PT AJINOMOTO INDONESIA Raih Penghargaan MURI dengan Meluncurkan MSG AJI-NO-MOTO® Kemasan Kertas

Sampah plastik adalah jenis sampah anorganik, sampah jenis ini tidak dapat diuraikan begitu saja. Penguraian sampah plastik diperlukan waktu sekitar 50-100 tahun lamanya.


Berdasarkan data The World Bank 2021, Indonesia menghasilkan sekitar 7,8 juta ton sampah plastik setiap tahun. Sebanyak 4,9 juta ton sampah plastik tidak dikelola dengan tepat, misalnya tidak dikumpulkan, dibuang di tempat pembuangan terbuka, atau bocor dari tempat pembuangan sampah yang tidak dikelola dengan baik. 

Penelitian dari UC Davis dan Universitas Hasanuddin yang dilakukan di pasar Paotere Makassar menunjukkan 23% sampel ikan yang diambil memiliki kandungan plastik di perutnya. Jika diolah dengan baik, sampah plastik daur ulang dapat menghasilkan keuntungan sebesar Rp 16.379.472 per bulan dari produksi 48 ton sampah plastik. (Sumber: Indonesiabaik.id)

Pemerintah Indonesia setiap tahunnya melakukan berbagai upaya guna menurunkan jumlah sampah plastik, salah satunya dengan menerapkan kebijakan pelarangan penggunaan kantong plastik sekali pakai di pasar tradisional, minimarket dan supermarket sejak Juli 2020.


Bertepatan dengan Hari Bumi Internasional, 22 April 2022 kemarin. PT AJINOMOTO INDONESIA terus berinovasi dan berkomitmen mendukung pemerintah untuk mengurangi penggunaan plastik, salah satunya dengan meluncurkan produk MSG AJI-NO-MOTO® yang menggunakan kemasan kertas (paper packaging). Perusahaan mengambil langkah nyata dalam aksi pelestarian lingkungan dengan melakukan modifikasi, yaitu mengurangi penggunaan plastik dan menggantinya dengan kertas pada kemasan produk. “Dengan inovasi AJI-NO-MOTO® Paper Packaging ini, kami dapat mengurangi penggunaan plastik hingga 30%. Selain itu, kami juga mengurangi penggunaan plastik pada produk lainnya seperti: Masako® sejumlah 8,4% dalam setiap kemasan 9gr dan Sajiku sejumlah 9,5% di setiap kemasannya. Dengan diluncurkannya MSG AJI-NO-MOTO® Paper Packaging ini, kami juga mendapatkan rekor MURI sebagai bumbu MSG pertama di Indonesia dengan kemasan yang ramah lingkungan” jelas Putri Astriani, Brand Manager PT Ajinomoto Indonesia.


Saat ini, AJI-NO-MOTO® kemasan kertas dapat ditemukan di Official Store Ajinomoto pada berbagai platform E-Commerce, seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli.com, dan Shopee. Lebih lanjut, produk AJI-NO-MOTO® kemasan ramah lingkungan juga dapat dibeli di supermarket area Pulau Jawa seperti AEON, Lulu Market, Yogya, Diamond hingga All Fresh.


Melalui langkah-langkah tersebut, PT AJINOMOTO INDONESIA berharap dapat menginspirasi banyak pihak untuk melakukan gerakan lainnya yang bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan.