Artikel & Tips Camilan Daging Sehat dan Bergizi untuk Teman Bersantai
Camilan Daging Sehat dan Bergizi untuk Teman Bersantai

Camilan Daging Sehat dan Bergizi untuk Teman Bersantai

22 Feb 2023, 15:02

Kata siapa daging merah nggak cocok jadi bahan untuk membuat camilan yang lezat? Kalau ada yang punya anggapan tersebut, Dapur Umami katakan bahwa itu salah besar. Kalau Mama tahu cara mengolahnya, daging merah juga bisa kok, Ma, bertransformasi jadi camilan yang lezat dan bikin nagih.


Untuk membuktikannya, Mama yang masih ragu bisa langsung menjajal satu per-satu resep yang kami punya. Tim Dapur Umami sih sudah menguji semua resepnya secara langsung. Hasilnya? Rasanya memang terbukti kok enak-enak. Kini, waktunya Mama mencobanya!


Resep Risol Daging Mayo ala Mayumi®

Kebanyakan, risol yang merupakan camilan asli Prancis ini punya isian aneka sayuran serta bihun. Kadang-kadang, ada juga yang berisi daging ayam. Padahal, yang perlu Mama tahu, sebenarnya daging sapi-pun cocok menjadi isian risol. 


Sebagai permulaan, buat dulu isian risolnya yang terdiri dari potongan daging asap, bayam, serta Mayumi®, aduk rata. Setelah itu, buat kulitnya. Adonan kulitnya bisa Mama buat dari campuran terigu, telur, garam, susu cair, serta minyak goreng yang digoreng dadar dalam wajan yang rata.


Kalau kulit sudah siap, taruh isian di dalamnya lalu lipat rapi. Sebelum menggorengnya, balut dulu risol dengan kocokan telur dan tepung roti untuk menghasilkan tekstur yang gurih dan menggugah selera. Mama bisa menyajikan resep risol daging mayo saat warna lapisan luarnya berubah jadi kuning keemasan.


Resep Lasagna Daging Mayo ala Mayumi®

Lasagna sejatinya hidangan yang fleksibel. Makanan ala Italia ini bisa jadi camilan sekaligus makanan berat. Namun yang jelas, kalau Mama ingin membuat camilan sehat bagi keluarga, resep dari Dapur Umami ini wajib Mama coba! Gampang kok bikinnya!


Selain menyiapkan pangsit rebus sebagai bahan lapisan lasagna, Mama perlu membuat saus berisi dagingnya. Cara membuatnya dengan menumis bawang bombay, daging sapi, saus tomat, dan seledri sampai matang. Kemudian, campurkan hasil tumisan dengan Mayumi® Pedas hingga merata.


Setelah itu, taruh pangsit dan adonan daging berlapis-lapis secara bertumpuk. Mama perlu tahu, lasagna punya ciri khas lapisan dan saus yang bertumpuk. Terakhir, lasagna daging mayo siap untuk Mama santap bersama keluarga!


Resep Pastel Daging ala Mayumi®

Pasti Mama sering dong memakan camilan yang popularitasnya di Nusantara sudah ada sejak zaman penjajahan ini? Pastel yang biasanya isinya aneka sayuran, bisa kok Mama taruh daging sebagai tambahannya. Ini nggak akan merusak rasa, bahkan malah bikin rasanya tambah enak dan tentu saja bergizi.


Sama seperti resep lasagna, pastel ala Dapur Umami juga bisa Mama eksekusi dengan menyiapkan kulit pangsit untuk membungkus adonan isiannya. Untuk isian pastel, siapkan tumisan bawang putih, daging cincang, wortel, gula pasir, serta merica. Saat matang, tumisan ini wajib Mama campurkan dulu dengan Mayumi®.


Saat membungkus isian dengan pastel, gunakan putih telur sebagai perekat agar pastel tidak bocor saat Mama menggorengnya. Untuk menambah nutrisi pastel daging ini, Mama juga bisa menambahkan potongan telur rebus di dalam pastel


Resep Daging Gulung ala Sajiku®

Kalau Mama mencari camilan yang paling praktis, rekomendasi terakhir dari Dapur Umami ini jawabannya! Daging kriuk dengan lapisan tepung yang bisa Mama makan langsung dengan cocolan sambal. Terbayang kan lezatnya?


Langsung saja, siapkan bahan-bahannya yakni daging sapi cincang, cornflakes, Sajiku® Tepung Bumbu, serta air es. Langkah pertama, campurkan daging dengan cornflakes dalam satu wadah, lalu aduk dan bentuk campuran keduanya menjadi oval. Kemudian, tusuk dengan stik es krim.


Setelah itu, siapkan dua wadah berisi Sajiku® kering dan Sajiku® basah yang menggunakan larutan air es. Kemudian, celup adonan daging ke adonan basah, balut ke adonan kering, lalu goreng sampai warna dan teksturnya berubah menjadi tampak crispy. Boleh juga siapkan sambal sebagai cocolan resep daging gulung ini.


Sepraktis-praktisnya membuat camilan sendiri di rumah, memang lebih praktis beli di luar sih. Namun yang perlu Mama ingat, dengan membuat camilan sendiri Mama bisa lebih bebas berkreasi dengan bahan bernutrisi dan memastikan prosesnya higienis. Jadi, yuk olah daging yang sudah Mama beli sekarang, Ma!


Oh ya, selain camilan daging, Dapur Umami juga masih punya aneka resep olahan daging lain yang tak kalah menarik!




Source of thumbnail: meal containing croquettes with bacon spinach by Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.