Pasti Berhasil! Ini Cara Masak Sayur Pare Agar Tidak Pahit yang Praktis

Sudah jadi rahasia umum, pare merupakan makanan yang kaya dengan manfaat medis. Sayangnya, rasa pahit yang terkandung di dalamnya membuat sebagian orang ragu untuk mengolahnya. Padahal, ada cara masak sayur pare agar tidak pahit yang bisa digunakan. 


“Malah, dengan pengolahan yang tepat, pare akan jadi hidangan yang lezat dan menggugah selera”

Kali ini, Dapur Umami dari berbagai sumber akan membagikan cara masak sayur pare yang enak agar Mama dan keluarga tak perlu ragu lagi mengkonsumsinya.


Pilih Pare Muda

https://pixabay.com/photos/bitter-gourd-vegetable-harvest-6534410/


Memang, semua pare pahit. Namun, Mama punya kesempatan untuk memilih pare dengan kadar kepahitan paling rendah.


Pare yang masih muda umumnya tidak terlalu pahit. Untuk membedakan tingkat kematangannya, Mama bisa melihat warnanya. Pare muda memiliki warna yang cenderung lebih tua ketimbang yang sudah matang atau tua.


Selain itu, jenis pare juga punya pengaruh. Dari sekian banyak jenis pare, pare ular adalah jenis dengan kadar pahit yang dikenal paling rendah. 


Haluskan Permukaan Pare

Jangan buru-buru memotong apalagi merebus pare. Sebelumnya, Mama sebaiknya kupas permukaan pare yang kasar agar halus. 


Tentu saja, ini tak bisa Mama lakukan dengan tangan kosong. Mama memerlukan alat pengupas yang tajam seperti peeler knife. Agar lebih mudah, kikislah dari bagian atas pare.


Di India, kikisan pare dapat bermanfaat untuk adonan paratha, roti khas India. Namun jika Mama tak memerlukannya, silahkan buang saja.


Buang Biji Pare

https://pixabay.com/photos/bitter-gourd-vegetables-food-fresh-6548611/


Selanjutnya, Mama dapat membelah pare menjadi dua bagian secara simetris.


Ketika sudah dibelah, buang biji yang terletak di bagian tengah pare. Keberadaannya menjadi salah satu sumber rasa pahit jika Mama mengolahnya. Mama bisa menggunakan sendok untuk membuangnya.


Iris Tipis Pare

https://pixabay.com/photos/bitter-gourd-%e9%85%bf%e8%b1%86%e8%85%90-fish-paste-meat-1410102/


Perlu Mama ketahui, ketika pare ditumis, sari-sari di dalamnya yang pahit akan keluar. Maka, mengirisnya dengan irisan tipis akan membuat sari-sarinya yang keluar semakin banyak.


Mungkin ini membuat proses pengolahan pare jadi lebih panjang. Namun perlu Mama lakukan karena sudah terbukti efektif.


Rendam dan peras dengan air garam

Ketika semua bagian sudah teriris, masukan pare ke dalam wadah. Selanjutnya, taburi dengan garam dan ratakan ke seluruh bagian pare. Kemudian, isi dengan air dan biarkan pare ada dalam rendaman garam. Tidak perlu memberikan bahan yang macam-macam seperti kecap manis ya, Ma.


Setelah merendamnya beberapa menit, Mama masih harus memeras sambil menyiram pare dengan air yang mengalir. Proses ini bisa Mama lakukan berkali-kali hingga air perasan pare bersih dan pare menjadi kering dan tidak berair.


Selain menggunakan garam, sebenarnya masih ada alternatif bahan rendaman lainnya seperti asam jawa, yoghurt, atau rendaman acar. Namun menurut kami, garam yang paling mudah dan murah. Mama setuju, kan?


Olah dengan bumbu yang punya rasa yang kuat


Proses di atas sebenarnya sudah cukup untuk mengurangi rasa pahit hingga titik yang rendah. Pare sudah siap Mama olah dalam aneka resep yang lezat.


Namun Mama masih bisa lakukan satu hal lagi untuk meredam pahitnya pare, yakni dengan menggunakan bumbu-bumbu gurih dengan rasa kuat saat memasaknya.


Campuran bumbu yang membentuk rasa tersebut bisa Mama dapatkan dari berbagai bahan, salah satunya Masako® Rasa Ayam. Penyedap rasa dari AJI-NO-MOTO® ini punya rasa gurih dan asin yang kuat, karena berasal dari kaldu berkualitas. Sangat cocok Mama padukan dalam olahan pare, terutama tumisan.


Tumis pare yang lezat berasal dari bumbu sederhana seperti tumis bumbu dari bumbu halus maupun tidak untuk bawang putih, daun salam, cabai merah, dan lainnya. Memasaknya juga tidak sampai 10 menit!


Untuk membuktikan bahwa cara masak sayur pare agar tidak pahit ini memang works, Mama bisa coba sejumlah resep pare dari Dapur Umami. Semua resep yang kami miliki sudah teruji langsung kelezatannya!



https://www.freepik.com/photos/food'>Food photo created by jcomp - www.freepik.com