Artikel & Tips 6 Tips Gizi Kecantikan untuk Mencegah Penuaan Dini
6 Tips Gizi Kecantikan untuk Mencegah Penuaan Dini

6 Tips Gizi Kecantikan untuk Mencegah Penuaan Dini

19 Aug 2022, 17:08

Saat ini semakin banyak orang yang sadar untuk menjaga kesehatan kulit, sudah marak beauty vlogger atau beauty influencer yang menginformasikan tidak hanya terbatas tentang cara menggunakan make up namun juga cara-cara menjaga kesehatan kulit agar tetap bersih, cerah dan mencegah penuaan dini atau bahkan reverse aging.


Penyebab penuaan dini bisa karena adanya polusi udara, asap kendaraan dan paparan sinar UV, terutama pada seseorang yang banyak bekerja dan beraktivitas di luar ruangan.

Oleh karena itu selain menjaga dan merawat kesehatan kulit dari luar dengan menggunakan produk-produk perawatan kulit, akan semakin baik hasilnya jika ditunjang dengan mengonsumsi makanan bergizi yang dapat mencegah penuaan dini agar tetap menjaga penampilan sehingga mendapatkan kepercayaan diri ketika mempunyai kecantikan kulit yang sehat.


1. Konsumsi makanan sumber antioksidan

Konsumsi makanan sumber antioksidan (Vitamin A, vitamin C dan vitamin E) dapat memperlambat terjadinya penuaan. Bahan makanan tersebut banyak terdapat pada brokoli, kacang-kacangan, wortel, tomat, jambu biji dan lain sebagainya.


2. Batasi makanan yang mengandung lemak tinggi

Makanan yang mengandung lemak tinggi dapat menyebabkan penumpukan radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas yang menumpuk banyak di dalam tubuh dapat memicu terjadinya penuaan dini. Contoh makanan tinggi lemak adalah gorengan, makanan yang diproses panjang (ultra processed food), dan jeroan hewani.


3. Konsumsi air putih

Selain dapat memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh, konsumsi air putih yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. Konsumsi air putih rata-rata pada orang dewasa per hari adalah 2-2.5 Liter.


4. Konsumsi makanan yang beragam, bergizi dan seimbang

Membentuk pola makan yang baik sejak awal memang bukanlah hal yang mudah. Namun, pola makan yang baik dapat memberikan hasil yang positif dalam jangka panjang. Konsumsi makanan yang bergam, bergizi dan seimbang selain dapat memenuhi kebutuhan tubuh juga dapat membantu mencegah terjadinya aging secara berlebihan.


5. Banyak bergerak dan olahraga

Olahraga merupakan komponen penting dalam kebugaran. Selain berperan dalam kebugaran, olahraga rutin 60-120 menit setiap hari dapat memperlambat penuaan dini. Selain itu, dengan rutin berolahraga, seseorang dapat terhindar dari sarkopenia (penurunan masssa otot) di hari tua.


6. Optimalkan dengan konsumsi buah dan sayur.

Buah dan sayur merupakan makanan yang banyak mengandung serat pangan. Konsumsi serat pangan yang optimal dapat membantu mencegah terjadinya overweight (kelebihan berat badan) dan obesitas, memperlambat pengosongan lambung, dan menjaga system pencernaan tubuh. Selain itu, dalam buah dan sayur terdapat berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang dapat memperlambat penuaan dini. 


Proses penuaan merupakan hal yang tidak dapat dihindari, terutama seiring dengan bertambahnya usia maka proses penuaan akan semakin meningkat. Penuaan juga dapat terjadi lebih awal karena pola hidup yang tidak sehat serta paparan dari radikal bebas. Yuk, mulai pola hidup sehat dengan mengonsumsi menu makanan bergizi di Dapur Umami .


Picture source:

https://www.freepik.com/free-photo/gorgeous-sensual-asian-woman-towel-touching-face-smiling-applying-skincare-products-cosmetic-procedure-spa-salon-massaging-face-gazing-camera-happy-white-background_17643572.htm

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.