YUK, TERAPKAN GIZI SEIMBANG

Sudah tahu tentang Gizi seimbang? Secara umum, gizi seimbang merupakan susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan Berat Badan Ideal (BBI). Pedoman gizi seimbang ini dapat divisualisasikan berupa “Tumpeng Gizi Seimbang” serta diberikan kemudahan visualisasi dalam bentuk "Piring Makanku".

Saat ini, sosialisasi dan promosi kesehatan tentang gizi seimbang semakin banyak, mulai dari radio, televisi bahkan transportasi umum. Hal ini sangat positif untuk perbaikan gizi masyarakat di Indonesia. Nah, upaya baik ini harus kita dukung dengan penerapan gizi seimbang dalam sehari-hari ya. Sangat mudah untuk kalian jika ingin menjalankan hidup sehat dengan menerapkan pedoman gizi seimbang. Ayo ikuti langkah-langkah ini :

  1. Biasakan mengonsumsi makanan yang beraneka ragam atau variasi makanan.
  2. Batasi konsumsi gula, asin, dan berlemak.
  3. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan Berat Badan Ideal (BBI).
  4. Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi.
  5. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.
  6. Biasakan sarapan pagi.
  7. Biasakan minum air putih yang cukup.
  8. Banyak makan buah dan sayur.
  9. Biasakan membaca label pada kemasan pangan.
  10. Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan.


Sepuluh pedoman yang telah disebutkan di atas merupakan Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pedoman ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah gizi di Indonesia. Saat ini, permasalahan gizi yang terjadi di Indonesia ini akibat dari kesalahan dalam pola makan dimana banyak orang tidak memperhatikan keragaman konsumsi makanan, kebutuhan tubuh terhadap energi dan proporsi makanan yang seimbang. Jadi, kalo makan ya asal kenyang aja. Hayoo kalian begitu juga tidak? Cara mudah untuk menerapkannya gizi seimbang dengan piring makanku yang merupakan piring sekali makan.

Porsi dari bahan makanan sayuran dan makanan pokok harus sebanding di dalam piring, serta lauk-pauk, buah-buahan dan minum air putih serta jangan lupa cuci tangan sebelum makan. Piring makanku ini memudahkan kita untuk memerapkan gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari. Kadang-kadang saat makan, kita tidak memperdulikan jumlah porsi makan kita, bisa lebih dan kurang, nah hal ini bisa berdampak pada kesehatan kita karena tidak sesuai dengan kebutuhan gizi kita. Masalah kesehatan yang berisiko terjadi seperti Penyakit Tidak Menular (PTM), diabetes, penyakit jantung, hipertensi, dan stroke.

Masalah kesehatan akan berkurang jika penerapan gizi seimbang dilakukan oleh kita. Hal yang telah dijelaskan di atas sepertinya tidak susah untuk diterapkan ya, kunci utama adalah komitmen. Sekarang niat itu bisa di dapat darimana? Ya dari diri kalian sendiri. Ini untuk masa depan kita, kesehatan itu nomor satu, sehat itu sebenernya gak mahal kok. Yuk terapin gizi seimbang di kehidupan sehari-hari! Gizi seimbang kamu terapkan, hidup sehat akan kamu rasakan. Salam sehat!

Punya pertanyaan seputar gizi?

Tanya Nutrisi