Mari Ketahui Kenapa Daging Sapi Digemari

Daging sapi mudah didapatkan di mana-mana, mulai supermarket mewah sampai tukang sayur keliling kompleks. Tapi, masih banyak lho yang tidak akrab dengan jenis daging ini. Dalam tulisan ini, Mama akan mendapat gambaran lengkap tentang daging sapi, mulai dari definisi dan ciri-cirinya, kandungan gizinya, maupun resep sederhana memakai bahan ini.


Jenis-jenis Daging Sapi 

Daging sapi adalah daging merah yang paling populer. Saking populernya, ketika orang menyebut “daging,” biasanya yang dimaksud ini, bukan daging ayam atau daging kambing. Daging merah lainnya yang juga banyak di pasaran adalah daging kambing, daging domba, daging bebek, dan daging angsa. Tapi tidak semua toko punya daging-daging ini.


Tapi, ada banyak jenisnya. Jenis daging sapi ditentukan oleh dari bagian tubuh mana dia diambil. Beberapa jenis yang nyaris selalu bisa ditemukan adalah: 


1.Has dalam atau tenderloin. Bagian yang diambil dari punggung sapi ini sangat lembut dan tanpa lemak. Karenanya, bagian ini banyak digunakan untuk membuat steak. Inilah bagian yang paling mahal.

2.Has luar atau sirloin. Bagian ini termasuk lembut tetapi masih mengandung lemak. Sebagian orang suka steak yang sedikit berlemak dan lebih gurih. Has luar inilah yang dipilih. 

3.Gandik atau topside. Bagian memiliki tekstur yang padat dan mengandung sedikit lemak. Kalau ingin memasak rendang atau rawon, bagian inilah yang Mama cari.

4.Tanjung atau rump. Bagian ini adalah campuran dari otot dan lemak. Rasanya sangat gurih. Bagian ini sangat cocok untuk digunakan membuat sate. 


Perlu diketahui bahwa harga daging sapi berbeda-beda tergantung jenis bagiannya. Dengan mengenali jenis-jenisnya, Mama tidak akan bingung saat beli daging sapi di supermarket atau tukang sayur. Pastinya, dengan mengetahui ini, tidak ada lagi memasak daging sapi yang salah. 


Kandungan

Daging merah, termasuk di dalamnya daging sapi, memiliki kandungan vitamin dan mineral lebih tinggi dari daging putih. Memang, pada dasarnya baik daging merah maupun daging putih memiliki kandungan berbagai jenis vitamin, utamanya vitamin B. Namun, khusus vitamin B12, kita bisa menemukan lebih banyak di daging merah daripada di daging putih. 


Begitu juga dengan mineral. Mineral seperti seng, kalium, dan zat besi bisa ditemukan lebih banyak pada daging merah. Kandungan-kandungan ini sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu zat-zat ini penting sekali. Kandungan zat-zat ini bagus untuk tubuh kita.


Namun, dalam hal lemak, daging merah juga punya lebih banyak daripada daging putih. Karena itulah, konsumsi terlalu banyak juga kurang dianjurkan. Intinya, daging sapi lebih kaya nutrisi tetapi juga lebih kaya lemak. 


Perjuangan Gordon Ramsay Mengenal Rendang 

Indonesia kaya dengan berbagai kuliner daging sapi yang bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Tentu banyak juga resep mancanegara dengan daging ini yang digemari di Indonesia.


Yang paling terkenal adalah rendang. Makanan ini pernah terpilih di CNN sebagai makanan paling lezat di seluruh dunia, the world’s most delicious food


Ketika Gordon Ramsay mengadakan acara di Indonesia bersama National Geographic, yang dia incar adalah rendang. Bersama William Wongso, Gordon Ramsay menjelajahi tanah Minang untuk mencari daging sapi terbaik untuk memasak rendang terbaik. 


Rendang dibuat dengan daging sapi terbaik 


Setelah disebutkan di awal tadi, pasti Mama sekarang sudah tahu bahwa yang dibutuhkan untuk membuat makanan kegemaran Gordon Ramsay ini adalah gandik.


Masakan yang juga populer adalah teriyaki. Untuk membuat makanan dari Jepang ini, yang dibutuhkan adalah daging sapi rendah lemak. Untuk ini, Mama bisa memilih daging has atau gandik. Pada dasarnya, bahan untuk teriyaki tidak jauh berbeda dengan bahan untuk rendang dan rawon. 


Semoga tulisan singkat ini bisa memberikan gambaran awal buat Mama. Dengan pengetahuan dasar ini, Mama bisa tahu bagian-bagian yang dibutuhkan untuk membuat masakan favorit keluarga. 


Jadi, sudah siap beraksi di dapur dengan salah satu jenis daging sapi? 


sumber:https://pixabay.com/id/photos/rendang-makanan-bahasa-indonesia-6393322/