5 Cara Membuat Kuah Bakso dengan Masako®, untuk Bakso Apapun

Membuat kuah bakso sekarang lebih mudah. Siapapun bisa melakukannya dengan mengikuti cara di bawah ini.


sumber: https://www.pexels.com/photo/person-holding-silver-spoon-and-white-ceramic-bowl-with-soup-8743885/ 


Selain baksonya, kuah bakso juga berperan penting untuk menyempurnakan rasa. Jika tidak paham cara membuat kuah bakso yang pas, rasanya akan aneh dan kurang menyatu.


Sebenarnya untuk membuat kuah bakso yang lezat tidak terlalu sulit. Berkat adanya Masako dan AJI-NO-MOTO®, saat ini memasak kuah bakso yang sedap bisa dilakukan siapapun.


Yuk, simak cara membuat kuah bakso dengan Masako® berikut.


Kuah Bakso Jamur Sapi Sederhana


Bakso jamur sapi menggunakan bahan daging sapi giling, tepung tapioka, wortel serut dan jamur kuping dengan campuran soun.


Sajian ini menggunakan bumbu kuah bakso sederhana. Tak perlu banyak bumbu atau habis masa hingga 1 jam memasaknya. Mama hanya perlu menyediakan air, irisan seledri dan bawang goreng, serta Masako® Rasa Sapi.


Masako® Rasa Sapi sudah mengandung bumbu super lezat untuk segala olahan daging sapi. Jadi, tak perlu ada tambahan bumbu atau rempah lainnya.

Gunakan cukup 1 sachet untuk 500-600 ml air kaldunya. Kombinasi kelezatan bumbu Masako® Rasa Sapi dan bakso jamur sapi akan menggugah selera siapapun.


Sup Bakso Tahu


Sup Bakso Tahu menggunakan bahan utama tahu putih dan daging sapi giling sebagai isiannya.


Agar membentuk adonan bakso, daging sapi giling membutuhkan campuran telur, tepung kanji, bawang putih, dan lada. Setelah terbentuk adonan, tinggal menyisipkannya ke dalam badan tahu yang telah terbelah dua.


Kuahnya menggunakan resep kuah bakso spesial dengan bawang merah, bawang putih, merica, pala, dan kemiri. Selain itu, tentu Masako® Rasa Sapi tak boleh terlewatkan.


Agar lebih gurih, Mama juga bisa menggunakan tulang atau sumsum sapi untuk kaldu. Kemudian, jangan lupa pula taburan bawang goreng, seledri dan daun bawang agar semakin sedap.


Resep kuah ini juga bisa untuk soto daging sapi khas Jawa Timur.


Semur Bakso Ayam


Bakso tak melulu harus berpasangan dengan bihun dan mie. Membuat kuah bakso dalam bentuk semur juga tak kalah lezatnya dengan kuah tradisional. Untuk itu, Mama membutuhkan bakso ayam dan kentang sebagai bahan utama.


Bumbu halusnya cukup menggunakan bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Selanjutnya, kuahnya perlu tambahan kecap manis, garam, dan pala. Tak boleh ketinggalan pula 1 sendok teh AJI-NO-MOTO® atau Masako® Rasa Ayam.


Tumis bumbunya sampai harum, tambahkan air ¾ liter, masukkan semua bahan dan aduk merata. Jangan lupa untuk koreksi rasa supaya benar-benar pas di lidah.


Sup Oyong Bakso Ikan


Punya bakso ikan, tapi juga ingin mendapatkan gizi lengkap dari sayur? Sekalian saja buat kuah sup oyong bakso ikan.


Baik bahan maupun cara buatnya sangat sederhana. Bahan utamanya hanya bakso ikan dan oyong saja. Sedangkan kuahnya cukup dengan memakai bawang putih dan Masako® Rasa Ayam.


Sebelumnya, iris-iris dan tumis dulu bawang putihnya agar aromanya keluar. Setelah itu, tinggal menambahkan semua bahan dan air ¾ liter, serta Masako® Rasa Ayam.


Masak hingga matang dan santap selagi panas untuk kelezatan yang maksimal.


Sup Bakso Suki


Bakso suki merupakan olahan rebusan yang terbuat dari campuran tepung dan ikan atau olahan daging lainnya. Rasanya yang gurih membuat hampir semua orang di segala usia menyukainya.


Bakso suki juga bisa dimasak bersama sayur untuk memberikan gizi yang seimbang. Untuk membuatnya, Mama membutuhkan 1 set bakso suki, jamur kuping, dan sawi.


Sebagai kuahnya, cukup gunakan ¾ liter air, 1 sdm minyak goreng, irisan daun bawang, dan 1 bungkus Masako® Rasa Ayam atau Sapi.

Masak bahan dalam kuah mendidih selama 10-15 menit dan santap selagi hangat.


Itulah 5 cara membuat kuah bakso yang serbaguna dan bisa untuk jenis bakso apa saja. Mulai sekarang, tak perlu bingung akan dimasak apa jika punya bola daging tersebut. Hidangan ini seru juga untuk menyambut tahun baru bersama keluarga.