Tips Sehat Mengolah Daging Kambing untuk Sajian Iduladha.

Iduladha sebentar lagi, pasti Mama sudah tidak sabar menyiapkan sajian lezat berbahan dasar kambing kan? Nah, Jurnal Umami kali ini akan membahas tips sehat mengolah daging kambing untuk sajian Iduladha. Berdasarkan data Tabel Komposisi Pangan Indonesia (TKPI), setiap 100 gram daging kambing mengandung 149 kkal energy, 16.6 gram protein, 9.2 gram lemak, 75 mg kolesterol, 11 mg kalsium, 124 mg fosfor, 1 mg zat besi, 96 mg natrium, dan 268.7 mg kalium. Kandungan energi dan zat gizi ini dapat bertambah tergantung dari pilihan cara mengolah dan bahan lain apa saja yang akan Mama tambahkan. Pilihan mengolah yang sehat tentu menjadi prioritas Mama agar tak hanya lezat, namun juga padat gizi dan penuh manfaat.

Berikut adalah Tips Sehat Mengolah Daging Kambing untuk Sajian Iduladha.

  1. Mama bisa memilih metode pengolahan berupa perebusan, pengukusan dan pemanggangaan agar tidak banyak zat gizi yang hilang dan meminimalisir pembentukan radikal bebas
  2. Jangan menambahkan gula, garam dan minyak (lemak) berlebihan ya Ma. Penggunaan garam (natrium) berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Mama bisa cek bijak garam disini! (https://www.dapurumami.com/page/bijak-garam)
  3. Tambahkan berbagai sayur-sayuran agar kandungan serat pangan, vitamin, mineral dan antioksidan hidangan Mama semakin meningkat
  4. Gunakan berbagai macam rempah dan bumbu umami agar cita rasanya semakin lezat. Contohnya, sop kambing, kambing panggang, sate kambing Masako, dan menu-menu lainnya di Dapur Umami.

81 Komentar
34
share Share