Rahasia Cara Membuat Nasi Goreng Abang-Abang yang Simpel

Penasaran nasi goreng abang-abang kok terasa lezat, ya? Ternyata ini rahasia cara membuat nasi goreng kaki lima yang mengundang selera.


sumber: https://unsplash.com/photos/hQwmOKmSSLY 


Sudah bukan rahasia bahwa membeli nasi goreng dari abang-abang yang biasa mangkal punya cita rasa unik. Tak heran banyak yang mencoba meniru resep cara membuat nasi goreng abang-abang tersebut.


Padahal, sebenarnya resep nasi goreng kaki lima tersebut sangat simpel. Mama bisa mencoba panduan resep berikut untuk membuat nasi goreng enak yang tak kalah lezat dengan warung pinggir jalan.


Nasi Dingin

Rahasia pertama dalam resep nasi goreng abang-abang pinggir jalan adalah menggunakan nasi dingin. Bahkan, beberapa ada yang sengaja menggunakan nasi yang matang dan dingin sejak siang untuk dijual malam hari.


Jadi, sebenarnya kurang tepat jika Mama menggunakan nasi yang baru matang atau nasi yang baru diangkat dari Magicom.


Tekstur nasi yang masih hangat tersebut cenderung lengket, kurang nge-pyar sehingga tidak cocok untuk digoreng. Hasilnya, bumbu jadi kurang bercampur sehingga sebagian mungkin terasa asin, sebagian lainnya tidak.


Akan lebih baik juga jika jenis berasnya adalah beras pera yang memang tidak mudah lengket satu sama lain. Porsi untuk 1 orang biasanya menggunakan 3 centong nasi putih atau sekitar 300 gram.


Bahan Gurih

Rahasia kedua adalah tambahan bahan spesial untuk membuat masakan lebih gurih. Bahan spesial ini bisa beda-beda, tergantung ketersediaan dan kebiasaan di tiap daerah.


Ada yang menggunakan totole/kaldu jamur, minyak bawang, udang ebi, hingga terasi. Intinya, supaya nasi gorengnya punya cita rasa khas, unik, dan gurih.


Adapun bumbu dasarnya seperti biasa, berupa bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe, lada, dan garam. Mama juga bisa menambahkan bawang bombai untuk menambah keharuman dan memperkaya rasa nasi goreng.


Tumis Sebelum Halus

Rahasia selanjutnya adalah menumis bumbunya terlebih dahulu sebelum menghaluskannya.


Mengingat abang-abang tukang nasi goreng butuh banyak bumbu, biasanya mereka membuatnya sekaligus banyak di awal. Jadi, agar bumbu lebih awet dan tidak mudah busuk, maka perlu ditumis terlebih dahulu.


Selain itu, menghaluskannya pun dengan blender agar bisa sekaligus banyak. Karena itu hasilnya juga tidak terlalu halus, tapi tetap bisa menebarkan aroma dan menerbitkan rasa yang menggugah selera.


Meskipun sudah mengalami penumisan, saat menggunakannya, bumbu tersebut juga ditumis lagi terlebih dahulu. Ini agar membangkitkan aromanya lebih kuat.

Baru setelah itu nasi masuk dan kecap serta garam dan lada untuk koreksi rasanya.


Bahan Pelengkap

Selain dari bumbu, yang membuat cita rasa nasi goreng abang-abang terasa lezat adalah adanya kondimen atau bahan pelengkap yang tepat.


Bahan pelengkap tersebut memberikan kekayaan rasa sekaligus nuansa yang terasa “pas banget” untuk nasi goreng. 


Di antara kondimen tersebut berupa suwiran daging ayam dan telur dadar atau mata sapi sebagai lauk. Selain itu, ada pula taburan bawang goreng, kerupuk, dan acar atau potongan timun dan tomat untuk cita rasa yang lebih sempurna.


Bumbu Instan

Selain menggunakan bumbu racikan sendiri, Mama juga dapat menggunakan bumbu instan Sajiku® Nasi Goreng Rasa Pedas (20g).


Bumbu ini sudah mengandung semua bumbu untuk nasi goreng, lengkap dengan bahan gurihnya. Jadi, Mama tak perlu lagi menghaluskan bumbu apapun.


Cukup menambahkan kecap dan bumbu instan Sajiku® Nasi Goreng Rasa Pedas (20g) setelah memasukkan nasi ke wajan. Rasanya terjamin, khas resep nasi goreng kampung yang selalu bikin ketagihan.


Tentunya, jangan lupa untuk menyiapkan bahan pelengkapnya seperti telur, kerupuk, dan acar secara terpisah.


Nah, tak perlu penasaran lagi dengan cara membuat nasi goreng abang-abang. Semua rahasianya sudah jelas. Jika masih ragu, Mama bisa mengikuti Resep Nasi Goreng Kampung dari Dapur Umami berikut.