Ayo panen gizi daun kelor lewat 3 resep ini

Salah satu sayuran lokal yang paling banyak ditemui di masakan rumahan adalah daun kelor. Di pedesaan, banyak kita temukan pohon-pohon kelor yang tumbuh di halaman. Kini, kelor populer lagi. Di perkotaan, kelor mulai banyak dijual di pasar tradisional.


Semua ini berkat pengakuan WHO dan pakar bahwa kelor adalah “pohon ajaib” atau superfood

Karena itu, tidak ada salahnya lagi kalau kita eksplorasi lagi bahan makanan yang sudah menjadi bagian dari budaya kita sehari-hari ini.


Dalam artikel ini, kita akan menengok beberapa resep yang membuat kita bisa memanen gizi kelor secara maksimal. Tentu kita akan mulai dari yang paling sederhana dan lanjutkan hingga ke yang paling hits. 


Sayur Bening Daun Kelor

Di antara berbagai olahan daun kaya gizi ini, sayur bening adalah yang paling populer dan paling mudah dibuat. Di tempat lain, ada juga yang menyebutnya Sayur Kunci karena yang dipakai untuk pemberi rasa di sini adalah rimpang temu kunci yang punya rasa segar itu. Setiap remaja yang belajar memasak di rumah pasti diajari membuat sayur ini. 


Bahan-bahan yang diperlukan untuk sayur ini terbilang sangat mudah dan fleksibel. Yang paling utama adalah daun kelor yang dilepaskan dari ranting-ranting besarnya, duo bawang merah dan bawang putih (secukupnya), temu kunci (seruas jari), daun salam (bila ingin), AJINOMOTO®, dan gula-garam.


Kalau di kulkas ada manisa, gambas, bunga kelor, atau jagung, boleh juga ditambahkan di sini. Atau, kalau ada bunga kelor, lebih bagus lagi!

Cara memasaknya pun nyaris bisa dilakukan sambil nonton drakor.


Intinya, masukkan bumbu-bumbunya ke air yang mendidih dan baru kemudian masukkan daun kelornya. Kalau Mama berniat menggunakan jagung atau manisa, pastikan untuk memasukkan keduanya terlebih dahulu dan memastikan sudah lunak sebelum memasukkan kelornya. 


Mudah banget, kan, Ma? Ini ada gambar dari resep sederhana di Dapur Umami yang bisa dijadikan inspirasi.


Sayur bening daun kelor dengan jagung manis


Sayur Bobor Daun Kelor

Kalau yang kedua ini punya cita rasa yang berbeda dengan sebelumnya. Seperti Mama tahu, sayur bobor adalah sayur yang menggunakan santan, sehingga cenderung lebih kaya dan gurih rasanya. Begitu juga dengan bobor kita kali ini. 


Untuk membuat sayur bobor daun kelor, Mama membutuhkan setidaknya dua kelompok bahan. Pertama, untuk bahan utama, Mama membutuhkan daun kelor satu ikat, santan, dan sayuran lain. Biasanya, sayuran lain yang cocok di sini adalah wortel karena selain bergizi nantinya bisa menghasilkan sayur yang secara estetik menarik karena ada warna oranye. 


Bahan kedua adalah bumbu-bumbunya. Selain duo bawang, Mama juga membutuhkan seruas kencur, kemiri (2 buah), dan ketumbar (1 sendok teh). Nah, sudah bisa dibayangkan rasa bakal seperti apa kan, Mama? Ya, rasanya akan gurih dan kaya. 


Cara membuatnya juga super simpel. Pertama, panaskan air sambil masukkan wortel sekalian. Sambil menunggu air mendidih, haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan. Setelah bumbu halus siap, langsung masukkan ke air sambil menunggunya mendidih.


Ketika wortel sudah separuh masak dan air sudah mendidih, masukkan kelor. Satu menit kemudian, masukkan santan dan biarkan air mendidih untuk terakhir kalinya. 

Sayur bobor daun kelor pun siap!


Telur Dadar Daun Kelor

Nah, yang terakhir ini cocok buat yang tidak punya banyak waktu tapi ingin tetap sehat: telur dadar atau omelet. Sebenarnya sih yang ini tidak terlalu beda dengan telur dadar atau omelet yang biasa Mama buat. Bedanya cuma satu: Mama ikut masukkan daun ajaib sejuta gizi ini ketika membuatnya. 


Kalau ingin membuat telur ini lebih menarik, Mama bisa tambahkan kacang polong atau wortel dadu. Kuncinya di sini adalah Mama perlu merebus sebentar bahan-bahan ini hingga setengah matang sebelum mencampurkannya ke dalam telur dadar. 


Telur dadar daun kelor memang kilat (boleh lah disebut fastfood), tapi kandungan gizi kelor tetap bisa kita panen di sini. Apalagi, proses memasaknya pun tidak terlalu lama. Jadinya, gizinya masih cenderung tetap bertahan di sana. 


Gimana, Mama? Sebenarnya ada berbagai macam kan cara memanen gizi dari daun kelor yang disebut WHO sangat kaya gizi ini?