Albert Sutanto: Nutrisi Siman Penting Untuk Pemulihan Tenaga

Sebagai manusia tentunya kita perlu untuk menjaga kebugaran tubuh agar fungsinyadapat bekerja secara optimum sehingga terhindar dari sakit dan mendapatkan performa yang maksimal. Terlebih khusus bagi atlet yang pencapaiannya adalah berdasarkan kinerja tubuhnya. Dalam mempersiapkan seorang atlet kita harus merancang sebuah Latihan yang sesuai dengankarakter olahraga tersebut misalnya untuk kecepatan (speed), kekuatan (power) atau endurance (daya tahan). Lebih jauh lagi kita harus melihat karakter tubuh dari masing – masing atletsehingga secara tepat dapat memberikan Latihan yang tepat untuk bagian otot yang tepat agar tujuannya untuk menjadi juara dapat tercapai.

Saya adalah pelatih olah raga renang, dalam olah raga renang sendiri terdapat beberapadisiplin berbeda seperti gaya bebas, gaya dada, gaya kupu – kupu dan gaya punggung. Masing - masing memiliki karakter dan kebutuhan berbeda belum lagi variasi dari jarak tempuh darinomor yang dipertandingan. Contohnya pada 50 m diperlukan ledakan tenaga di awal yang dapatmembawa seorang atlet untuk melesat ke depan meninggalkan lawannya dan hanya dalam waktukurang dari 30 detik pertandingan usai. Sebaliknya untuk jarak 400 m seorang atlet harusmengkombinasikan daya tahan tubuh dan kecepatan secara optimum agar tidak kehabisan tenagasebelum pertandingan berakhir.

Proses pelatihan sendiri tidak dapat lepas dari peranan istirahat dan asupan nutrisiseimbang. Peranan istirahat adalah agar atlet dapat mencapai performa terbaiknya, pemulihanotot dimana diperlukan juga pemijatan untuk menghindari cedera, memperkuat kinerja otot dan meingkatkan kinerja atletik. Tentunya yang tidak kalah penting adalah asupan nutrisi seimbangagar tubuh memperoleh bahan bakar yang tepat dan juga pembetukan tubuh yang ideal untuk karkteristik olahraga yang menjadi spesialisasinya. 

‚ÄčKondisi antropometric test terakhir dan pola pelatihan yang saat ini sedang diterapkanbagi Siman membuatnya butuh asupan nutrisi yang tepat untuk penyediaan energi pada saatmelakukan aktifitas latihan (baik di darat maupun di air) dan juga pada saat pemulihan(recovery). Pilihan makanan yang tepat akan membantu mengoptimalkan energy dan pemulihandengan maksimal. Inilah peranan dari program Kachimesi Winning Meals Indonesia, memberikan asupan nutrisi seimbang bagi Siman seusuai dengan kondisi tubuhnya polapelatihan yang dijalaninya sebanyak 6 kali seminggu dan 2 kali semingu untuk Latihan “dry land” atau Latihan otot di luar Latihan di kolam renang. Sementara ini hasil Siman untuk 50 m sudah melampaui target catatan waktu namun pada nomor 100 m masih membutuhkan perbaikanperforma. Saya optimis bahwa dengan disiplin Siman dan dukungan asupan nutrisi yang diberikan oleh Ajinomoto Siman dapat mengejar target catatan waktu lebih cepat 3 detik secarabertahap. Kita bisa melihat ulasan nutrisionis dari sisi yang berbeda dalam artikel lainnya dalam website www.dapurumami.com/kachimeshi ini. Pola nutrisi seimbang bukan hanya untuk atletnamun juga untuk semua orang. Mari kita mulai pola hidup bernutrisi seimbang yang sesuaidengan aktivitas kita sehari – hari.