Artikel & Tips 5 Langkah Jitu Menyeimbangkan Kebutuhan Gizi Tubuh
5 Langkah Jitu Menyeimbangkan Kebutuhan Gizi Tubuh

5 Langkah Jitu Menyeimbangkan Kebutuhan Gizi Tubuh

10 Jun 2024, 15:06

Menjaga keseimbangan gizi dalam tubuh kita adalah pondasi utama untuk kesehatan jangka panjang. Sayangnya, masih belum banyak orang yang sepenuhnya memahami cara menjaga agar mencapai keseimbangan gizi optimal. Padahal jika seseorang mengalami kekurangan asupan gizi akan rentan terkena penyakit yang berakibat jadi kurang produktif. 

Untuk menjaga gizi yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi dengan baik tidaklah sulit. Cukup mencoba menerapkan lima langkah jitu berikut ini:

1. Membiasakan diri mengonsumsi aneka ragam makanan pokok

Sebagai individu yang aktif, kita membutuhkan beragam jenis pangan agar dapat memenuhi kebutuhan zat gizi pada tubuh. Termasuk untuk tidak mengabaikan konsumsi sayuran, buah, kacang-kacangan, daging, dan ikan.

2. Mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi

Konsumsi makanan dengan protein tinggi baik dari hewani maupun nabati memang terkenal akan memberikan manfaat baik untuk tubuh, termasuk melengkapi kebutuhan gizi seimbang. Jika bingung memilih jenis protein yang mudah diakses, dapat mencoba daging tanpa lemak dan ikan karena merupakan pilihan terbaik.

3. Banyak makan buah dan sayur

Bukan lagi rahasia umum jika sayur dan buah merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Kedua bahan tersebut mengandung vitamin dan mineral, serta serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap hari dan berperan mencegah berbagai penyakit. 

Apabila mengalami kesulitan dalam menentukan menu makanan yang mengandung protein dan/atau sayur, kamu dapat mengandalkan solusinya pada dapurumami.com seperti 3 resep ini:

 

Sup Ikan Bayam Mentega Beef Bulgogi ala SAORI®

4. Batasi konsumsi makanan manis, asin, dan berlemak

Makanan manis, asin, dan berlemak memang sangat menggoda selera. Namun, perlu mengingat efek jangka panjangnya yang memiliki risiko penyakit-penyakit tertentu jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh sebab itu, penting untuk mulai mengendalikan/membatasi diri dalam mengkonsumsi jenis makanan tersebut sehari-hari demi kualitas kesehatan lebih baik di kemudian hari.

5. Menjaga pola hidup sehat

Selain menjaga pola makan, penting juga untuk tetap aktif berolahraga dan cukup istirahat. Mulailah dengan berolahraga ringan, tetapi rutin setiap harinya. Atau menjaga rutinitas hari-hari serta mengelola stres untuk menjaga tubuh cukup beristirahat.

 

Menjaga keseimbangan gizi memang membutuhkan sedikit upaya dan disiplin diri. Namun, semua hal di atas merupakan investasi pada waktu dan energi yang akan sangat terbayar dengan tubuh lebih sehat, bugar dalam jangka panjang. Jadi, mulailah menerapkan langkah-langkah di atas setiap harinya untuk kesehatan optimal yang diimpikan.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.