Resep Bolu Pisang Andalan Mama, Panggang atau kukus?

Sore hari ini Mama kehabisan ide membuat dessert manis untuk teman minum teh, atau mungkin Mama memerlukan isian snack box untuk acara kantor Mama. Berikut salah satu ide memasak yang memanfaatkan buah pisang, yaitu resep kue bolu pisan. 


Tidak salah, buah pisang memang sering kita temui sebagai dessert dalam berbagai bentuk, mulai dari pisang rebus, setup pisang, pisang gapit, pisang bakar dan banyak macam lainnya. 


Kali ini, dessert manis yang akan kita bahas sangat spesial. Rasanya manis legit dan bisa dimakan baik pagi maupun malam. Pastinya ini bisa menjadi kudapan favorit keluarga. 


Apalagi kalau bukan bolu pisang! Pisang yang dipakai merupakan pisang yang sudah sangat matang dan kulitnya mulai menghitam, agar rasa bolu pisang semakin manis dan aromanya kuat. Mama bisa memanfaatkan beberapa jenis pisang untuk bolu: pisang mas, cavendish, pisang ambon, maupun pisang apapun yang rasanya manis dan bertekstur lebih empuk. 


Bolu pisang ini terdapat dua variasi yang berbeda, bisa dipanggang maupun dikukus, sesuai resep kue andalan Mama. Sekarang mari kita lanjut ke cara membuatnya.


Bolu pisang kukus, no mixer


banana-bread-ga6b56b37c_640.jpg

Kukus dan panggang, dua alternatif resep bolu pisang


Resep bolu pisang no mikser ini cocok banget buat Mama yang tidak memiliki oven di rumah. Selain itu dalam menakarnya, Mama hanya memerlukan sendok, jadi tidak usah memakai timbangan. 


Bolu pisang namun masih banyak yang menyebutnya kue bolu pisang. Bahan yang diperlukan juga sangatlah mudah, yakni pisang 4 buah (lumatkan pisang hingga halus), gula palem (4 sendok makan), minyak sayur (secukupnya), 2 butir telur ayam, 8 sendok tepung terigu dan masukkan minyak goreng. Sebagai tambahan kalau Mama menginginkan bolu yang mengembang, Mama bisa menambahkan soda kue dan baking powder masing-masing 1 sendok teh saja. 


Untuk alat yang diperlukan Mama membutuhkan pengocok atau whisk, spatula, loyang roti, atau kalau tidak ada Mama bisa memakai cangkir tahan panas dan pengukus. Pastikan semua alat yang digunakan dalam keadaan bersih dan kering yah Ma.


Dalam pembuatannya Mama kocok telur dan gula palem hingga rata, pastikan gula larut, jangan ada yang bergerindil. Haluskan pisang juga. Lalu masukkan secara berurutan, minyak, pisang yang telah dilumatkan, tepung, baking powder dan baking soda, terakhir masukkan tepung terigu. Aduk hingga merata, memang adonan ini agak kental yah mam. 


Terakhir, siapkan loyang masukkan adonan atau cangkir yang Mama punya, kukus kurang lebih 20 menit, tes tusuk untuk memastikan kematangannya. Bolu kukus pisang ini enak disantap hangat.


Semua pisang yang manis bisa dipakai dalam resep bolu pisang


Bolu pisang panggang kismis

Untuk pembuatan resep bolu pisang panggang yang satu ini, bahannya sedikit lebih ribet bila dibandingkan bolu pisang kukus, tapi rasanya, tidak cukup bila hanya makan 1 potong. Untuk bahannya Mama bisa mendapatkan di toko bahan kue maupun supermarket. Pisang 3 buah (lumatkan), tepung terigu dan gula pasir (masing-masing 120 gram), telur ayam (3 butir), emulsifier, dan mentega leleh (100 gram) dan tentu saja kismis untuk toppingnya.


Pembuatannya cukup mudah karena memakai metode all in, yaitu dimasukkan dan dicampur semua kecuali mentega yang telah dilelehkan. Pastikan adonan telah tercampur rata, baru masukkan mentega, aduk balik. Masukkan ke dalam loyang yang telah dioles margarin, baru ditaburi kismis. 


Terakhir, panaskan oven dan panggang adonan selama 30 menit dengan suhu 200 derajat. Kalau bisa Mama bisa menggunakan kertas roti sebagai alas adonan. Keluarkan dari loyang dan potong sesuai selera. 


Jadi, dengan dua alternatif resep bolu pisang ini, Mama bisa tetap mendapatkan kelezatan kuliner kekinian ini apapun alat yang tersedia di rumah dan semoga anti gagal.