Resep Masak Cepat Untuk Hectic Monday

Hari sabtu dan minggu kenapa terasa lebih cepat daripada hari yang lain yah Mam? Setelah 2 hari menikmati weekend, mengistirahatkan tubuh dari pekerjaan, dan bersantai. Kita harus segera kembali ke Hectic Monday alias senin yang sibuk.


Oleh karena itu Mama perlu mempersiapkan masakan rumahan yang cepat untuk keluarga, sehingga Mama tidak terlambat untuk beraktifitas maupun ke kantor. Berikut adalah beberapa resep masak cepat, hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit dalam membuatnya. Walaupun cepat, tetapi hidangan ini tetap akan menjadi favorit papa dan si kecil. 



Resep Masak cepat : Telur Puyuh Saus Asam Manis Favorit

Dalam satu butir telur puyuh, mengandung beragam vitamin dan mineral. Salah satu kandungannya yakni vitamin B12 yang baik bagi kesehatan syaraf dan pembentukan energi. Cocok untuk sarapan keluarga di Hari Senin.


Untuk membuat hidangan ini, ada beberapa bahan utama yang harus disiapkan. Bahan-bahan tersebut antara lain adalah telur puyuh (200 gr, rebus dan kupas), mentimun (100 gr, potong kotak), wortel (100 gr, potong kotak), dan nanas (100 gr, potong kotak). Selain bahan-bahan ini, siapkan juga minyak secukupnya untuk menumis.


Selain bahan utama, diperlukan juga bahan-bahan untuk bumbunya. Bumbu-bumbu tersebut antara lain bawang bombay (cincang halus), bawang putih (3 siung), Saori asam manis, tepung maizena (1 sendok saja dan larutkan dengan air), dan gula garam secukupnya.


Setelah semua bahan dan bumbu siap, Mama hanya perlu cara membuatnya. Yang pertama-tama dilakukan adalah goreng telur puyuh dalam minyak yang sangat panas hingga kuning kecoklatan. Tiriskan telur saat sudah kuning kecoklatan. 


Kemudian, masukkan wortel, nanas, dan timun ke dalam wajan. Dan ketika semua sayur sudah layu, masukkan juga larutan maizena,dan tunggu sedikit mengental. Terakhir, Mama perlu masukkan telur puyuh dan aduk aduk. Oh ya, Mama, angan lupa garam, gula, dan Saori saus asam manis. Matikan kompor, sajikan selagi hangat.



Pesmol ikan kembung segar

Pesmol ikan kembung ini selain mudah dimasak, dengan rasa yang gurih dan segar juga sangat cocok untuk makan siang keluarga. Namun, sebelum masuk ke cara memasaknya, mari kita lihat dulu apa bahan-bahan hidangan ini. Bahan utama resep ini adalah ikan kembung (gunakan 1 kg). 


Selain bahan utama, ada sejumlah bahan pelengkap yang perlu disiapkan. Bahan-bahan tersebut adalah cabe merah keriting (3 buah, potong menyerong) cabe rawit (10 biji, biarkan utuh), daun bawang (2 batang dan rajang panjang), tomat (2 buah, potong menjadi 4 bagian), daun salam dan jeruk (masing-masing 2 lembar), serai (1 batang, geprek ujungnya), lengkuas (1 ruas jari), santan kental (500 ml), minyak goreng untuk menumis, Masako secukupnya, dan Saori Saus tiram.

Selain bumbu-bumbuan ini, ada juga bahan-bahan bumbu halus yang perlu Mama siapkan. Bahan-bahan itu antara lain adalah: cabe merah keriting (5 buah), cabe rawit (5 buah), bawang merah (10 butir), bawang putih (4 siung), kemiri (4 butir) kunyit (1 ruas), dan jahe (1 ruas). 


Setelah semua bahan ini sudah siap, maka Mama tinggal mengetahui cara membuatnya. Pertama-tama, bersihkan ikan kembung dan lumuri dengan garam dan jeruk nipi menghilangkan aroma amis. Setelah itu, goreng ikan kembung namun jangan terlalu kering, Ma.


Jangan lupa juga haluskan bahan-bahan bumbu halus dengan diulek atau diblender. Setelah itu, panaskan wajan dengan sedikit minyak. Selanjutnya, tumis bumbu yang telah halus bersama daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas sampai bumbu harum dan matang.


Setelah itu, tuang santan kental sedikit- sedikit dan aduk agar santan tidak pecah. Beri garam, gula, masako rasa ayam, dan sedikit Saori saus tiram. Tes rasa, apakah sudah pas. Saori saus tiram ini cocok untuk semua jenis masakan, baik tumis maupun yang lainnya. Setelah mendidih, masukkan ikan kembung yang sudah digoreng sebelumnya.


Bersamaan dengan masukkan ikan kembung, masukkan juga cabe rawit utuh, potongan cabe merah keriting, beserta daun bawang sesuai selera. Tetap aduk rata. Tunggu sampai bumbu meresap ke ikannya dan kuah dari pesmol ini agak menyusut.


Terakhir kucuri dengan sedikit jeruk nipis, agar ada sensasi rasa segar dalam kuahnya. Setelah matang, segera hidangkan untuk makan siang.


Bagaimana, mama sudah siap mempraktekkan menu makan pagi dan makan siang untuk keluarga hari ini. Selamat beraktifitas untuk hari Senin Mam. Kalau menu cepat favorit mama apa, bisa share ke Dapur Umami.