburan gula pasir, namun ini sifatnya lebih opsional, sih. Karena rasa manis sudah cukup dari susu saja. Nah, belakangan ini ada yang membuat inovasi roti kering kenari ini dengan menambahkan taburan keju untuk variasi rasa. 


Terakhir, panggang roti tawar di dalam oven dengan panas 140 derajat selama 20 menit, atau hingga berubah warna menjadi kecokelatan. Membuat resep roti panggang kenari ini memang mudah, apalagi bahan-bahannya juga tidak sulit. Jadi, kalau di rumah ada roti tawar, coba membuat kreasi roti kering kenari ini. 


Demikianlah informasi yang dapat Dapur Umami sampaikan tentang roti kering kenari khas Ambon. Apabila Mama ingin mengetahui resep dan informasi kuliner Nusantara lainnya, jangan lupa klik resep di sini.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.