I GEDE SIMAN SUDARTAWA SI PEMEGANG REKOR SEA GAMES DAN PERJALANANNYA MENJADI JUARA

Halo, saya I Gede Siman Sudartawa, lahir di Klungkung Bali, 8 September 1994, Saya adalah atlet renang indonesia. Ibu adalah sosok yang melihat bakat renang saya sejak kecil dan selalu mendorong saya untuk menjadi perenang hebat sampai saat ini. Dulu, saat masih tinggal di Bali Ibu tidak pernah lelah mengantar saya ke tempat latihan renang sepulang sekolah. Bersama ibu, saya biasa menempuh perjalanan jauh dari rumah ke tempat latihan dengan menggunakan sepeda motor, dalam perjalanan terkadang ibu harus mengikat saya ke punggungnya, maklum saya suka tertidur di motor saat kelelahan.

Suatu hari Ibu bertemu dengan mantan perenang olimpiade, Albert Sutanto. Singkat cerita Ibu meyakinkan dia untuk membina saya menjadi atlet renang yang andal. Menurut Coach Albert saya memiliki lekuk tubuh yang ideal untuk seorang atlet renang gaya punggung, dan ini dapat membuat saya mudah beradaptasi. Akhirnya saya berangkat ke jakarta untuk tinggal bersama coach Albert, disana saya berlatih dan memfokuskan diri agar bisa menjadi juara, Sejak saat itu Coach Albert mulai melatih saya bahkan sampai saat ini.

Rumah coach - aturan coach, Tinggal dirumah pelatih artinya saya harus mengikuti aturan yang ada, dari latihan fisik, latihan teknik renang, waktu istirahat, sampai yang tersulit menentukan makanan sehat untuk menjaga performa terbaik tubuh. Saat dirumah coach Albert saya harus terbiasa dengan filosofi “makan itu bukan tentang makanan apa yang kamu makan, tapi kenapa kamu memakannya” karena sebagai atlet tubuh dapat di ibaratkan seperti mesin, mesin yang hebat akan mengeluarkan performa luar biasa jika di isi dengan bahan bakar pilihan. Tetapi saya tidak terlalu suka sayuran dan sebaliknya sangat menyukai gorengan, siapa yang tidak suka gorengan? Tapi saya berusaha sebisa mungkin untuk menghindari gorengan dan memilih makanan sehat yang kurang memiliki rasa, saya melakukannya karena ingin mendapatkan hasil maksimal untuk tubuh saya. Tak disangka latihan keras dan disiplin dalam memilih makanan yang diajarkan coach Albert membuahkan hasil memuaskan, saya memenangi banyak kejuaraan di dalam dan luar negeri dan itu membuat saya senang.

Akhirnya di tahun 2018 saya terpilih dalam program Kachimeshi dari Ajinomoto, program yang sangat membantu saya dalam menentukan makanan sehat untuk kebutuhan tubuh, dalam Kachimeshi ini saya ditemani oleh seorang ahli nutrisi yang selalu menyediakan makanan sehat dan seimbang untuk tubuh saya, yang lebih mengejutkan lagi ternyata makanan sehat seimbang untuk seorang atlet bisa bisa sangat kaya rasa dan lezat. Ini membuat saya dapat mengeluarkan performa tubuh maksimal untuk lebih fokus berlatih, setelah giat berlatih dan selalu disiplin dalam memilih makanan, akhirnya saya memecahkan rekor renang gaya punggung 50m di Sea Games tahun 2019 dan yang saya pecahkan adalah rekor saya sendiri pada tahun sebelumnya. Saya belajar banyak hal, disiplin dalam berlatih serta mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang adalah kunci untuk dapat meningkatkan kondisi fisik kita. Selanjutnya, saya akan menceritakan lebih banyak pengalaman bersama Kachimeshi dan berharap dapat menginspirasi kalian semua.