Bagaimana Cara Membuat Bumbu Sate yang Enak

Meskipun satenya sudah empuk dan enak dikunyah, tapi kalau bumbunya gagal, rasanya pasti kurang nendang. Padahal sayang banget, membuat sate itu tidak murah kan, Ma?


Nah, supaya Mama nggak mengalami pengalaman seperti di atas, Dapur Umami bakal memberikan cara bikin beberapa bumbu sate yang enak khas Indonesia. Jaminan anti gagal deh!


Cara Membuat Bumbu Sate Kacang


Bumbu terkenal khas Madura ini mungkin yang paling populer di Nusantara. Rasanya yang khas, akan semakin nikmat jika berpadu dengan teksturnya juga yang tepat.


Pilih dan Goreng Kacang dengan Benar!

Kacang tanah adalah bahan utama bumbu ini. Usahakan, cari yang bentuknya masih utuh, cerah, serta memiliki kulit ari mulus. Itu tandanya, kualitasnya bagus.


Saat menggoreng kacang tanah di wajan berisi minyak, aduk-aduk kacangnya agar merata dan tidak ada bagian yang gosong. Satu lagi, jangan pakai minyak bekas, karena bisa membuat kacang berwarna hitam dan nanti hasilnya kurang sedap.


Jangan Lewatkan Komponen Satupun Rrempahnya

Bumbu kacang asli Madura, menggunakan sejumlah bumbu. Supaya rasanya lezat, jangan lewatkan satupun.


Rempahnya terdiri dari cabai merah, kemiri, bawang merah, bawang putih, dan daun jeruk. Kemudian goreng sampai matang, kecuali kemiri cukup setengah matang. Oh ya, untuk daun jeruknya tak perlu Mama goreng, ya!


Lalu, giling kacang dan semua rempahnya menjadi satu adonan.


Masak sampai Bumbu Kental dan Mengeluarkan Minyak

Langkah terakhir, siapkan kuali untuk memasak bumbunya. Sebelum adonan dimasukkan, tuang dulu air. Kemudian, saat adonan dan air mulai mendidih, beri gula merah, garam, serta penyedap secukupnya. 


Lalu, aduk-aduk terus sampai bumbu mengental dan mengeluarkan minyak. Selama proses ini, tetap fokus mengaduk dan jangan biarkan bumbu jadi menggumpal. 


Saat semuanya sudah kental dan minyak kacang keluar semua, itu tandanya bumbu sudah matang dan siap Mama sajikan bersama sate!


Cara Membuat Bumbu Sate Padang

Kuah bumbu sate padang tak kalah enaknya dengan sate kacang. Kalau Mama mau mencobanya, ikuti cara berikut ini!


Siapkan Semua Bahan, Jangan Terlewat!

Langkah awalnya, siapkan bawang putih, bawang merah, jahe, dan kunyit, lalu giling atau ulek semuanya hingga halus. Selanjutnya, tumis hingga harumnya keluar lalu masukkan serai, daun salam, serta ketumbar bubuk.


Sambil menumis dengan api kecil, siapkan cabai giling halus untuk Mama tambahkan ke dalam tumisan bumbu. 


Manfaat Daging atau Tulang Ayam untuk Kaldu!

Hal yang khas dari bumbu ini adalah rasa serta aroma kaldu, yang bisa Mama hadirkan dari daging atau tulang ayam. Mama bisa memasukkannya ke dalam tumisan, sambil menambahkan air agar efek kaldunya muncul. 


Campurkan Bumbu Pengental agar Semakin Nikmat!

Kunci bumbu sate yang kental pada bumbu sate padang ada pada campuran tepung terigu, tepung beras, serta air yang mama campurkan. Adonan ini, bisa Mama tambahkan setelah proses yang kedua. 


Selanjutnya, aduk-aduk terus hingga kuah bumbu mengental. Untuk menambah aroma, di tahap akhir ini, tambahkan juga irisan daun bawang.


Cara Membuat Bumbu Sate Sederhana & Praktis ala SAORI

AJI-NO-MOTO®, sejak berdiri 1909, selalu berusaha menghadirkan pengalaman memasak dan mengkonsumsi makanan terbaik bagi penduduk dunia. Salah satu caranya, dengan mengeluarkan berbagai produk bercita rasa umami, seperti SAORI® Saus Teriyaki.


Dengan produk ini, Mama punya alternatif ketika ingin membuat bumbu sate, tapi lama-lama di dapur. Berikut ini dua resep teruji Dapur Umami yang menggunakannya dan dapat Mama praktekkan.


Resep Sate Ayam


Campurkan SAORI® bersama mentega, minyak wijen,serta bawang putih cincang untuk menjadi bumbu oles. Lalu, oles ke potongan ayam yang hendak Mama jadikan sate. Proses mengolesnya baik sebelum dipanggang, maupun saat proses memanggang.


Resep Sate Kambing


Untuk membuatnya, Mama cukup siapkan mangkuk berisi potongan daging kambing, lalu siram dengan SAORI® Saus Teriyaki. Kemudian, bungkus dalam daun pepaya kira-kira sekitar 60 menit. 


Terakhir, masukkan daging ke dalam tusukkan, panggang, dan hidangkan. Kalau mau lebih nikmat, bisa Mama tambah dengan kecap dan acar.


Hayoo, dari berbagai cara membuat bumbu sate yang sudah Dapur Umami bagikan, mana yang menarik minat Mama? Coba deh tanya dulu suami atau anak kalau bingung. Kira-kira, mereka mau yang mana?