Artikel & Tips Kumpulan 3 Gulai yang Bisa Disantap Segera
Kumpulan 3 Gulai yang Bisa Disantap Segera

Kumpulan 3 Gulai yang Bisa Disantap Segera

21 Dec 2022, 17:12

Gulai memang cara masak yang cukup serbaguna. Bumbu-bumbu yang digunakan untuk memasak kuliner ini cenderung bisa dipakai untuk berbagai bahan. Kita bisa gunakan berbagai jenis bahan mulai dari ikan sampai daging kambing untuk membuatnya. Namun, terkadang tantangannya adalah bagaimana agar bisa segera disantap.


Hal ini memang satu tantangan karena agar nikmat, semua bumbu dan santan harus meresap ke dalam bahan utama makanan ini. Intinya, gulai yang berhasil membutuhkan waktu.

Tapi jangan kuatir, Mama. Di sini kita akan menengok beberapa resep gulai umami yang bisa membuat proses memasak jadi lebih efektif. 


Resep Kakap Panggang Saus Gulai ala Masako® 

Yang pertama ini sebenarnya bukan langsung berupa gulai seperti umumnya, namun saus gulai. Namun, tentu saja, sedikit maupun banyak tetap nikmat, asalkan dimasak dengan benar dan sudah meresap ke bahan. 


Dalam resep ini, yang menjadi bahan utama adalah ikan kakap. Untuk bumbu-bumbu gulainya, kita menggunakan paduan antara bumbu halus dan bumbu cemplung. Bumbu halusnya kita gunakan standar, yaitu cabe merah keriting, cabe merah besar, bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan kemiri. Bumbu yang langsung dicemplungkan antaralain santan, Masako® Rasa Ayam, dan garam dan gula. 


Karena gulai di sini lebih berupa saus, maka cara memasaknya pun dipisahkan antara bahan utama dan bumbunya. Untuk bahan utamanya, kita perlu taburi ikan dengan Masako® secukupnya dan kemudian menggorengnya dalam minyak panas. 

Untuk bumbu-bumbunya, kita perlu tumis semua bumbu halusnya. Ketika sudah harum, masukkan bumbu cemplungnya dan terus masak hingga saus matang. 


Lumuri kakap dengan saus gulai sebelum dipanggang


Selanjutnya, lumuri ikan kakap dengan saus gulai yang baru Mama buat dan kemudian panggang di atas teflon hingga kakap matang sepenuhnya. Saat menyajikan, tambahkan sayur kukus (seperti daun singkong atau bayam) sesuai selera dan tuangkan sisa saus di atas ikan kakap dan sayur. 


Saran penyajian


Wah, rumah makan Padang sudah pindah ke rumah tuh, Ma! Detail resepnya bisa dilihat di sini, Ma. 


Gulai Asam Daging 

Apakah mungkin membuat gulai asam? Nah, ini dia yang unik dan tidak banyak orang tahu. Jawabannya tegas: iya, sangat mungkin dan mudah dilakukan. Intinya adalah, kita menggabungkan antara bumbu gulai dengan bumbu sayur asam versi Sajiku® Bumbu Sayur Asam. 


Untuk membuat hidangan satu ini, Mama perlu mempersiapkan sejumlah bahan yang perlu dicatat, yaitu daging sapi, kol, cabai merah, cabai rawit merah, kecap manis, Sajiku® Bumbu Sayur Asam, minyak goreng, dan santan kental. 


Nah, cara membuatnya ini yang menyenangkan: super mudah. Pertama, iris-iris semua kol dan cabai. Selanjutnya, potong dadu daging sapi. Panaskan minyak goreng secukupnya dan masukkan daging sekaligus kol dan cabai. 


Kemudian, saat daging sudah berubah warna, masukkan bahan-bahan lainnya mulai dari tambah air dan tuang air, santan, dan Sajiku®. Aduk rata agar santan tidak pecah. Selanjutnya kita tinggal menunggu bumbu meresap dan melebur ke dalam daging. 

Kalau Mama ingin lihat proses memasak dan detail bahan-bahannya, ayo mampir ke resep Gulai Asam Daging ini.


Gulai Kambing Umami 

Nah, yang terakhir ini kita akan ketemu bahan yang biasanya membuat sebagian Mama agak grogi: daging kambing. Sebagian orang beranggapan bahwa memasak daging kambing itu agak tricky. Padahal, tidak semestinya begitu. Ini buktinya.


Untuk membuat gulai kambing umami ini, Mama perlu siapkan dulu semua bahannya, yaitu daging kambing, nangka muda, santan encer, saus sambal, kari bubuk, serai, daun salam daun jeruk, beberapa lembar daun jeruk, 1 sendok teh garam, dan AJI-NO-MOTO®. Semua bahan ini pasti sudah ada di dapur Mama. 


Cara membuatnya pun lancar dan tanpa basa-basi. Pertama, potong-potong daging. Kedua, masukkan semua bahan ke wajan, termasuk air dan tuang santannya. Ketiga, ketika sudah mulai matang, tambahkan AJI-NO-MOTO®. Keempat, tunggu sampai daging kambing cukup empuk dan semua bumbu matang dan meresap. 


Sambil menunggu, Mama bisa siapkan bahan pendampingnya: bisa nasi, roti canai, tortilla, atau bahan lainnya yang jadi kegemaran Mama dan keluarga. 

Kurang sederhana apa lagi ya, Ma? Daging kambing pun bisa mudah lho dengan resep gulai kambing umami ini


Demikian kumpulan 3 gulai yang bisa Mama sajikan untuk keluarga. Untuk resep gulai ayam padang dengan cita rasa lezat dari daging ayam, Mama bisa cek resepnya di sana.


Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.