5 Menu Lokal Lidah Internasional Cocok untuk Manjakan Tamu - Dapur Umami

5 Menu Lokal Lidah Internasional Cocok untuk Manjakan Tamu

Indonesia memang mempunyai beraneka ragam dan berbagai jenis makanan khas Nusantara. Bahkan beberapa hidangan Indonesia telah mendunia. Rempah-rempah yang menjadi kunci rahasia masakan orang Indonesia menjadi daya tarik tersendiri di lidah pecinta kuliner, baik lokal maupun bule. Apa saja menu makanan lokal lidah internasional yang memanjakan para bule? Simak paparan selengkapnya di sini. 


5 Menu Lokal yang Menggugah Selera Lidah Warga Non Indonesia

Beberapa sajian menu masakan Nusantara memang sudah mendunia, namun tidak semua cocok dengan lidah warga asing. Pasalnya, kebanyakan warga Indonesia menyukai makanan yang serba pedas. 


Namun ini tidak menutup kans untuk mendunia, lho. Buktinya, ada beberapa makanan Indonesia yang terkenal di dunia, meskipun ada sedikit penyesuaian agar diterima oleh lidah internasional. Berikut daftar kuliner Nusantara yang diterima oleh lidah internasional dan populer di dunia. 


Rendang


Lezatnya makanan khas daerah Sumatera Barat ini memang bukan rahasia lagi, bahkan sangat populer di dunia. Olahan daging ini memang punya cita rasa unik yang khas bahan bahan rempah Indonesia. Tidak heran jika tahun 2011 rendang masuk ke dalam 50 jajaran makanan terlezat. 



Nasi Goreng


Makanan lain yang cocok dengan lidah internasional adalah nasi goreng. Kuliner yang berbahan dasar nasi bercampur bumbu rempah ini cukup populer di antara warga negara asing. 


Menu ini memang cocok disantap dalam segala kondisi dan kapan saja. Menariknya, nasi goreng hadir dengan berbagai varian, misalnya nasi goreng jawa, nasi goreng ijo, nasi goreng ayam, atau lainnya.  


Tidak heran jika banyak bule yang menyukai nasi goreng. Terlebih lagi, cara membuatnya pun kini tidak ribet, sejak hadirnya bumbu nasi goreng instan Sajiku®. Mama cukup menyiapkan nasi putih dan beberapa topping tambahan. Mama wajib coba Resep Nasgor Keju Sajiku®, nih. Soal rasa tentu jangan diadu, karena sudah pasti juara. 



Tempe


Tempe yang merupakan hasil fermentasi kedelai ini menjadi salah satu makanan populer di kancah internasional. Bahkan oleh-oleh berbahan tempe sangat diburu oleh turis asing, lho. Seperti keripik tempe, brownies tempe, dan lainnya. 


Meskipun demikian, tempe goreng tetap menjadi favorit warga asing, terutama yang tinggal di London, Inggris. Bahkan di negara tersebut terdapat “Warung Tempeh “ berlokasi di Street Food, yang menyajikan menu olahan tempe.  


Tempe goreng memang menjadi favorit lidah internasional. Kini, dengan Sajiku® bumbu praktis tahu dan tempe goreng, Mama bisa menyajikan tempe goreng tanpa bahan lain. Perpaduan ketumbar dan rempah lainnya tentu pas di lidah keluarga. 



Soto Ayam


Soto ayam juga termasuk dalam kuliner Indonesia yang cukup populer dan menggugah selera warga asing. Kuliner ini tersedia dalam beragam jenis dan menjadi menu khas daerah. Keanekaragaman ini membuat kuliner Nusantara semakin berwarna. 


Apalagi ada Sajiku® bumbu soto ayam yang praktis dan cocok untuk masakan rumahan. Cita rasa khas soto sangat lengkap, sehingga memudahkan Mama membuatnya. 


Sate Ayam


Makanan yang mudah Mama temukan saat melancong ke luar negeri adalah sate ayam. Bahkan, di Jepang juga terdapat restoran dengan menu sate ayam ini. Tak hanya warga Indonesia yang mencicipinya, masyarakat Jepang pun tak kalah. Sate ayam menduduki peringkat ke-14 dalam daftar Makanan Terlezat versi CNN.

 

Di Indonesia sendiri ada banyak jenis sate ayam dengan cita rasa khas daerah masing-masing. Seperti halnya soto ayam atau nasi goreng. 


Menu lokal lidah internasional di atas menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia itu kaya budaya dan rempah-rempah. Kekayaan inilah yang membuat masakan Indonesia populer di dunia. Di Indonesia sendiri, ada banyak resep kreasi dengan merupakan fusion dari budaya lokal dan internasional. Kira-kira, Mama mau mencoba masak apa hari ini?




Source of thumbnail: Rendang atau Randang adalah Makanan Paling Lezat di Dunia by Ika Rahma