Artikel & Tips 5 Kebiasaan Makan-Makanan Sehat yang Wajib Dilakukan Setiap Hari!
5 Kebiasaan Makan-Makanan Sehat yang Wajib Dilakukan Setiap Hari!

5 Kebiasaan Makan-Makanan Sehat yang Wajib Dilakukan Setiap Hari!

18 Aug 2023, 11:08

Makan tidak boleh asal kenyang dan sembarangan lho karena bisa mempengaruhi status gizi dan kesehatan kita di kemudian hari. Makanan yang kita konsumsi sehari-hari hendaknya sehat dan bisa memenuhi kebutuhan gizi harian kita. Ada banyak sekali makanan yang tersedia di sekitar kita mulai dari fresh food, junk food, hingga berbagai macam snack. 


Dari banyaknya makanan yang ada tersebut, sebaiknya kita bisa bijak dalam memilih makanan apa yang akan kita konsumsi. Nah, artikel Dapur Umami kali ini akan mengulas tentang 5 kebiasaan makan makanan sehat yang bisa kamu jalani setiap harinya.


1. Jangan Melewatkan Waktu Sarapan

Sarapan adalah salah satu waktu makan yang penting. Sarapan menyumbang 20% dari total asupan energi dan zat gizi harian kita setiap harinya. Contoh, jika kita menggunakan kebutuhan kalori harian rata-rata orang dewasa sebesar 2000 kkal, maka sarapan menyumbang 400 kkal asupan energi kita saat pagi hari. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa sarapan punya banyak manfaat mulai dari meningkatkan daya ingat hingga produktivitas kerja. Yuk, biasakan sarapan setiap hari.


Artikel Terkait: Umami Bisa Bantu Kendalikan Asupan Garam pada Anak


2. Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan sumber serat pangan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan pencernaan. Tak hanya itu, buah dan sayur juga merupakan sumber antioksidan yang bisa membantu tubuh dalam melawan radikal bebas baik dari paparan makanan lain yang tidak sehat, tinggi lemak, hingga polusi udara. Jangan lupa konsumsi buah minimal 150 gram per hari dan sayuran minimal 250 gram per hari ya!


3. Bijak Garam

Bijak garam adalah kebiasaan makan yang juga perlu kamu terapkan sehari-hari. Pasalnya saat ini prevalensi hipertensi semakin meningkat. Tak hanya pada orang dewasa dan lansia saja, hipertensi sudah banyak menyerang usia yang lebih muda. Batasi konsumsi garam maksimal 5 gram per hari bisa dengan cara mengurangi penambahan garam dapur pada masakan di rumah, menggunakan bumbu umami, membiasakan membaca label gizi pada kemasan pangan hingga mengurangi makanan cepat saji. 


4. Hidrasi Sehat dengan Minum Air Putih 2.5 Liter per Hari

Terkesan mudah dan sederhana, ternyata minum air putih sesuai kebutuhan setiap harinya masih jarang dilakukan. Padahal bila kita cukup minum air putih maka kita akan memiliki status hidrasi yang sehat. Kebiasaan cukup minum air putih ini juga bisa mencegah kita agar tidak terbiasa mengkonsumsi minuman tinggi gula yang menjadi salah satu faktor risiko penyakit diabetes mellitus lho!


Artikel Terkait: Cara Mudah Menambah Sayur dalam Menu Makan Anak


5. Batasi Ngemil Tinggi Lemak, Gula, dan Garam Saat Malam Hari

Ngemil jadi salah satu pola makan bagi individu yang terbiasa begadang atau lembur mengerjakan tugas. Ternyata, kebiasaan ini nggak baik lho dibiarkan terus menerus. Saat malam hari, metabolisme tubuh jauh lebih lambat sehingga sebaiknya kamu nggak ngemil makanan yang tinggi lemak, gula dan garam saat malam hari. Kalau kamu lapar dan ingin bergadang, kamu bisa mengkonsumsi kopi tanpa gula dan apel agar tidak tidak banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh. 


Nah itu dia 5 kebiasaan makan makanan sehat yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain kebiasaan makan, jangan lupa untuk membiasakan berolahraga selama 30 hingga 60 menit setiap harinya ya agar tubuh tidak hanya sehat, namun juga bugar. Punya pertanyaan seputar makanan sehat atau diet agar bugar optimal? Yuk tanyakan saja pada Nutriexpert Dapur Umami.


Reference:
Diet Quality as Assessed by The Healthy Eating Index, Alternate Healthy Eating Index, Dietary Approaches to Stop Hypertension Score, and Health Outcomes: A Second Update of a Systematic Review and Meta-Analysis of Cohort Studies – Morze et al. (2020) - Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics. Retrieved 15 Agustus 2023. 
Makan Sehat Hidup Sehat – Cahanar (2006) – Jakarta (ID): Kompas Media Nusantara. Retrieved 15 Agustus 2023. 
Makanan Sehat Alami – Siregar et al (2007) – Jakarta (ID): Gramedia Pustaka Utama. Retrieved 15 Agustus 2023. 
Perilaku Profesional Terhadap Pola Makan Sehat – Nathaniel et al (2020) - Indonesian Business Review. Retrieved 15 Agustus 2023. 
50 Foods that Are Super Healthy – Gunnars K (2020) – Healthline. Retrieved 15 Agustus 2023. 
(NTR-HF)
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.