Apa yang Diperlukan untuk Resep Makanan Sehari-hari?

Bahan-bahan apa saja sih yang kita butuh untuk resep makanan sehari-hari? Pertanyaan semacam ini pasti muncul sebelum berangkat belanja rutin. Selain itu, ketika tahu akan sangat sibuk dalam satu dua minggu ke depan, mama harus memastikan stock dapur aman. Nah, jawabannya sebenarnya tidak terlalu sulit.


Sumber karbohidrat sehari-hari

Apapun kondisinya, sumber karbohidrat harus ada paling atas di daftar belanjaan. Yang jadi pertanyaan tinggal sumber karbohidrat seperti apa yang dibutuhkan anggota keluarga. Nasi putih dan roti adalah dua hal yang paling diakrabi di konteks Indonesia. Bila anggota keluarga ada yang hidup dengan diabetes, maka bisa ditambahkan beras merah, jagung, atau pisang sebagai sumber karbohidrat. 


Sumber protein

Untuk kebutuhan resep makanan sehari-hari, setiap pergi berbelanja Mama harus meluangkan waktu khusus untuk menghitung sumber protein. Idealnya, sumber protein ini memiliki variasi. Selain untuk kebutuhan gizi yang seimbang, variasi diperlukan agar tidak bosan. Setidaknya, ada protein hewani dan nabati. Protein hewani idealnya juga berbagai ragam, mulai daging merah, daging putih, ikan, dan tentu saja telur. 


Untuk sumber nabati, jangan lupakan kearifan lokal kita: tempe dan tahu. Tempe dan tahu mendapat pengakuan sebagai sumber protein nabati paling bagus lho. Kata “tempe” sudah menjadi kosakata keseharian di kalangan komunitas vegan di seluruh dunia. 


Pilihan protein untuk berbagai resep makanan sehari-hari


Bahan Sayur Bening

Agar menu sehari-hari bisa bervariasi, Mama perlu berbelanja untuk dua jenis sayuran. Sayur bening seperti sayur sop, sayur asem, sayur taoge, dan sejenisnya adalah kelompok yang mudah dan cepat dibuat. 


Ada beberapa yang wajib Mama beli untuk sayur bening. Wortel, buncis, bayam, kacang panjang, cabai rawit, cabai merah, dan kubis. Kalau ingin lebih variatif, bisa juga disertakan taoge, sawi hijau, maupun daun kelor. Bahan-bahan ini bagus untuk berbagai resep masakan sederhana. Sayur bening selalu berhasil membuat sarapan lebih nikmat. 


Bahan Sayur Berkuah Santan

Untuk kenikmatan makan yang terasa lebih kaya rasa dan gurih, ada kalanya perlu mencoba berbagai resep makanan sehari-hari yang mengandung santan. Sayur berkuah santan sangat cocok dinikmati degan olahan ikan. Karena itulah belanja sayur-mayur untuk kebutuhan ini juga tidak boleh dilewatkan. Bahan-bahan ini juga bisa dipakai untuk membuat berbagai resep masakan nusantara.


Apa saja sayur yang dibutuhkan untuk membuat sayur berkuah santan? Banyak sekali yang bisa dicoba untuk ini. Yang paling populer adalah nangka muda, pepaya muda, labu siam, atau daun singkong. Rebung atau selada air juga bisa dimasukkan daftar belanjaan bila memang tersedia di pasar tradisional atau supermarket langganan. 


Buah-buahan lokal atau musiman

Untuk kebutuhan vitamin dan serat, buah-buahan tidak boleh terlewatkan dari daftar belanjaan sehari-hari. Banyak sekali buah-buahan lokal atau musiman yang memenuhi semua kebutuhan vitamin dan serat Mama dan keluarga. 


Setidaknya, buah-buahan yang dibeli ini perlu terdiri dari dua jenis, yaitu buah-buahan yang kaya vitamin A dan buah-buahan yang kaya vitamin C. Untuk sumber vitamin A, mama perlu selalu berbelanja pepaya, semangka, mangga atau buah-buahan berwarna kemerahan lainnya yang sedang musim. 


Untuk vitamin C, Mama bisa berbelanja jeruk kupas, melon, nanas atau buah-buah lokal lainnya yang tersedia di pasar. Selain memenuhi kebutuhan akan vitamin, buah-buahan ini juga memenuhi kebutuhan akan serat. 


Penyedap Rasa

Selain lima kelompok makanan di atas, ada satu lagi yang tidak boleh terlewatkan, meskipun kita butuh tidak butuh banyak. Penyedap rasa memperkuat rasa gurih berbagai masakan kita atau sekadar koreksi rasa. Mungkin tidak setiap berbelanja Mama perlu membeli penyedap rasa. Tapi, sebelum berangkat berbelanja, mama perlu memastikan bahan ini tersedia. Kecap manis, saus tiram, dan kaldu bubuk masuk kelompok ini.


Enam kelompok makanan ini wajib ada dalam daftar belanjaan. Kalau semuanya masuk daftar belanjaan, Mama bisa memasak berbagai jenis makanan sehari-hari untuk keluarga. Dengan variasi ini, Mama bisa mencoba berbagai resep makanan sehari-hari untuk 1 bulan. Selamat belanja, Mama! 


sumber:https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-steak-769289/

sumber:https://pixabay.com/id/photos/makanan-salad-mentah-wortel-1209503/