Artikel & Tips 7 Tanda Stres yang Perlu Segera Disadari
7 Tanda Stres yang Perlu Segera Disadari

7 Tanda Stres yang Perlu Segera Disadari

27 Feb 2024, 11:02

Stres merupakan bagian dari respon alami tubuh terhadap tekanan fisik, emosional, maupun mental yang sedang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ketika stres berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan tidak ditangani dengan baik akan memberikan dampak merugikan mulai dari kesehatan fisik hingga mental. Oleh karena itu, penting untuk mengenali tanda-tanda ringan dari stres yang perlu disadari segera. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Gangguan tidur

Salah satu tanda stres yang umum dialami dan mudah dikenali adalah gangguan tidur. Ketika kita merasa stres maka pikiran akan sulit untuk tenang dan dapat mengganggu kualitas tidur. Mungkin sulit untuk bisa tertidur, sering terbangun di tengah malam, atau merasa tidak segar bahkan setelah istirahat dalam waktu yang lama. Jika kamu mengalami masalah tidur yang berkepanjangan, itu bisa menjadi tanda bahwa selama ini mengalami stres. 

2. Perubahan pola makan

Stres dapat mempengaruhi pola makan kita. Beberapa orang mungkin akan kehilangan nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan yang tidak sehat. Sedangkan yang lain mungkin mengalami peningkatan nafsu makan dan merasa sulit mengontrol asupan makanan. Perubahan drastis dalam pola makan ini dapat menjadi tanda bahwa dirimu sedang mengalami stres yang berdampak negatif pada penampilan fisik dan kesehatan ke depannya.

3. Gangguan emosional

Stres juga dapat menyebabkan gangguan emosional yang signifikan. Kamu bisa merasa cemas, gelisah, atau mungkin mudah marah tanpa alasan yang jelas. Bisa juga merasa sedih, tertekan, atau bahkan kehilangan minat pada aktivitas yang sebelumnya begitu dinikmati. Stres berkepanjangan dapat mengganggu keseimbangan emosional dan tentu akan mempengaruhi kualitas hidup sehari-hari.

4. Rasa kelelahan yang berlebihan

Tubuh kita memiliki reaksi beragam ketika menghadapi stres salah satunya dengan melepaskan hormon stres yang membuat diri selalu dalam kondisi siap siaga untuk bertindak. Namun, jika stres ini berlanjut dalam jangka waktu yang lama akan dapat menyebabkan kelelahan berlebihan. Bisa jadi kamu akan mengalami rasa kelelahan secara fisik dan mental sepanjang waktu, bahkan setelah istirahat cukup. 

5. Masalah konsentrasi 

Kemampuan konsentrasi dan fokus diri akan banyak terpengaruh ketika diri kita sedang mengalami stres. Sulit berkonsentrasi pada tugas harian, merasa mudah terganggu, hingga sering lupa adalah beberapa gejala ringan yang dapat memberi dampak pada pekerjaan, sekolah, dan kehidupan pribadi.

6. Gangguan fisik

Tekanan yang dialami tidak hanya mempengaruhi kesehatan mental saja, tetapi juga dapat berdampak pada kesehatan fisik. Beberapa tanda fisik saat sedang stres yang perlu diperhatikan termasuk sakit kepala, nyeri otot, gangguan pencernaan, dan peningkatan denyut jantung.

7. Perubahan perilaku sosial

Perilaku sosial kita juga dipengaruhi bagaimana situasi stres yang sedang dialami. Mungkin tanpa disadari merasakan sulit untuk bersosialisasi, mulai menarik diri dari teman dan keluarga, atau menghindari aktivitas sosial yang sebelumnya dinikmati. Perubahan perilaku sosial ini bisa berlaku tiba-tiba ataupun bertahap.

Artikel terkait: Ini Dia Bahaya Udara Kotor terhadap Makanan di Sekitar Kita

Itu tadi beberapa tanda-tanda ringan dari gejala stres yang harus segera disadari. Dengan mengenali tandanya, kita dapat mengambil langkah atau tindakan untuk menjaga keseimbangan mental dan kesehatan diri.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.