Membuat Puding Lumut Berbagai Variasi, Enaknya Nyegerin

Apa sih yang sampai membuat puding lumut atau moss pudding begitu viral di sosial media akhir-akhir ini? 

Puding merupakan salah satu dessert yang sangat ditunggu saat jamuan makan ataupun saat makan bersama keluarga di rumah Mama. Penggemar puding ini patut berbahagia karena variasi puding yang beragam, dengan rasa manis yang mendinginkan pencernaan, tidak salah bila menjadi kecintaan keluarga. 


Nah, kembali ke puding lumut, sebenarnya ada berbagai variasi dari puding lumut ini. Variasinya tidak hanya di rasa, tapi juga pada warna. Alhasil, selain memanjakan lidah juga memanjakan mata. 


So, sekarang saatnya Mama berkreasi di dapur, mencoba membuat puding lumut berbagai variasi yang pastinya anti gagal!


Puding lumut simple


pudding-g0f6be0a56_640.jpg

Puding lumut paling sederhana yang bisa di cup


Dinamakan puding lumut simple karena Mama tidak perlu terlalu ribet dalam menyiapkan bahan. Tetapi yang harus Mama perhatikan dalam setiap pembuatan puding lumut adalah step atau langkah memasaknya, yang membuat puding ini berhasil atau tidaknya.


Bahan utama untuk membuat puding ini yang harus ada adalah daun pandan, Mama perlu memblender 15 lembar daun pandan dengan air, lalu saring. Siapkan pula agar- agar plain atau tanpa warna sebanyak 2 bungkus, santan Kara, gula, dan tentunya telur 3 butir. 


Langkah membuatnya Mama perlu kocok lepas telur, masukkan kedalam air pandan.di dalam panci masukkan air, santan, gula dan agar-agar, nyalakan dan masak dengan api sedang. Masukkan campuran air pandan tadi, aduk rata, dan kemudian aduk sesekali saja. Masak terus hingga terbentuk lumut, dan matang. Diamkan hingga uap menghilang baru masukkan di cetakan. Puding lumut ini siap di nikmati sehabis makan nanti


Puding lumut coklat

Puding lumut ini tentu akan menjadi favorit si kakak, karena ada perpaduan rasa coklat yang pasti enak. Untuk bahan puding sekaligus cara membuatnya, Mama bisa melihat puding lumut simple di atas, hanya ditambahkan satu layer atau lapisan lagi setelahnya.


Untuk bahan lapisan coklat ini Mama perlu mempersiapkan susu kental manis coklat, agar-agar 1 bungkus, coklat bubuk, dan gula. Untuk membuatnya Mama hanya perlu mencampurkan semua bahan, lalu mulai nyalakan kompor, aduk-aduk hingga puding ini matang. Setelah puding ini hilang uapnya, siap dituangkan pada puding lumut yang telah didinginkan tadi. Tunggu hingga benar benar set di dalam cetakan, puding ini siap dihidangkan.


Puding lumut gula merah

Berbeda dengan dua puding lumut diatas, puding lumut yang satu ini berwarna coklat, warna ini didapatkan dari gula merah. Jadi pada resep puding lumut ini tidak menggunakan air pandan untuk campurannya.


Untuk membuatnya Mama perlu mempersiapkan bahan, yang tentunya sudah tersedia di dapur Mama. Bahan utama yang diperlukan tentu saja gula merah sebanyak 2 ons atau 200 gram, bila Mama tidak menemukan gula merah, Mama bisa menggunakan gula aren sebagai penggantinya. Gula merah ini selanjutnya Mama sisir halus dan sisihkan. Santan kental sebanyak 150 ml, atau Mama juga bisa menggunakan santan instan kemasan 65ml dan ditambahkan hingga 150 ml air. 2 butir telur (kocok lepas hingga tercampur rata, sisihkan), agar-agar plain atau agar putih, vanili, gula pasir sesuai selera.


Untuk membuatnya, Mama siapkan panci masukkan semua bahan diatas. Hidupkan kompor dengan api yang kecil, aduk sesekali agar lumut yang dihasilkan bagus. Setelah matang, matikan api. Setelah uap panas hilang, Mama bisa menatanya pada cetakan puding maupun cup kecil sesuai kebutuhan Mama. 


Dengan aneka variasi puding yang sedang hits ini, Mama bisa mengajak keluarga untuk rekreasi di rumah dengan kesegaran rasa dan tampilan puding lumut ini!