Aneka Resep Olahan Kangkung untuk Sehari-Hari, Dari Tumis, Kuah, hingga Cemilan!

Murah dan menyehatkan. Kombinasi kriteria keduanya membuat kangkung sempurna Mama jadikan menu harian favorit di rumah. Namun agar tak membosankan, Mama bisa gunakan aneka resep olahan kangkung dari Dapur Umami berikut ini!


Tumis Kangkung ala SAORI®


Resep kangkung dengan teknik tumis itu memang basic. Namun, Mama bisa membuatnya spesial jika menggunakan resep olahan kangkung saus tiram SAORI®.

Untuk bumbu, Mama bisa tetap gunakan resep umum seperti bawang merah, bawang putih, ebi, dan cabe merah sebelum memasukan kangkung. 


Bedanya, setelah menuangkan sedikit air, selain menuangkan garam, gula, dan merica, Mama perlu tuangkan juga SAORI® Saus Tiram. Kombinasi asin dan manis khas gula karamel dalam SAORI® bisa menambah kaya rasa tumis kangkung yang Mama buat. 


Untuk menambah nutrisi, Mama bisa campurkan jamur merang atau telur puyuh dalam tumisan.


Plecing Kangkung ala AJI-NO-MOTO®


Plecing bisa jadi pilihan utama untuk Mama yang mencari resep olahan kangkung selain tumis. Ciri khas sajian ini terletak pada pengolahan bumbu halus dan kangkung yang terpisah.


Proses membuatnya bisa Mama awali dengan merebus kangkung serta tauge. Jika sudah layu, tiriskan terpisah.

Untuk bumbunya, Mama perlu menghaluskan terlebih dahulu terasi bakar, kemiri yang sudah disangrai, bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit. Selanjutnya, simpan dalam wadah dan tuangkan garam, air jeruk, serta AJI-NO-MOTO® secukupnya.


Jika semua sudah selesai, Mama bisa mulai plating dengan menyiram bumbu di atas rebusan kangkung dan tauge. Plecing sangat cocok jika Mama lengkapi dengan lauk pauk lauk lain seperti ayam bakar. Mama bisa cek juga aneka resep ayam bakar di Dapur Umami.


Kangkung Bunga Pepaya ala SAORI®


Jika Mama dan keluarga suka hidangan berkuah, resep ini patut Mama praktekkan. Penggunaan bunga pepaya dalam kuah bukan hanya memperkaya aroma hidangan, namun juga kaya memberi manfaat medis yang lebih.


Sebelum mengolah kangkung, Mama mulai dengan merebus bunga pepaya dengan air garam untuk menghilangkan rasa pahitnya selama 15 menit. Sambil menunggu bunga pepaya tiris, Mama bisa olah kangkungnya.


Dalam wajan berisi minyak, tumis bawang putih, bawang merah, serta cabai merah hingga harumnya menguar. Selanjutnya masukkan air, bunga pepaya, dan kangkung secara berurutan. 


Terakhir, tuang SAORI® Saus Tiram sebagai bumbu kunci yang melezatkan sajian kangkung ini.


Kroket Kangkung ala Masako®


Sebenarnya, kangkung juga dapat Mama olah jadi cemilan lho! Salah satunya kroket. Mama bisa jadikan kangkung sebagai isian utama untuk menambah nilai gizi pada cemilan khas Belanda tersebut.


Selain kangkung, Mama dapat menyiapkan wortel dan daging ayam cincang sebagai bahan isian. Tumis ketiganya lalu masukkan ke dalam wadah. Setelah itu, campurkan dengan telur, kentang tumbuk yang sudah Mama kukus sebelumnya, serta bumbu Masako® Rasa Ayam.


Jika adonan sudah tercampur semua, Mama bisa bentuk oval menjadi beberapa bagian. Sebelum digoreng, guling-guling adonan tersebut di atas tepung roti. Pastikan adonan terbalut semua, lalu goreng hingga matang.


Ngomong-ngomong, Mama punya anak? Resep olahan kangkung yang enak ini sebenarnya bisa juga menjadi solusi apabila mereka susah makan sayur lho! Apalagi dengan cocolan saus mayo dari Mayumi®.


Cemilan ini juga cocok untuk menemani momen-momen kebersamaan Mama bersama keluarga, seperti saat tahun baru, lebaran, dan perayaan lainnya.

“Harus diingat, kelezatan resep-resep di atas sangat bergantung dari bumbu masaknya. Maka, pastikan Mama hanya menggunakan produk-produk bumbu terbaik dari AJI-NO-MOTO®.”


Nah, resep olahan kangkung bermacam-macam kan? Sekarang, mama tak perlu ragu untuk sering-sering belanja kangkung jika sudah tahu variasi cara mengolahnya. Dijamin, keluarga di rumah pasti tak akan bosan kok!