Wow! Ini 5 Makanan Cita Rasa Nusantara yang Mendunia

Sebagai orang Indonesia, tentu bangga bisa punya kekayaan kuliner yang luar biasa. Tapi, tahukah Mama bahwa beberapa di antara makanan cita rasa nusantara tersebut sudah mendunia sebagai kuliner khas Indonesia?

Ya. Sejak 2018, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tak kenal lelah mempromosikan makanan nusantara sebagai bagian dari Wonderful Indonesia. Di antaranya termasuk 5 makanan khas nusantara yang mendapat pengakuan sebagai makanan terenak di dunia.


Penasaran, apa saja? Ini dia jawabannya.


Rendang

Makanan khas dari Sumatera Barat ini memang nggak ada lawan. Gurihnya daging yang dimasak perlahan dalam santan dengan bumbu beragam bikin rasanya kaya dan tak terkalahkan.

Hampir setiap yang pernah merasakan lezatnya rendah selalu nagih pengen lagi. Nggak salah kalau olahan daging khas Minang ini jadi juara 1 dari 50 World’s Best Foods versi CNN pada 2011, 2017, dan 2021.

Mau bikin rendang buat keluarga? Mama bisa ikuti Resep Rendang Spesial dari dapur umami di sini.


Nasi Goreng

Kalau yang ini sih memang makanan yang sangat merakyat. Dari ujung barat hingga ujung timur, nasi goreng selalu menjadi sajian lezat dengan berbagai variasinya.

Kombinasi klasik nasi goreng yang mendunia adalah dengan suwiran ayam, udang, dan telur ceplok atau dadar. Sebagai kondimennya, potongan tomat dan acar mentimun yang segar serta kerupuk yang kriuk bikin nafsu makan tak terbendung.

Makanya, tak salah kalau nasi goreng jadi national dish atau hidangan khas Indonesia. Bahkan, hidangan ini menyusul rendang dengan menjadi runner-up dalam 50 Makanan Terlezat di Dunia versi CNN.

Untuk variasi, Mama bisa mencoba berbagai resep dari nasi goreng sayur, nasi goreng seafood, hingga nasi goreng sushi. Cek saja resepnya di sini: Variasi Nasi Goreng.


Soto

Selanjutnya, makanan nusantara terenak yang tak kalah lezatnya dari rendang dan nasi goreng adalah soto.

Soto merupakan jenis hidangan dengan kombinasi utama terbuat dari kaldu, daging, dan sayur-sayuran. Perbedaan jenis daging, bumbu, hingga sayur dan kondimennya membuat banyak sekali variasi soto di Indonesia.

Di sumatera ada soto Padang dengan kekhasan daging goreng kering dan perkedel kentang yang dihidangkan panas-panas. Di Sulawesi, ada Coto Makassar yang khas dari jeroan sapi yang dimasak lama.

Apalagi di Jawa, variasinya lebih banyak lagi. Dari soto Betawi, soto Bandung, soto Pemalang, soto Kudus, hingga soto Lamongan dan Madura, semuanya ada.

Mau coba? Mama bisa memilih 1 dari 16 koleksi Variasi Resep Soto dari Dapur Umami.


Sate

Satai, satay, atau sate merupakan hidangan yang terdiri atas potongan daging kecil-kecil yang ditusuk dan dipanggang.

Sering mendapat sebutan barbeque ala Indonesia, sate juga salah satu makanan merakyat yang ada di mana-mana.

Variasinya ada sate Padang yang khas menggunakan bumbu kunyit, sate Madura dengan bumbu kacang, hingga sate Maranggi yang menyantapnya bersama dengan ketan bakar.

Dapur Umami sudah menguji lebih dari 20 variasi Resep Sate yang bisa mama coba.


Gado-gado

sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Gado-gado 


Gado-gado adalah jenis hidangan yang berasal dari campuran berbagai sayuran. Saking banyaknya campuran, orang sering bilang “gado-gado” sebagai ungkapan untuk “segalanya ada”.

Bahan utamanya tentu sayuran, mulai dari kentang, selada, timun, tomat, wortel, dan lain-lain. Sebagai pelengkap, ada telur rebus, tahu, atau tempe sebagai sumber proteinnya.

Selanjutnya, siraman bumbu kacang jadi penyempurna yang memberikan rasa gurih dan manis di hidangan ini.

Itulah 5 makanan cita rasa nusantara yang seluruh dunia mengakui sebagai hidangan lezat dari Indonesia. Kira-kira, yang mana yang merupakan favorit Mama?