Bikin Kenyang, 5 Makanan Diet Ini Bisa Menjadi Pengganti Nasi

Ingin hidup sehat dengan makanan diet untuk pengganti nasi? Inilah daftar makanan tinggi karbohidrat dan serat untuk diet. 


Memiliki tubuh yang sehat pasti jadi idaman Mama semua, namun kadangkala kita juga harus menyeimbangkan gizi makanan. Untuk memastikan bahwa diet yang sedang dijalankan tetap sehat bagi tubuh Mama, tentunya Mama harus mencari makanan diet yang pas. Tapi Mama tak perlu bingung mencari, karena cukup dengan mengganti nasi sebagai menu utama dalam makanan, makanan diet yang sehat sudah ditemukan!


Memakan nasi memang sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia sejak kecil. Bahkan ada anggapan jika tidak memakan nasi, maka tidak akan kenyang. Anggapan seperti ini tidak tepat, lho! Ada banyak makanan diet pengganti nasi yang bisa mengenyangkan juga. Baca yang berikut ini ya, Ma.


1.Jagung

Sama seperti nasi, jagung juga mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi. Selain mengenyangkan, kandungan antioksidan dan serat dalam jagung sangat cocok untuk Mama dalam menjalani program diet. Rebus jagung hingga empuk dan tambahkan sedikit garam agar terasa gurih. Konsumsi jagung rebus ini dengan lauk sehat lainnya.


2.Kacang Merah 

Kaya akan kandungan protein, vitamin, dan mineral, Mama bisa mencoba makanan diet yang satu ini. Kacang merah dapat diolah dengan direbus sampai empuk dan tambahkan penyedap rasa Aji-no-moto. Mama juga bisa tambahkan minyak zaitun agar lebih sehat untuk dikonsumsi. Selain itu, kacang merah juga sangat lezat diolah menjadi bubur. 


3.Kentang

Kentang pastinya sudah tidak asing sebagai makanan diet. Tingginya karbohidrat dan mudahnya mengolah kentang, menjadikan makanan diet yang satu ini sangat populer dikonsumsi banyak orang. Mama bisa merebus atau mengukus kentang hingga empuk serta menambahkan rempah-rempah agar lebih sehat. Jika ingin menggoreng kentang, sebaiknya gunakan minyak zaitun atau minyak sayur. Dengan begini, Mama juga akan terlindungi dari kolestrol tinggi.

 

4.Oats 

Oats, atau di Indonesia dikenal sebagai gandum, sangat praktis untuk dikonsumsi. Saat ini sudah banyak oats instan yang dijual, sehingga cukup mudah untuk mendapatkannya. Menjadi sumber serat dan karbohidrat, oats bisa membantu Mama dalam program diet. Campurkan air panas dengan oats, kemudian Mama bisa tambahkan buah-buahan seperti pisang, kiwi, atau stroberi, atau yogurt untuk lebih sehat lagi. 


5.Ubi 

Nah, makanan diet ini sudah sering disajikan sebagai cemilan di Indonesia. Tapi, tahukah Mama kalau ubi mempunyai kandungan protein dan kalori yang tinggi? Ubi bisa dijadikan opsi untuk makanan diet, diolah dengan direbus, dikukus, ataupun digoreng. Dari cara pengolahannya yang bermacam-macam tergantung selera, makanan diet yang satu ini pasti tidak akan membosankan. 


Itu tadi 5 makanan diet yang bisa menjadi pengganti nasi. Selain mengenyangkan, nutrisi yang dikandung bahan-bahan tersebut membuat makanan diet jadi lebih seimbang gizinya. Jangan sampai diet sampai membahayakan kesehatan ya, Ma. Dan untuk menambah kelezatan dan cita rasa, tamabhkan Aji-no-moto di tiap masakan. Yuk, kita coba!


sumber:https://www.pexels.com/id-id/foto/pedesaan-bahan-fotografi-makanan-havermut-9253396/