Ketahui Alasan Mengapa Makanan Buka dan Sahur Tak Boleh Dipanaskan Berulang

Saat puasa tak jarang kita memasak dalam jumlah besar untuk dikonsumsi selama 2 hingga 3 hari. Tentu ada beberapa alasan yang mendasarinya misalnya waktu memasak yang terbatas, kesibukan masing-masing dan mengejar waktu sebelum imsak.

Makanan yang dipanaskan berulang tentu tidak baik dikonsumsi terlalu sering dan dalam jumlah yang berlebihan. Ini dia alasannya.

1. Makanan yang dipanaskan berulang akan mengalami penurunan kandungan gizi, terutama vitamin dan mineral yang memiliki sifat sensitif dan mudah rusak oleh panas.
2. Makanan yang bersantan memang lezat jika sering dipanaskan, namun kandungan lemak jenuh dan akrolein di dalamnya akan mengalami peningkatan
3. Pada makanan yang berasal dari pangan hewani misalnya telur, daging dan ikan, kandungan proteinnya akan mengalami penurunan jika semakin sering dipanaskan.

Itu dia alasan makanan buka dan sahur tak boleh dipanaskan berulang. Yuk, olah makanan sesuai dengan porsi anggota keluarga di rumah dan temukan inspirasi sajian sahur dan buka bergizi di Dapur Umami!

(NTR-HF)

223 Komentar
103
share Share