Resep Mie Goreng Chinese, Rasanya Tidak Kaleng-kaleng

Siapa tak kenal mie goreng ala chinese, hampir di setiap pertemuan kita akan dengan mudahnya menemukan menu ini ya Ma.

Sebenarnya benar benar tidak ada bedanya antara resep mie goreng chinese ini dengan mie goreng jawa ataupun mie goreng lainnya. Cara maupun bahan-bahannya sama. 


Hanya saja mie goreng ala chinese ini lebih kaya akan perpaduan kecap dan tempat memasaknya. Untuk mie goreng jenis ini, biasa dimasak dalam wajan yang sering disebut “wok,” dengan menggunakan api yang besar dalam mengolahnya, sehingga cita rasa tidak akan berubah karena durasi masak yang juga singkat.


Bahan-bahan Mie Goreng Ala Resto Chinese

Siapkan mie basah sebanyak 1 bungkus atau sekitar 250 gram. Mie basah ini sering ditemukan di pasar tradisional. Bila Mama kesulitan menemukan mie basah di daerah Mama, bisa digunakan mie telur yang direbus sebentar, jangan sampai terlalu matang.


Siapkan juga telur (kocok lepas), sawi atau bisa juga gunakan pokcoy, tauge yang sudah disiangi ekornya, udang, kee kian, bakso yang diiris tipis, bawang merah dan bawang putih, daun bawang, dan bawang bombay. 


Kecap yang digunakan memang beraneka ragam, namun inilah kuncian mie goreng ala resto chinese agar nikmat dan lezatnya gak kaleng-kaleng. Mama gunakan kecap asin, kecap inggris, kecap ikan, kecap manis, SAORI® saus tiram untuk mempertajam rasa dan minyak wijen. Masukkan semua jenis kecap ini kedalam mangkuk kecil, sehingga Mama bisa cepat dalam memasaknya.


Resep Mie Goreng Ala Resto Chinese : Cara Memasak

Siapkan dulu mie basah yang akan digunakan, uraikan mie agar tidak saling menempel satu sama lain. Hal ini agar mie mudah dibuat dan matang merata dan tidak saling menggumpal bila diolah.


Goreng kee kian dan bakso yang telah diiris, sisihkan. Cincang halus bawang putih dan bawang bombay, tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga harum. Panaskan minyak, goreng telur dengan memasukkan telur yang sudah dikocok dan udang, orak arik aduk –aduk rata hingga matang.


Setelah itu masukkan mie basah dan sayuran sawi hijau yang telah disiapkan, sambil terus diaduk hingga merata. Masukkan semua bahan kecap yang telah disiapkan sesuai selera, terakhir tes rasa. Apabila sudah pas, diamkan mie kurang lebih 3 menit agar semakin meresap dengan bumbu. Matikan kompor, dan sajikan hangat bersama kerupuk dan acar mentimun.


Cara Membuat Kee Kian Udang – Pelengkap Mie Goreng:

Kee kian merupakan salah satu hidangan khas chinese juga, digunakan sebagai pelengkap dan dimasukkan kedalam mie goreng maupun capcay. Kee kian ini bisa dinikmati sebagai cemilan dengan dicocol saus bangkok. 


Bila dimasukkan ke dalam mie goreng, maka akan semakin menaikkan rasa gurih dan nikmat. Membuatnya pun mudah saja, Mama pun bisa menyimpannya dalam bentuk frozen bila ingin memasak lagi nantinya.


Bahan yang digunakan untuk membuat kee kian, udang kupas yang dicacah halus (200 gram), bila alergi terhadap udang bisa menggunakan ayam cincang. Secukupnya tepung sagu, tepung terigu, bawang putih goreng, daun bawang, minyak wijen, SAORI® saos tiram, dan garam.


Cara membuat adalah sangat mudah, aduk semua bahan diatas hingga merata dan tes rasa untuk memastikan rasanya sudah pas. Siapkan kembang tahu yang telah direndam sebentar, tata kembang tahu di atas aluminum foil. Setelah itu beri adonan kee kian hingga merata.


Gulung adonan kembang tahu tersebut menyerupai lontong di aluminium foil. Kukus dalam dandang sekitar 30 menit atau hingga matang. Kee kian siap dipotong untuk digoreng dan dimasukkan kedalam mie goreng ala Chinese. 


Resep mie goreng ala Chinese lengkap beserta kee kian siap disajikan untuk keluarga tercinta, rasanya dijamin hao chi!