Cara Membuat Kuah Mie Ayam Gurih Dan Murah

Yang membuat mie ayam khas dan berbeda dengan banyak olahan mie lainnya adalah kuah dan kaldu ayamnya yang legit. Pasti tidak sedikit diantara Mama yang sudah dari dulu ingin tahu cara membuat kuah mie ayam yang khas ini.


Yang tidak semua orang ketahui adalah bahwa ada cara murah untuk membuat kuah mie ayam yang gurih. 


Dengan olahan mie yang gurih, kita bisa tambahkan topping apa saja, khususnya ayam, sayur, pangsit atau lainnya. Dan hasilnya pun tidak ada ada lawan. Kuah mie ayam inilah yang membuat rasa mie ayam semakin umami. Dalam artikel ini kita akan membahas cara membuat kuah mie ayam yang gurih dan tentu saja murah. Ikuti hingga akhir ya ma!


Kuah Mie Ayam Gurih, Hati-Hati Ketagihan

Kuah mie ayam gurih yang satu ini sangatlah mudah dan murah lho, Ma. Karena kita akan memanfaatkan kaldu tulang ayam. Untuk mengeluarkan rasa gurih dari kaldu ini akan menambah rasa nikmat dari mie ayam.


Bahan yang diperlukan untuk membuat kuah mie ayam yang gurih ini tentu saja setengah kilogram tulang ayam, gunakan tulang ayam bagian dada. Jangan lupa air kurang lebih 2 liter. 


Untuk bumbu yang dihaluskan, Mama perlu siapkan 8 siung bawang putih, 5 butir bawang merah, seruas jahe yang sudah dibakar, daun bawang, dan sedikit minyak untuk menumis. Haluskan dengan blender atau bisa juga Mama pakai cara tradisional: ulekan.


Cara membuat kuah ini adalah: siapkan 2 liter air dalam panci dan masukkan tulang ayam. Rebus hingga mendidih. Bila ada kotoran dan busa dalam kaldu Mama bisa ambil dan saring. Dengan begitu, kaldu yang dihasilkan jadi bersih dan bening. Langkah selanjutnya tentu saja Mama tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi dengan sedikit minyak. 


Pastikan bumbu sudah harum dan matang, agar rasa bumbu tidak langu. Bila bumbu sudah matang, masukkan kedalam kaldu. Masukkan juga gula, garam, lada, dan AJI-NO-MOTO®. Didihkan kembali kaldu yang sudah dicampur bumbu.


Untuk penyajiannya, dalam mangkuk tata mie, sayur, topping ayam, dan pangsit. Siram dengan kuah kaldu yang baru saja Mama buat. Nikmati dengan acar mentimun, sambal, dan kerupuk pangsit. 


Hati-hati: ini mengandung ketagihan ya, Ma.


Kuah Mie Ayam Khas Solo, Siap Menggoyang Lidah

Kuah mie ayam khas Solo ini cenderung gurih dan berempah. Bahan yang diperlukan memang cukup banyak, tapi yang paling utama tentu Mama memerlukan tulang ayam kurang lebih satu kilogram. Untuk bumbu yang dihaluskan, siapkan trio bawang (bawang bombay, bawang merah, bawang putih), kunyit, dan jahe (yang telah dibakar sebentar). 


Agar kuah semakin sedap, Mama bisa siapkan sereh, lengkuas, SAORI® saus tiram, daun jeruk, gula, garam, dan lada bubuk.


Step pertama dalam cara membuat kuah mie ayam khas Solo ini adalah sebagai berikut: Mama siapkan wajan, tuang sedikit minyak untuk menumis, dan kemudian masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Tumis hingga harum dan bumbu matang, dan sisihkan terlebih dahulu. 


Untuk selanjutnya, masukkan air kurang lebih dua liter ke dalam panci dan juga tulang ayam yang sudah dipersiapkan. Rebus hingga mau mendidih, masukkan bumbu yang telah ditumis, dan tambahkan bumbu pelengkap lainnya. Tes rasa untuk memastikan. Bila sudah pas, tutup panci. Rebus kuah mie ayam ini dengan api kecil hingga matang.


Untuk menyajikannya, dalam mangkuk masukkan minyak ayam, lalu mie basah yang sudah direbus, aduk aduk hingga rata. Setelah menata topping mie ayam dan sayurannya, tuangkan kuah mie ayam. Mie ayam pun siap menggoyang lidah keluarga Mama.


Kuah mie ayam dengan menggunakan tulang ayam ini sangat mudah untuk dicoba bukan? Begitulah cara membuat kuah mie ayam sesuai selera yang gurih dan murah, Mama. Untuk resep yang lain, bisa Mama cek di sini.