Artikel & Tips Mengenal Isi Piringku, Cara Mudah Penuhi Kebutuhan Gizi Harian yang Seimbang
Mengenal Isi Piringku, Cara Mudah Penuhi Kebutuhan Gizi Harian yang Seimbang

Mengenal Isi Piringku, Cara Mudah Penuhi Kebutuhan Gizi Harian yang Seimbang

17 Jun 2024, 07:06

Mengatur pola makan yang sehat dan seimbang adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu panduan gizi yang bisa membantu mencapai tujuan ini adalah "Isi Piringku". Kampanye yang diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya konsumsi makanan yang beragam dan seimbang. Artikel Dapur Umami kali ini akan mengulas seputar mengenal Isi Piringku, cara mudah penuhi gizi harian yang seimbang.

Apa Itu Isi Piringku?

Isi Piringku adalah panduan yang menunjukkan komposisi makanan yang seharusnya ada di dalam piring kita setiap kali makan. Konsep ini menggantikan slogan "4 Sehat 5 Sempurna" yang sudah lama digunakan, dengan pendekatan yang lebih modern dan sesuai dengan perkembangan ilmu gizi terkini.

Menurut pedoman Isi Piringku, setengah dari piring kita harus diisi dengan buah dan sayur, sedangkan setengah lainnya diisi dengan sumber karbohidrat dan protein. Secara lebih rinci, piring tersebut harus terdiri dari:

  • Sumber Karbohidrat: Seperti nasi, ubi, jagung, atau kentang.
  • Protein: Bisa berasal dari protein hewani seperti daging, ikan, telur, atau dari protein nabati seperti tahu, tempe, dan kacang-kacangan.
  • Sayuran: Sebaiknya terdiri dari berbagai jenis dan warna untuk memastikan asupan vitamin dan mineral yang beragam.
  • Buah-buahan: Konsumsi buah segar sebagai bagian dari piring makan harian.

Manfaat Mengikuti Panduan Isi Piringku

  • Memenuhi Kebutuhan Gizi Seimbang: Dengan mengikuti komposisi yang dianjurkan, tubuh mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah yang tepat.
  • Mencegah Penyakit: Pola makan yang seimbang dapat membantu mencegah berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kanker.
  • Meningkatkan Produktivitas: Asupan gizi yang tepat membantu tubuh berfungsi secara optimal, meningkatkan energi dan konsentrasi.
  • Mendukung Tumbuh Kembang Anak: Panduan ini sangat penting bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan untuk memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang cukup.

Bergerak dan Berolahraga

5

Selain mengatur pola makan, olahraga juga merupakan komponen penting dalam pedoman gizi seimbang. Aktivitas fisik secara teratur membantu membakar kalori, meningkatkan metabolisme, serta menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Olahraga berperan dalam mengoptimalkan penyerapan nutrisi, memperkuat otot dan tulang, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kombinasi antara pola makan yang seimbang dan rutin berolahraga tidak hanya membantu dalam mencapai berat badan ideal, tetapi juga menjaga keseimbangan energi dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Oleh karena itu, pedoman gizi seimbang selalu menekankan pentingnya olahraga sebagai bagian integral dari gaya hidup sehat.

Batasi Gula, Garam dan Lemak

7

Pembatasan konsumsi gula, garam, dan lemak merupakan hal penting dalam pedoman gizi seimbang. Asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas, diabetes, dan kerusakan gigi, sementara garam yang berlebihan berisiko meningkatkan tekanan darah dan memicu penyakit jantung. Lemak, terutama lemak jenuh dan trans, jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih dapat menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan yang rendah gula, garam, dan lemak, serta memperhatikan label kandungan gizi pada produk kemasan. Dengan mengurangi konsumsi ketiga zat ini, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi risiko penyakit degeneratif di kemudian hari.

Tips Praktis Menerapkan Isi Piringku

  • Variasikan Menu: Cobalah berbagai jenis sayur dan buah setiap hari. Gunakan warna-warna yang berbeda untuk memastikan variasi kandungan gizinya.
  • Porsi yang Tepat: Pastikan porsi karbohidrat, protein, sayur, dan buah sesuai dengan panduan. Jangan berlebihan pada salah satu kelompok makanan.
  • Masak Sendiri: Memasak makanan sendiri di rumah bisa lebih sehat dan memastikan komposisi gizi sesuai dengan panduan.
  • Hindari Makanan Olahan: Makanan olahan seringkali mengandung gula, garam, dan lemak yang tinggi. Sebaiknya konsumsi makanan segar dan alami.
  • Minum Air Putih: Air adalah bagian penting dari pola makan seimbang. Hindari minuman manis dan bersoda.

Isi Piringku adalah panduan yang sederhana namun efektif untuk membantu kita dalam mengatur pola makan yang lebih sehat dan seimbang. Dengan menerapkan prinsip-prinsip yang ada dalam Isi Piringku, kita tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan gizi harian dengan lebih baik, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Mari mulai dari sekarang, atur isi piring kita dengan bijak untuk hidup yang lebih sehat dan bugar!

(NTR-HF)

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.