Ide Masak Untuk Memukau Kolega di Acara Family Gathering

Akhir pekan ini Mama ada undangan family gathering di kantor Mama atau Papa? Lalu Mama bingung harus masak apa untuk acara tersebut. Family gathering sendiri merupakan acara yang dilakukan oleh kantor maupun instansi untuk mempererat rasa kekeluargaan, saling mengenal, dan ajang berkumpul yang ciamik. 

Untuk itu, masakan yang lezat akan menjadi pusat perhatian setelah seharian melakukan aktivitas dan berkumpul bersama. Yuk mam, intip beberapa ide masak ini dan memakainya untuk memukau para kolega dan keluarga!


Nasi Mentai ala Mayumi

Mari kita mulai dengan yang lagi viral: nasi mentai. Nasi jepang yang satu ini begitu digemari karena paduan telur ikan dan mayonaise yang dicampur dengan nasi. Jadi bisa dibayangkan betapa gurihnya, plus mengenyangkan. 

Memang sih tidak mudah mencari telur ikan pollock (seperti pada nasi mentai asli Jepang). Tapi, ada lho Mama cara yang bisa membuat kita bisa merasakan sensasi kuliner serupa nasi mentai. Jawabannya ada pada paduan Mayumi saus pedas dan Mayumi orisinal.

Plus jangan lupa tambahkan proteinnya untuk menggantikan nutrisi yang biasanya diisi oleh telur ikan. 

Salah satu contoh yang bisa dijadikan inspirasi adalah Nasi Mentai ala Mayumi di Dapur Umami ini. Di sini, alih-alih menggunakan telur ikan pollock, Mama diajak menggunakan sosis sapi. Dan, cara membuatnya pun bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. 

Untuk Nasi Mentai ala Mayumi ini, yang Mama butuhkan adalah nasi (300gram), Mayumi Saus Pedas (100 gram), Mayumi Original (40 gram), dan sosis (2 biji). 

Cara membuatnya secara singkat bisa dibagi ke dalam tiga bagian. Pertama, kita perlu campurkan semua bahan utama, yaitu nasi, sosis (diiris-iris), Mayumi Pedas (40 gram), dan Mayumi original (40 gram). Campurkan semua bahan ini hingga merata. 

Langkah kedua, masukkan campuran ini ke wadah tahan panas (sejenis Pyrex). Tambahkan sisa Mayumi Pedas di atasnya. 

Terakhir, kita perlu memanaskan ini dengan menggunakan oven atau di dalam panci dengan sedikit air di dasarnya seperti yang ada di gambar berikut

Dijamin deh Mama akan di-”judge” up-to-date!


Nasi goreng lombok ijo

Nasi goreng lombok ijo ini cocok untuk menu utama dalam family gathering. Membuatnya tidak perlu ribet, dan sangat sederhana. Untuk membuatnya Mama perlu mempersiapkan nasi putih, beberapa lembar daun jeruk, dan teri yang sudah digoreng renyah. 

Untuk bumbu halusnya, blender saja bawang merah, bawang putih, cabe hijau, dan cabe rawit hijau, disesuaikan dengan level kepedasan yang diinginkan.

Cara memasaknya, tinggal tumis saja bumbu halus dengan minyak hingga wangi. Tuangkan nasi putih, aduk rata. Jangan lupa untuk perasanya tambahkan gula, garam, dan AJI-NO-MO-TO®. Sajikan dengan telur, teri, dan kerupuk.


Bakwan sayur kriuk

Bakwan sayur ini cocok untuk cemilan, teman pendamping saat ngobrol dengan rekan yang lainnya. Untuk membuatnya, campurkan Sajiku® tepung bumbu bakwan krispi, dengan wortel, kubis, tauge dan bawang putih yang telah dihaluskan dalam wadah. 

Aduk dan pastikan rasanya sudah pas, goreng sedikit demi sedikit dalam minyak panas, gunakan minyak goreng dalam jumlah banyak agar bakwan bisa mengembang. Bakwan kriuk ini cocok disajikan bersama petis dan cabe rawit.

Mama tentu sudah tidak bingung lagi kan dalam menentukan masak apa untuk acara ini, kini saatnya Mama mempersiapkan baju apa yang pas dan chic, agar Mama tampil stunning di family gathering kantor papa.