Trik Masak Superfood untuk Menghilangkan Racunnya

Apakah mama tahu bahwa di antara sebagian sayuran yang sangat lezat dan bergizi itu terdapat juga racun? Memang racun ini bukan jenis yang sangat tinggi dan langsung berbahaya. Namun, yang namanya racun tetap harus sebisa mungkin dihindari. Untungnya, ada trik-trik masak yang bisa membantu mama menghilangkan atau mencegah racun ini.

Memangnya kenapa kita perlu masak sayur-sayur tertentu kalau mereka mengandung racun? Jawabannya mudah: karena mereka bergizi tinggi.

Namun jangan kuatir, mama. ada trik yang bisa dipakai untuk menghilangkan racun pada bahan-bahan yang bergizi tinggi..


Rebung

Rebung adalah bahan makanan yang sangat kaya gizi.Selain rendah kalori, rebung juga kaya akan tembaga dan vitamin B6. Tembaga adalah zat yang sangat besar manfaatnya untuk mendukung kesehatan sel darah merah. Oleh karena itu, rebung adalah makanan yang sangat bermanfaat. 

Namun, rebung memiliki potensi racun juga di dalamnya. Rebung memiliki kandungan glikosida sianogenik ketika masih mentah. Zat ini bisa menyebabkan keracunan seperti halnya keracunan sianida yang lain. 


Oleh karena itu kita perlu mengolah rebung secara khusus untuk menghilangkan kandungan racun ini. Cara yang banyak dipraktikkan di masyarakat adalah dengan mengiris tipis-tipis atau memotong seperti korek api dan merebus rebung sekitar sepuluh menit. Jangan lupa juga untuk menambahkan garam saat merebus. 

Dengan melakukan ini, kandungan glikosida sianogenik akan hilang. Baru kemudian mama bisa mengolah rebung, misalnya, untuk membuat sayur lodeh rebung yang lezat dan bergizi dengan menggunakan bumbu halus sederhana, daun salam, kemiri dan lain-lain seperti lodeh pada umumnya.. 


Pepaya Jepang

Jenis sayur kedua yang memiliki kandungan gizi tinggi adalah daun pepaya Jepang. Meskipun namanya pepaya jepang, tanaman ini asalnya bukan dari Jepang, tapi dari Yucatan, Meksiko. 

Pepaya jepang sangat dianjurkan dan bahkan dikenal sebagai superfood karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Sebut saja misalnya protein, kalsium, dan fosfor. Karena tingginya kandungan protein ini, pepaya jepang sebenarnya juga sangat dianjurkan ketika kita ingin membentuk tubuh. 

Yang perlu diwaspadai adalah bahwa tanaman yang dikenal sebagai spinach tree ini juga mengandung glikosida sianogenik. Konsumsi mentah atas daun ini bisa menyebabkan kita mengalami mual-mual dan penyempitan saluran pernafasan. 

Tapi mama tidak perlu kuatir karena glikosida sianogenik adalah zat racun yang bisa hilang dengan dipanaskan. Oleh karena itu, panaskan air dan ketika air sudah mendidih, masukkan daun pepaya jepang dan biarkan dalam air mendidih selama 15 menit. 

Setelah itu, mama bisa masak daun pepaya jepang ini dengan berbagai resep favorit untuk mendapatkan makanan yang lezat dan gizi yang tetap tinggi. Cara paling mudah adalah ditumis dengan kecap manis.

Karena adanya tahap khusus untuk menghilangkan racun, memasak rebung dan daun pepaya jepang membutuhkan waktu sekurang-kurangnya 30 menit dari awal hingga akhir.


Seledri

Seledri adalah bagian dari masakan kita sehari-hari. Dia membuat sop sayur kita terasa beraroma nikmat dan lezat. Selain rasanya ini, seledri juga kaya akan vitamin C, tembaga, dan kalsium. Kadungan ketiga zat ini terbilang tinggi di dalam seledri. Karenanya seledri nyaris selalu menjadi bagian dari diet kita. 

Sayangnya, meskipun awalnya tidak beracun, dia bisa beracun bila salah memasaknya. Senyawa nitrat yang ada di dalam seledri bila berubah menjadi nitrit saat kita memanaskannya. Oleh karenanya, ketika sudah selesai dimasak dan sudah memiliki kandungan nitrat, seledri tidak boleh dipanaskan lagi. 


Untuk mencegah ini, mama perlu trik khusus. Trik tersebut adalah dengan cara memperhitungkan dengan cermat sebanyak apa sayur yang kita masak dengan mengandung seledri. Pastikan bahwa sayuran tersebut bisa habis pada hari yang sama. Begitu masakan yang mengandung seledri sudah masak, dia harus habis pada hari itu juga. 

Dengan demikian, tidak ada lagi risiko nitrat yang dikandung seledri (yang mungkin sudah melebur ke seluruh masakan berubah menjadi nitrit. 

Ketiga trik ini mungkin terkesan sederhana. Namun, kalau mama benar-benar ingin yang terbaik bagi keluarga dalam hal gizi. Maka hal ini menjadi penting artinya dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Dengan demikian, mama bisa masak sesuatu yang bergizi tinggi tetapi bisa terhindari risiko yang tidak diinginkan.


sumber:https://pixabay.com/id/photos/rebung-tumbuh-makanan-bahan-makan-4968949/