Artikel & Tips 3 Pilihan Makanan Diet Super Penjaga Imun
3 Pilihan Makanan Diet Super Penjaga Imun

3 Pilihan Makanan Diet Super Penjaga Imun

21 Dec 2022, 17:12

Motivasi utama seseorang memilih makanan untuk diet adalah biasanya untuk menurunkan berat badan. Namun, Mama pasti sudah paham sekali bahwa bukan itu saja gunanya. Ada kalanya makanan diet dipilih untuk tujuan-tujuan tertentu, dari pencegahan penyakit tertentu hingga penjaga imun. 


Di Dapur Umami, kita sudah banyak bicara tentang makanan diet untuk berbagai jenis pencegahan kondisi tertentu. Misalnya, kita punya versi pencegahan hipertensi, pengontrol gula darah, maupun pembentukan otot. 


Kali ini, seiring kebutuhan yang paling utama di masa ini, kita akan ajak Mama mengulik tiga jenis resep diet yang sangat bagus juga sebagai penjaga imun tubuh. Di masa ketika sudah hidup berdampingan dengan virus COVID-19, kekuatan sistem imun wajib selalu kita jaga. 


Ayo, Ma, kita mulai telusuri ketiga resep makanan diet andalan kita: 


Sayur Katuk Labu ala AJI-NO-MOTO® 

Inilah dia sayuran hijau yang memiliki reputasi sebagai kawan bagi ibu yang sedang menyusui. Setiap ada ibu yang sedang menyusui, selalu ada yang menyarankan untuk mengkonsumis daun katuk. Mungkin itu sebabnya tanaman ini masih ada bahkan di perkotaan. Tidak sedikit untuk yang menanam pohon katuk ini begitu ada sepetak lahan. 


Namun, popularitasnya sebagai pendongkrak produksi ASI ini bukan berarti dia tidak memiliki kekayaan gizi yang lain. Daftar gizinya bisa sangat panjang, mulai kandungan protein dan mengandung serat kasarnya yang tinggi, begitu juga dengan klorofil dan vitamin D dan C. Semua ini menjadikan katuk bahan penguat sistem imun yang manjur. 


Nah, kali ini, mari kita manfaatkan kekayaan daun katuk ini untuk membuat sayur labuh yang super segar. Untuk itu, Mama perlu mempersiapkan dulu bahan-bahan yang kita perlukan. Bahan utamanya adalah sayur katuk, jagung manis, dan labu siam. Untuk bumbunya, Mama perlu bawang merah, bawang putih, temu kunci, dan AJI-NO-MOTO®. 


Untuk membuatnya, pertama-tama labu siam perlu dipotong dadu. Untuk jagung, Mama bisa potong-potong sesuai selera. Selanjutnya, iris-iris duo bawang dan geprek temu kunci. Langkah ketiga, panaskan air dan masukkan semua bumbu iris dan labu serta jagung. 


Ketika labu dan jagung sudah cukup lunak, masukkan daun katuk. Terakhir, masukkan penyedap rasa andalan kita AJI-NO-MOTO® dan tes rasa dengan menambahkan garam dan gula. 


Makanan diet penghasil ASI dan penjaga imun


Hidangan sayur katuk labu ini sangat cocok dikonsumsi di pagi hari dengan ditemani tempe kukus yang dipenyet dengan sambal tomat. Level kepedasan sih sesuai selera, tapi level kenikmatannya dijamin deh sama! Kurang enak apa lagi coba? Segar iya, nikmat iya, penjaga imun iya! Untuk melihat video proses memasaknya, Mama bisa kunjungi alam resep Sayur Katuk Labu AJI-NO-MOTO® ini.


Ayam Panggang Yogurt

Resep kedua kita ini mengandalkan pada kenikmatan daging ayam yang dimasak dengan baluran yogurt. Namun, selain kedua kenikmatan itu, kita juga akan disuguhi sejuta manfaat yang ada di dalam yogurt. 


Sebelum masuk ke resep yang sangat sederhana ini, Mama mungkin perlu ingat bahwa yogurt adalah bahan makanan yang sangat serbaguna. Dia sangat kaya dengan protein (asalnya dari susu!), mengandung probiotik yang bisa membantu melancarkan pencernaan, serta yogurt juga memicu keluarnya hormon yang membuat kita awet kenyang. 


Nah, keunggulan terakhirnya itulah yang membuat yogurt sangat bisa diandalkan sebagai makanan diet, khususnya diet menurunkan berat badan. Dan uniknya ini tidak banyak diketahui. Yogurt kebanyakan dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan. 


Baik, Mama, ayo kita mulai membuat ayam panggang yang anti-mainstream ini. Untuk membuatnya, Mama perlu menyiapkan daging ayam bagian dada, yogurt, kunyit bubuk, ketumbar bubuk, pala bubuk, Masako® Rasa Ayam dan minyak goreng. 


Cara membuatnya cukup sederhana. Pertama-tama, siapkan daging ayam dengan memotongnya menjadi 4 bagian dan menyanyatnya agar bumbu lebih merasuk. 



Kemudian, campurkan yogurt, pala, ketumbar, kunyit, dan Masako® untuk dibalurkan ke seluruh ayam. Kalau ingin yogurt dan lainnya meresap, diamkan dulu ayam yang sudah dibaluri itu hingga beberapa saat. Baru terakhir Mama bisa memanggangnya di atas teflon yang diberi sedikit minyak. Untuk detail resepnya, Mama bisa mampir ke halaman Dapur Umami ini. 


Salad Wortel kaya Manfaat

Nah, yang ketiga ini benar-benar makanan diet sejak dari namanya. Bagaimana tidak, namanya saja “salad wortel” tanpa sedikit pun embel-embel daging atau karbohidrat. Betul, Mama, ini memang salad yang tidak perlu sama sekali dipanaskan. 


Wortel terkenal punya sejuta manfaat dari vitamin A, penguat tulang dan gigi, pendukung sistem imun, dan kaya serat. Hal ini menjadikannya kandidat yang cocok sebagai makanan diet yang sangat mendukung sistem imun. 


Perlu dimaklumi memang, salad mentah memang masih belum lama menjadi bagian dari makanan di Indonesia. Bahkan, itu pun banyaknya disajikan di restoran-restoran hotel yang memang banyak dikunjungi oleh pengunjung mancanegara. Dalam keseharian di rumah, masih jarang keluarga yang memanfaatkan kekayaan salad mentah. 


Namun, kalau mengingat manfaat yang bisa ditawarkannya, Mama patut juga menerapkan ini untuk keluarga. Apalagi kalau bahan-bahan yang dipakai dalam salad itu mendukung kesehatan dan penguat imun tubuh, kan? 


Jadi, mari kita awali dengan menyiapkan bahan-bahan pembuat salad wortel yang cepat dan sehat ini, Ma. Bahan-bahan yang Mama butuhkan adalah wortel segar, daun selada (yang juga dikenal sebagai “lettuce”), kismis, jeruk nipis, gula, garam, AJI-NO-MOTO®, dan minyak sayur atau minyak zaitun. 


Sebelum memasaknya, pastikan wortel dan daun selada dicuci dengan sebersih. Hal ini sangat penting karena kita sama sekali tidak akan memanaskan bahan-bahan ini. 


Langkah pertamanya adalah parut wortel dengan parutan yang agak kasar. Peras parutan wortel hingga wortel terasa lebih kesat atau kering. Parutannya boleh sekali lho diminum karena memang sangat kayak dengan vitamin A. Kemudian, campurkan semua bahan yang sudah mama siapkan. 


Daun selada boleh dipotong-potong agak kecil dan dicampurkan ke seluruh bahan. Atau, kalau Mama suka, daun selada boleh dijadikan alas untuk salad seperti di gambar ini: 


Makanan diet yang masih belum populer di Indonesia


Salad wortel ini cocok dikonsumsi sebelum mulai melahap menu utama sarapan makan malam. Salad ini juga mendukung agar Mama dan keluarga tidak perlu terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat di menu utama. Hasilnya: makanan diet!


Untuk melihat detail bahan pembuat si pendukung sistem imun ini, Mama bisa mengunjungi halaman ini.


Bagaimana daftar makanan diet kita kali ini, Ma? Dibarengi dengan konsumsi buah buahan, pastinya membangkitkan gairah dan rasa penasaran kan? Sampai jumpa di menu diet selanjutnya! 





Source of thumbnail: Shopping list, recipe book, diet plan. Diet or vegan food by bondarillia


Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.