Artikel & Tips 8 Cara Efektif Mengatasi Stres
8 Cara Efektif Mengatasi Stres

8 Cara Efektif Mengatasi Stres

26 Feb 2024, 12:02

Stres adalah bagian tidak terelakkan dari kehidupan manusia yang penuh dengan berbagai tekanan hidup. Jika tidak ditangani dengan baik, stres dapat berdampak buruk juga pada kesehatan fisik dan kestabilan mental kita. Untungnya, ada banyak cara yang dapat ditempuh atau diterapkan untuk mengatasi stres seperti beberapa langkah efektif berikut ini:

1. Mulai mengatur waktu dan prioritas

Salah satu penyebab stres yang umum adalah terlalu banyak tugas yang harus diselesaikan dalam waktu terbatas atau populer dengan multitasking. Tidak semua orang cocok dan mampu melakukan multitasking tanpa menimbulkan efek samping seperti kelelahan atau stres.

Mengatur waktu dengan bijak dan menetapkan prioritas dapat membantu mengurangi stres. Buat jadwal harian atau mingguan yang teratur termasuk mengalokasikan waktu untuk pekerjaan, istirahat, dan rekreasi. Dengan cara ini, kamu dapat menghindari penumpukan tugas dan memberikan diri waktu untuk bersantai serta memulihkan diri.

2. Olahraga dan aktivitas fisik

Ternyata kegiatan fisik dan olahraga adalah cara yang efektif untuk mengatasi stres dalam diri. Ketika bergerak, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati serta mengurangi stres. Temukan kegiatan fisik yang kamu nikmati seperti berlari, berenang, bersepeda, yoga, dan lakukan secara teratur.

3. Mendengarkan musik

Musik memiliki kekuatan untuk mengubah suasana hati dan menurunkan tingkat stres. Dengarkan musik yang disukai, terutama jenis yang menenangkan seperti klasik atau instrumental. Coba luangkan waktu untuk mendengarkan musik setiap hari, terutama ketika merasa stres.

4. Menghubungi teman atau keluarga

Berpikir bahwa harus bisa menangani semua masalah sendirian ternyata dapat meningkatkan level stres seseorang. Jangan ragu untuk mencari dukungan dari teman atau keluarga terdekat yang dipercaya. Berbagi perasaan, mengobrol, atau sekadar mendengarkan dapat membantu meredakan stres dan memberi perspektif baru tentang situasi yang dihadapi. Jadi, jangan merasa malu atau sungkan untuk meminta bantuan dari orang terdekat.

5. Mengatur pola makan dan istirahat yang baik

Pola makan yang buruk ditambah kurang tidur dapat memperburuk situasi perasaan. Pastikan kamu makan makanan sehat yang memberi energi yang cukup atau mulai memasak sendiri dengan menu-menu sehat dari Dapur Umami. Jaga pula pola tidur lebih teratur salah satunya dengan hindari makanan yang mengandung kafein atau gula berlebih, karena dapat mempengaruhi kualitas tidurmu.

6. Melakukan hobi atau aktivitas menyenangkan

Melibatkan diri dalam hobi atau aktivitas yang kamu nikmati prosesnya dapat membantu mengalihkan pikiran dari stres serta memberi kepuasan emosional. Cari waktu untuk dapat melakukan hal-hal yang kamu sukai seperti membaca, menulis, berkebun, membuat prakarya, melukis atau mungkin bermain musik. Kegiatan yang dilakukan dan membuat hari tenang ataupun senang dapat membantu meredakan ketegangan yang sedang dihadapi.

7. Belajar mengelola pikiran dengan baik

Penting juga untuk mengelola pikiran dengan baik agar tidak terjebak dalam siklus negatif yang akan meningkatkan stres. Melatih pikiran untuk berpikir positif dan fokus bersyukur dengan pencapaian yang sudah didapatkan. Cari tahu teknik manajemen stres yang sesuai dengan dirimu seperti visualisasi, afirmasi positif, atau jurnal harian. Melatih kesadaran diri dapat membantu mengurangi stres dan fokus pada momen sekarang tanpa terlalu merisaukan tentang masa depan. Apabila kesulitan menemukan cara yang sesuai, kamu dapat mencari bantuan kepada profesional seperti psikolog.

8. Mengatur batasan dan delegasikan tugas

Memiliki terlalu banyak tanggung jawab dan tugas yang ditangani sendiri dapat menyebabkan stres berlebih. Penting untuk mulai belajar mengatur batasan diri dan mendelegasikan tugas kepada orang lain jika memungkinkan. Jangan ragu untuk meminta bantuan atau menolak permintaan tambahan yang tidak dapat ditangani. Cegah tambahan beban dan kelelahan dengan mengenai kemampuan diri dan mengatur prioritasmu dari sekarang.

Artikel terkait: Tips Menghadapi Stres di Tempat Kerja

Walaupun stres sebenarnya merupakan bagian alami dari kehidupan, tetapi jika tidak ditangani dengan baik akan memberikan dampak yang merugikan diri sendiri. Coba terapkan cara-cara di atas dalam kehidupan sehari-hari dan rasakan perubahan positif yang dialami!

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.