Resep Masakan Yang Cocok Disajikan Saat Mama Arisan

Saat arisan, selain bisa kumpul-kumpul bersama teman, acara makan juga sangat ditunggu. Mama bingung menyajian apa sebagai hidangannya? Berikut resep yang sangat mudah dipraktekkan, dan sudah tentu rasanya umami. Ada rahasia lagi nih, Mama tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam untuk menyiapkan hidangan ini saat arisan, jadi uang bulanan tetap aman.


Resep tumis buncis tiram istimewa

 Resep tumis buncis tiram

Dengan resep sederhana, tumis buncis tiram selalu menggoda


Tumis buncis ini memerlukan waktu memasak yang cepat, perpaduan rasa kres kres dari buncis dan gurih dari daging giling merupakan paduan yang sip untuk menu arisan. Jangan lupa perhatikan besarnya api di kompor saat memasak ya Mam, biar warna sayur tetap cantik.


Bahan utama yang diperlukan adalah 300 gram buncis. Sementara itu, untuk bumbunya Mama memerlukan bawang putih (3 siung diiris tipis), tomat besar (½ buah), air (100 ml), kecap manis (2 sdm), kecap inggris (1 sdm), kecap asin (1 sdt), Saori Saus Tiram (1 sdt), minyak wijen (1 sdt), gula, garam, dan Masako rasa sapi. Untuk menumisnya, siapkan juga minyak goreng dan margin secukupnya.


Selanjutnya, cara memasaknya cukup sederhana. Pertama, panaskan margarin dan minyak goreng dengan api sedang. Setelah siap, kita tumis bawang cincang dan iris hingga harum. Saat sudah harum, waktunya kita tumis daging sapi hingga warna dan teksturnya berubah--jadi lebih kering. Saat itulah kita mulai masukkan saos tomat, kecap manis dan asin, kecap Inggris, serta Saori saus tiram. Aduk hingga merata dan biarkan bumbu-bumbu ini meresap ke dalam daging. Untuk memastikan rasa, di bagian akhir mama tinggal memasukkan gula, garam merica, dan Masako rasa daging sesuai selera. Lakukan tes rasa untuk mendapatkan yang terbaik.


Setelah rasa didapatkan, Mama bisa melanjutkan dengan memasukkan buncis dan menambahkan air. Setelah buncis setengah matang, masukkan tomat. Aduk rata. Sesaat sebelum matikan api,tambahkan minyak wijen. Aduk cepat,matikan api. Sajikan selagi hangat.

Tips: saat buncis dimasukkan besarkan api kompor, pergunakan api yang besar. Agar buncis tidak berubah warna.


Resep Nasi Goreng Kikil Cabe Hijau

Resep nasi goreng kikil tidak jauh berbeda dengan nasi umumnya 

Resep nasi goreng kikil tidak jauh berbeda dengan nasi umumnya


Nah hidangan yang satu ini merupakan menu yang selalu ada di setiap acara, tidak hanya arisan. Yak betul tebakan Mama, Nasi goreng. Tetapi Mama perlu tahu bahwa sebenarnya menu yang sangat mudah ditemukan ini bukan merupakan makanan asli Indonesia, menu ini merupakan akulturasi kuliner dari Tionghoa. Campuran yang ada di dalam nasi goreng pun beragam dan dapat disesuaikan dengan selera, bisa telur, ayam, teri, terasi, bahkan kikil. 


Bahan yang diperlukan untuk membuat nasi goreng kikil cabe hijau bisa dibagi dalam dua bagian. Untuk bahan-bahan utamanya, Mama perlu menyiapkan nasi putih (500 gram), kikil yang sudah direbus hingga empuk (100 gram), telur (2 butir, dijadikan orak-arik), dan cabe hijau (6 butir, diiris serong).


Oh iya, Mama mungkin bertanya-tanya: kenapa kikil? Meskipun tidak semua orang menyukai tekstur kikil, makanan ini sebenarnya bergizi tinggi dengan manfaat yang tak banyak orang tahu lho. Beberapa di antara manfaatnya adalah meningkatkan elastisitas kulit, membantu pertumbuhan sel dalam tubuh, mencegah penyakit berbahaya, dan menghitamkan rambut seperti disebutkan di sini. Mama tidak tahu soal ni, kan? 


Untuk bumbunya, ada beberapa yang perlu disiapkan untuk resep ini. Bahan-bahan tersebut antara lain adalah: kecap manis, Saori saus tiram, jahe, lengkuas, daun salam, gula dan garam, dan minyak goreng untuk untuk menggorengnya. 


Selain itu, Mama juga perlu menyiapkan bumbu halus yang antara lain terdiri dari bawang merah dan bawang putih (masing-masing 4 siung), cabe besar (1 saja cukup), dan kemiri (1-2 butir). Tumbuk bumbu-bumbu ini hingga halus.


Nah, saat semua bahan dan bumbu halus siap, Mama bisa mulai memasaknya. Begini cara membuat nasi goreng ini, Mama. Yang pertama perlu dilakukan setelah minyak cukup panas adalah menumis bumbu halus dan semua bahan bumbu lainnya kecuali saus dan kecap. 


Setelah harumnya tercium, masukkan telur orak-arik dan nasi. Aduk hingga bumbu dan nasi menyatu dengan sempurna. Setelah cukup rata, Mama boleh memasukkan Saori saus tiram dan kecap manis sambil terus mengaduknya hingga rata. 


Terakhir, ketika semua anggota keluarga sudah lapar, Mama bisa menyajikan nasi goreng cabe hijau ini dengan acara timun dan kerupuk. Oh, tidak! Pasti ludes semua!


Tips memasak kikil: Begitu selesai direbus, langsung siram kikil dengan air matang.

Bagaimana, Mama? Karena masakan sudah siap, Mama bisa dandan cantik dan menyambut teman arisan yang akan datang ke rumah.