Bikin Nagih, 7 Keripik Tradisional dengan Cita Rasa Khas Indonesia

Cita rasa khas Indonesia tidak selalu dalam bentuk hidangan berat. Bisa juga dalam bentuk makanan ringan seperti keripik tradisional yang unik dan merakyat.

Keripik memang selalu bikin nagih. Apalagi kalau makannya sambil ramai-ramai dengan keluarga.

Bagi Mama yang sedang mencari cemilan untuk teman bercengkrama dengan keluarga, 7 keripik tradisional khas Indonesia ini bisa jadi inspirasi.


Keripik Singkong

sumber: https://www.freepik.com/free-photo/copy-space-unhealthy-chips-consume_7904904.htm#page=1&query=banana%20chips&position=26&from_view=keyword 


Keripik singkong merupakan cemilan sejuta umat yang hampir semua orang Indonesia pernah memakannya.

Gorengan kering dari irisan ubi kayu tipis-tipis ini memang terasa renyah dan cocok buat cemilan. Apalagi kalau sudah dapat campuran bumbu, bikin mulut nggak mau berhenti mengunyah.

Bumbu utama biasanya garam, gula, atau bubuk cabe. Karena itu, variasinya ada keripik singkong gula merah yang terkenal dari Makassar, juga keripik singkong Balado yang terkenal pedas khas Sumatera Barat.


Keripik Pisang

sumber: https://pixabay.com/photos/banana-dried-chips-food-fitness-3716092/


Selain singkong, keripik pisang merupakan cemilan tradisional Indonesia lainnya yang super populer.

Menggunakan bahan utama pisang, cara membuatnya tak jauh beda dengan keripik singkong. Meski begitu, rasa dasarnya yang manis membuat keripik ini punya cita rasa tersendiri.

Sebenarnya, keripik pisang selalu ada di berbagai daerah di Indonesia. Namun, yang paling terkenal memang dari Lampung, karena di sana ada daerah khusus penghasil keripik pisang.


Emping Melinjo

sumber: https://www.subpng.com/png-im1i9t/download.html 


Meski namanya emping, pada dasarnya ini adalah sejenis keripik juga, yang terbuat dari bahan dasar biji melinjo.

Biji melinjo yang mungil perlu melalui proses pemipihan dan penjemuran sebelum digoreng menjadi keripik. Cita rasanya yang sedikit pahit dan kesat di mulut membuat orang sulit berhenti ketika sudah mengunyah cemilan ini.

Seperti keripik pisang, sebenarnya cemilan ini ada di hampir seluruh daerah di Indonesia. Namun, produksi yang banyak di wilayah Pandeglang, Banten, membuat Departemen Perindustrian dan Perdagangan menetapkan emping melinjo sebagai snack khas daerah ini.


Keripik Talas

Seperti singkong, keripik ini berasal dari sejenis umbi-umbian yaitu Talas. Keripik talas berasal dari daerah Bogor karena ukurannya di sana cenderung lebih besar daripada talas di daerah lain.

Keripik talas memiliki rasa yang khas dan pati-nya tidak sekeras singkong atau melinjo. Karena itu, cemilan ini sangat cocok untuk segala usia dari anak-anak hingga kakek nenek.


Keripik Buah

sumber: https://unsplash.com/photos/qWQEeqrEsmw 


Mengonsumsi apel dalam bentuk buah atau jus mungkin sudah biasa. Akan tetapi, siapa sangka apel, nanas, bahkan semangka bisa juga jadi keripik.

Menggunakan teknologi vacuum frying, keripik buah tak kalah renyah dengan keripik lainnya. Selain itu, cita rasa buahnya pun masih jelas terasa di lidah.

Keripik yang lagi booming ini mulai dipopulerkan di Malang, dan dengan cepat jadi cemilan buah tangan khas kota tersebut.


Keripik Bayam

sumber: https://www.youtube.com/watch?v=RZUP0N44Ztk 


Selain pati dan buah, sayur juga bisa menjadi bahan keripik, terutama yang daunnya lebar seperti bayam.

Adonan tepung beras dan kanji yang sudah tercampur dengan bumbu menjadi perekat agar daun bayam mudah digoreng. Hasilnya, keripik bayam yang agak asin dengan aroma bawang yang gurih bisa menjadi cemilan yang bikin ngiler.

Keripik bayam sebenarnya ada di berbagai daerah. Tapi wilayah yang produksinya cukup besar ada di Batam dan Malang.


Keripik Paru

Selain keripik yang berasal dari tanaman, ada juga keripik cita rasa khas Indonesia yang berasal dari tubuh hewan, tepatnya bagian paru.

Keripik paru merupakan jenis keripik unik yang banyak terdapat di Salatiga dan menjadi oleh-oleh ciri khas daerah tersebut. 

Bahan utamanya berasal dari paru sapi yang telah melalui proses perebusan kemudian penjemuran/pemanggangan/pembekuan di freezer. Tujuannya agar tekstur paru tidak terlalu lunak dan dapat digoreng tanpa hancur.

Seperti bayam, paru sapi perlu campuran adonan tepung sebelum masuk ke proses penggorengan. Setelah digoreng, gurihnya paru bisa dipadukan dengan bumbu yang asin, manis, maupun pedas.

Itu dia 7 keripik tradisional yang memiliki cita rasa khas Indonesia. Di antara semua itu, mana yang menjadi favorit keluarga Mama?